Hei, Kamu Pecinta Buku! Mampir Yuk ke 9 Perpustakaan Unik Ini!

tango.image-static.hipwee.com
Line YuKepo.com

Perpustakaan seringkali jadi tempat yang jarang dikunjungi oleh anak muda saat ini. Mungkin dulu saat kamu sekolah datang ke perpustakaan itu juga dengan terpaksa karena ada tugas yang bikin kamu harus meminjam buku disana. Siapa yang begini ngaku? Sebagian orang menilai perpustakaan itu tempatnya para kutu buku atau anak-anak cupu yang gak asyik. Kalian yang berpikir seperti itu pasti belum tahu asiknya membaca, hehe. Dengan perkembangan jaman yang sudah semakin modern ini. Sekarang perpustakaan, toko ataupun penyewaan buku bukan lagi tempat yang kaku dan membosankan. Kali ini YuKepo akan berbagi informasi mengenai perpustakaan di Indonesia yang pastinya akan membuatmu melihat sisi baru dari perpustakaan. Semoga bisa nambah minat dan semangat membaca kamu karena banyak baca jadi banyak tahu. Yuk, kepoin.

1. "KudaPustaka" sarana perpustakaan keliling

i0.wp.com

Perpustakaan kali ini bisa bergerak dan berkeliling ke perkampungan warga. Ide unik berasal dari Pak Ridwan Sururi yang berada di Serang, Karangreja daerah Jawa Tengah. Pak Ridwan berkeliling dengan kuda setiap hari Selasa sampai Kamis dan jadilah namanya "KudaPustaka". Gimana? Kalau kamu males bisa disamperin langsung nanti sama "KudaPustaka". Koleksi buku disini sudah sampai 3000 buku. Hebat ya! 

2. Reading Lights

hardrockfm.com

Perpustakaan yang berada di Jln. Siliwangi no 16, Bandung ini sebuah konsep perpustakaan kekininian banget. Bukan sekedar tempat baca tapi bisa buat nongkrong bareng teman-teman kamu. Desain ruangannya juga cukup nyaman buat kamu ngerjain tugas akhir dan diskusi ditambah dengan romantisnya cahaya di ruangan. Ah, betah deh! Kalau laper kamu bisa pesen makanan juga lho. Nah, kalau kamu ada buku lama yang mau dijual, bisa kamu jual di toko ini. Kalau kamu orang dermawan kamu bisa sumbangin buku-buku itu di Charity Box

3. Perpustakaan kereta api

duniaperpustakaan.com

Kalau kamu biasa naik kereta hanya untuk travelling. Nih konsep baru dari PT. KAI yang diresmikan pada tahun 2011. Bukan cuma sekedar membaca tapi kamu bisa lihat berbagai informasi soal sejarah kereta api di Indonesia. Selain bisa duduk santai sambil lesehan dan berbincang, kamu pun bisa menikmati hiburan televisi di dalam kereta ini lho. Perpustakaan yang satu ini sifatnya berpindah-pindah karena berada dalam kereta.

4. Perpustakaan Perahu, Sulbar

cdns.klimg.com

Perpustakaan Perahu ini bersumber dari Nirwan Ahmad Arsuka dan Muhammad Ridwan Alimuddin. Pembangunan Perahu Pustaka ini didasari kepedulian sosial Ridwan terhadap lingkungan terpencil di Teluk Makassar dan disekitarnya yang kurang dengan fasilitas layanan perpustakaan. Perpustakaan Perahu ini memiliki 4000 koleksi pribadi yang terdiri dari majalah, novel, sampai komik. Jangan khawatir karena lambungnya cukup lebar, dan cukup aman tanpa khawatir akan kandas. Pengerjaan perahu ini pun tidak main-main, karena kayu yang digunakan ditebang Ridwan sendiri di hutan, lalu dikeringkan, dan disertai upacara untuk membuat perahu bersama para nelayan di daerah Polewali Mandar. Tapi kalau sudah takdir yang menentukan kandas apa boleh buat. Cinta yang kamu anggap abadi aja bisa kandas kok, hehe.

5. Perpustakaan Freedom Institute

ruangkata.files.wordpress.com

Perpustakaan satu ini akan mengubah gambaranmu tentang perpustakaan yang penuh dengan buku-buku lama dan berdebu. Di Jakarta, tepatnya di Jalan Proklamasi 41 Menteng perpustakaan yang wajib kamu kunjungi adalah Perpustakaan Freedom Institute. Di Perpustakaan Freedom ini kamu bisa membaca buku, berdiskusi, browsing internet dengan suasana yang sangat nyaman. Koleksi bukunya pun cukup lengkap, mulai dari topik humaniora sampai politik ada. Plus, perpustakaan ini dekat dengan kafe. Jadi, kamu tak perlu pergi jauh-jauh kalau merasa lapar setelah membaca buku.

6. Perpustakaan Universitas Malahayati

malahayati.ac.id

Perpustakaan di Universitas Malahayati ada di Jalan Pramuka No.27, Padang. Perpustakaan ini dilengkapi dengan pemandangan yang unik guys. Ini bisa merubah pola pikir kamu tentang perpustakaan yang membosankan. Disini ada berbagai miniatur rumah adat yang dibangun oleh orang asli daerah tersebut. Di dalam rumah adat itu sudah disediakan projector, meja, dan kursi yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi atau presentasi. Rak-rak buku di perpustakaan Universitas Malahayati ini dikelilingi oleh kolam ikan. Agar lebih rileks disini dilengkapi dengan gemericik air pada kolam. Asyik gak tuh? Jangan cuma buat selfie aja ya, tapi baca juga!

7. Taman Bacaan pelangi

hamfara.com

Kalau kamu menagnggap perpustakaan tempat sunyi. Kamu bisa mampir ke Taman Bacaan Pelangi yang ada di kawasan Indonesia bagian timur. Disini gak monoton, kamu bisa belajar bareng dan asyik kok. Taman bacaan ini merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh Nila Tanzil. 

8. Lir Shop

thedustysneakers.com

Sekilas kamu pasti mikir ini toko biasa yang gak asyik. Eits, jangan nilai sesuatu hanya dari luarnya aja. Kamu coba dulu masuk, alamatnya ada di Jalan Anggerek 1/33, Yogyajarta. Disini kamu bisa nemuin tempat serbaguna gak cuma perpustakaan, tapi ada restoran dengan makanan tradisional, toko barang-barang unik dan galeri seni juga. Tempatnya yang homey ini bikin kamu betah buat baca-baca. Fasilitas yang paling kamu cari nih, disini kamu bisa pakai akses WiFi gratis buat nyelesain tugas kamu. Uniknya lagi ada menu spesial buat nemenin tugas kamu disini. Pesen aja makanan ala buku fiksi contohnya butterbeer Harry Potter atau sandwich di buku lima sekawan. Cocok!

9. Perpustakaan Bung Karno

subagusindra.files.wordpress.com

Gak ada salahnya kalau kamu berwisata ke Blitar, terus cari referensi buku. Coba mampir ke perpustakaan ini sambil mengenang jasa orang nomer 1 pertama di Indonesia. Tenang, suasananya gak seram kayak kuburan lain kok. Perpustakaan ini gak sekedar buku tapi ada museum bersejarahnya juga. Nah, sambil menyelam minum air deh. Jalan-jalan sambil nambah pengetahuan.

Dari penjelasan di atas jelas dong kalau ternyata perpustakaan itu gak hanya kumpulan rak yang diisi buku-buku. Tapi bisa lebih menarik, semoga dengan adanya perpustakaan di Indonesia yang menarik banyak perhatiaan ini bisa ningkatin minat warga Indonesia. Yuk, budayakan membaca. Daripada baca timeline mantan terus bikin sakit hati.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
15
SHARES
Deretan Artis ini Sempat Merasakan Ruang Operasi Melawan Penyakit di 2016

Deretan Artis ini Sempat Merasakan Ruang Operasi Melawan Penyakit di 2016

Foto-foto Ilusi ini Harus Dilihat Dua Kali Biar Mata Kamu Gak Ketipu!

Foto-foto Ilusi ini Harus Dilihat Dua Kali Biar Mata Kamu Gak Ketipu!

9 Kakek Nenek yang Nyentrik Ini Bikin Anak Muda Langsung Mati Gaya!

9 Kakek Nenek yang Nyentrik Ini Bikin Anak Muda Langsung Mati Gaya!

9 Model Transgender Ini Cantiknya Luar Binasa Eh Luar Biasa!

9 Model Transgender Ini Cantiknya Luar Binasa Eh Luar Biasa!

10 Gambar Ini Jadi Bukti Kalau Dunia Modern Memiliki Banyak Sisi Mengerikan!

10 Gambar Ini Jadi Bukti Kalau Dunia Modern Memiliki Banyak Sisi Mengerikan!

Destinasi Wisata Ini Bisa Jadi Resolusi Menabungmu di Tahun 2017 Guys!

Destinasi Wisata Ini Bisa Jadi Resolusi Menabungmu di Tahun 2017 Guys!

loading