Hobi Traveling Tapi Gaji Rata-rata? Ikutin 6 Tips Menyimpan Uang Super Manjur Ini

kelapagadingsquare.ljhooker.co.id
Line YuKepo.com

Untuk kamu yang kesehariannya disibukkan dengan pekerjaan ataupun tugas kuliah yang gak ada habis-habisnya, momen liburan tentu menjadi incaran yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Menjernihkan kembali kepenatan dan kembali membangun mood dalam menjalani keseharian setelahnya. Liburan juga tentu baik untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran yang selalu dituntut untuk bekerja keras dibalik deadline pekerjaan ataupun tugas yang selalu mengintai. 

Tapi untuk para karyawan yang mungkin memiliki penghasilan rata-rata tentu kamu harus bisa menjaga kondisi keuangan kamu agar tetap bisa berlibur disela-sela kesibukan. Dan memang faktanya lebih banyak yang sulit untuk mengontrol keuangan sehingga momen liburan hanya menjadi angan-angan belaka. Coba deh cek tips-tips jitu ini agar kamu lebih peka dan lebih mampu mengontrol keuangan kamu.

1. Pastikan kamu tau tujuan keuangan kamu

media.viva.co.id

Hal utama yang mengategorikan kamu pintar mengelola keuangan atau tidak adalah pengetahuan kamu tentang tujuan keuangan kamu. Kalau memang kamu sudah matang dan mulai memikirkan hal-hal besar seperti mencicil rumah, atau bahkan biaya pernikahan bagi kamu yang masih lajang tentu tujuan besar ini bisa menjadi acuan bagaimana kamu bisa memonitor keuangan kamu. 

Jika memang fokus utama kamu masih menyegarkan kehidupan pribadi dengan memenuhi hasrat liburan keliling Indonesia atau sampai keliling dunia, tentu tujuan tersebut lah yang bisa kamu jadikan fokus tentang bagaimana kamu memilah hal-hal dan kebutuhan yang menjadi prioritas untuk dipenuhi. Ingat fokus tuh ke tujuan yang jelas, jangan terus nunggu kepastian yang gak pernah muncul dari dia.

2. Rencanakan secara mendetail

assets.intisari-online.com

Jika sudah memiliki rencana berlibur, dan ingin merealisasikannya. Mulailah untuk merencanakan secara mendetail, mulai membuat list kebutuhanmu saat berlibur. Mulai mencari biaya akomodasi selama perjalanan liburan kamu, dari biaya transportasi hingga biaya penginapan yang akan kamu gunakan. 

Dari perencanaan tersebut kamu tentu mengetahui kira-kira budget yang perlu kamu siapkan, dengan begitu kamu akan memiliki cara hidup yang lebih terarah, karena kamu akan mengerti berapa banyak uang yang perlu kamu sisihkan dan berapa banyak yang kamu bisa kamu pakai dari uang gajimu. Ingat, milikin dia aja yang cuma angan-angan, liburan sih harus terealisasi ya.

3. Sesuaikan budget

denriojoz.files.wordpress.com

Hal penting lain yang perlu kamu lakukan adalah memilah segala hal yang berkaitan soal perjalanan liburanmu dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki. Mulailah dengan memilih transportasi yang lebih terjangkau, cari tempat menginap yang lebih memenuhi budget asalkan tetap dalam kondisi baik dan bisa memberikan kenyamanan saat berisitirahat.

4. Sisihkan uang bulanan untuk investasi

photo.kontan.co.id

Ini salah satu tips yang boleh kamu lakukan atau dipertimbangkan paling tidak, kenapa? Karena cara ini cukup mudah tetapi juga terbilang rawan. Karena kamu harus cukup mengerti bagaimana peluang investasi itu sendiri, karena kamu pasti gak mau jika niatmu yang tadinya menyimpan uang malah mendapat kerugian kan? 

Investasi pun gak hanya sekedar saham, kamu bisa menaruh uang tabunganmu pada jalur usaha yang mungkin menurutmu bisa memiliki peluang bisnis ke depan. Atau investasi emas dan mata uang luar negeri. Kembali lagi, investasi merupakan cara yang mudah, tetapi sangat rawan kerugian jika kamu belum mendalaminya.

5. Putar uang tabungan

www.imgrum.org

Jiwa pengusaha, pasti sudah paham deh dengan tips ini, selagi masih memiliki tabungan, putar saja tabunganmu menjadi modal usaha. Gak perlu memulai usaha yang besar dan menyita waktu kamu untuk mengurusnya, mulai saja dengan usaha kecil dan ringan yang masih bisa kamu kontrol disela aktifitas keseharian kamu.

Cara ini butuh ketelatenan dan kesabaran, karena cara ini kamu bisa membuat tabungan kamu bertambah, dan pastinya dengan begitu niat liburan kamu pasti terealisasikan kok!

6. Cari penghasilan tambahan

lifestyle.liputan6.com

Memiliki pekerjaan tambahan tentu cara lain yang paling jitu. Mulailah mengisi kegiatan yang kamu sukai dan jadikan itu sebagai pekerjaan sampingan. Mungkin kamu akan sedikit kehilangan waktu berkumpul bersama teman-teman sepergaulanmu, tapi cara ini bisa membuat kamu memiliki penghasilan yang lebih loh, liburan keluar negeri sih udah jadi wisata keseharian kali ya kalau begini.

Menjadi pegawai ataupun karyawan bukan menjadi halangan kok buat berlibur, coba deh praktikan jurus-jurus di atas, sesuaikan dengan dirimu mulai dari yang termudah, dan jadikan itu langkah awal dalam mengubah diri kamu. Liburan, I’m coming!!!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
28
SHARES
10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta

10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta

Jawab Dulu 8 Pertanyaan Ini Dengan Tenang, Baru Memutuskan Menikah

Jawab Dulu 8 Pertanyaan Ini Dengan Tenang, Baru Memutuskan Menikah

Ini Dia 10 Manfaat Lain Bedak Bayi yang Belum Banyak Orang Tahu

Ini Dia 10 Manfaat Lain Bedak Bayi yang Belum Banyak Orang Tahu

Mau Jadi Seorang Entrepreneur Sukses? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

Mau Jadi Seorang Entrepreneur Sukses? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

Ilustrator Ini Menggambarkan Seperti Apa Orang yang Memiliki Gangguan Mental Secara Unik

Ilustrator Ini Menggambarkan Seperti Apa Orang yang Memiliki Gangguan Mental Secara Unik

Inilah Kelakuan Konyol dan Lucu Siswa Jepang Saat Jam Pelajaran Kosong

Inilah Kelakuan Konyol dan Lucu Siswa Jepang Saat Jam Pelajaran Kosong

loading