Hebat! Ayah dan Anak Ini Ternyata Sama-sama Jadi Presiden

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Ada pepatah bilang buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Artinya nasib atau garis hidup seseorang itu gak beda jauh sama orang tuanya. Ya juga sih ya, soalnya banyak juga kejadian kayak gitu.

Kalau biasanya kita sering lihat anak artis jadi artis, anak tentara jadi tentara, anak polisi jadi polisi mungkin itu udah biasa. Nah gimana ya kalau anak presiden yang juga jadi presiden? Apa cuma khayalan atau beneran? Karena gak banyak kan orang yang bisa jadi presiden. Kali ini Yukepo mau bahas tentang beberapa anak presiden yang juga jadi anak presiden. Mungkin kamu tahunya cuma Soekarno dengan Megawati aja ya? Ternyata masih banyak yang lain lho. Penasaran?

1. George Herbert Walker Bush - George Walker Bush

Sumber Gambar

George Herbert Walker Bush menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-41 sejak tahun 1989 hingga 1993. Sebelum memulai kariernya di dunia politik, Bush senior adalah seorang bussinessman di dunia pengecoran minyak lepas pantai. Selain di dunia bisnis dan politik, ternyata Bush senior juga piawai dalam dunia intelegensi. Buktinya pada tahun 1976 ia menjabat sebagai Direktur Central Intelegence Agency. Atas kepiawannya sebagai bapak bangsa, pada tahun 2011 Presiden Barack Obama akhirnya menganugerahi beliau penghargaan Presidential Medal of Freedom.

Sama halnya dengan sang anak, George Walker Bush menjabat sebagai Presiden Amerika Ke-43 sejak tahun 2001 hingga 2009. Bush ternyata sempat menjadi Gubernur Texas yang ke-46. Sama dengan sang ayah, Bush ternyata mengawali kariernya sebagai pengusaha di bidang pengeboran minyak dan gas. Memang deh ya buah jatuh gak jauh dari pohonnya.

2. Kim Il Sung - Kim Jong-Il - Kim Jong-Un

Sumber Gambar

Wah kalau ini rekor sih. Three in a row. Gimana gak rekor, dari kakek, anak dan cucu jadi pemimpin negara, Hebat sih. Tapi ya tahu sendiri lah ya.

Kim Il Sung adalah Presiden Korea Utara yang menjabat dari tahun 1972 hingga beliau tutup usia yaitu tahun 1994. Setelah wafat, jabatan presiden tersebut berpindah ke anaknya yaitu Kim Jong-Il. Setelah itu kepemimpinan dipegang oleh Kim Jong-Il sejak tahun 1994 hingga sebelum tewas yaitu tahun 2011. Dengan begitu otomatis tahta kepemimpinan negara jatuh pada anak Kim Jong-Il yaitu Kim Jong Un sejak tahun 2011 hingga sekarang ini. Mungkin akan berjalan seperti itu terus di kemudian hari. 

3. Hafez al-Assad - Bashar al-Assad

Sumber Gambar

Hafez al-Assad adalah Presiden Suriah yang ke-9 dan menjabar selama tiga periode. Jabatannya itu terhitung sejak tahun 1971 hingga 2000. Hafez memang banyak melakukan kegiatan yang masih berkaitan dengan politik dan militer. Dahulunya, beliau adalah seorang anggota angkatan udara. Selain itu beliau juga termasuk salah satu pendiri Partai Ba'arth.

Hafez meninggal pada 10 Juni 2000, sejak saat itu pula jabatannya digantikan oleh Bashar al-Assad yang merupakan anaknya sendiri. Bashar sampai saat ini masih menjabat sebagai Presiden Suriah. 

4. John Adams - John Quincy Adams

Sumber Gambar

John Adams adalah salah satu tetuanya Amerika Serikat. Beliau adalah Presiden kedua Amerika Serikat yang menjabat sejak tahun 1797 hingga 1801. John Adams juga ternyata salah satu pemimpin pelopor kemerdekaan untuk membebaskan Amerika dari jajahan Inggris. Keren juga ya beliau. 

Sama halnya dengan sang anak yaitu John Quincy Adams yang ternyata juga menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-6. John Quincy menjabat dari tahun 1825 hingga 1829.

5. Soekarno - Megawati Soekarnoputri

Sumber Gambar

Kalau yang ini pasti semua orang Indonesia udah paham banget. Soekarno atau yang biasa disebut Bung Karno adalah salah satu pahlawan Indonsia yang berjuang untuk membebaskan diri dari kolonialisme. Beliau juga yang membacakan teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Apalagi dengan perawakannya yang gagah membuat semua orang terpesona padanya, apalagi cewek. Soekarno juga merupakan presiden pertama Indonesia yang jasa-jasanya masih dikenang sampai sekarang.

Like father like daughter. Mungkin kalimat itu yang cocok untuk merepresentasikan kisah ayah dan anak Indonesia satu ini. Memiliki seorang ayah sebagai proklamator dan presiden tentunya menjadi kebanggaan sendiri bagi Megawati. Dyah Permata Megawati Soekarnoputri adalah anak kedua Soekarno dengan istrinya yang bernama Fatmawati. Kebanggaan menjadi seorang anak presiden mungkin jadi inspirasi Ibu Mega untuk meneruskan perjuangan sang ayah sebagai Presiden RI. Inspirasi itu menjadi kenyataan, Ibu Mega berhasil menjadi Presiden Indonesia ke-5 sejak 2001 hingga tahun 2004. Beliau juga termasuk satu-satunya presiden wanita yang dimiliki Indonesia. Wah bangga banget ya pasti.

Tenyata banyak juga ya yang memang mau meneruskan perjuangan ayahnya. Ini perjuangan yang gak main-main lho ya. Jabatannya gak hanya mencakup satu atau dua orang. Bahkan nasib jutaan orang ada di tangannya. Kira-kira kamu sanggup gak kalau begini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
58
SHARES
10 Kastil Terindah di Dunia ini Siap Ajak Kamu Berkhayal ke Negeri Dongeng!

10 Kastil Terindah di Dunia ini Siap Ajak Kamu Berkhayal ke Negeri Dongeng!

10 Foto Ini Berhasil Menangkap Detik-detik Sebelum Kematian Tragis!

10 Foto Ini Berhasil Menangkap Detik-detik Sebelum Kematian Tragis!

Cantik! 9 Selebritis yang Jadi Janda di Usia Muda Ini Bikin Kaki Lemas

Cantik! 9 Selebritis yang Jadi Janda di Usia Muda Ini Bikin Kaki Lemas

12 Foto Bayangan yang Bakal Bikin Kamu Ngakak

12 Foto Bayangan yang Bakal Bikin Kamu Ngakak

Wow, 8 Mobil Polisi yang Super Mewah Ini Bakal Bikin Kamu Melongo!

Wow, 8 Mobil Polisi yang Super Mewah Ini Bakal Bikin Kamu Melongo!

Kumpulan Tips Ini Bakal Bikin Hidupmu Jauh Lebih Simpel dan Praktis, Berani Coba?

Kumpulan Tips Ini Bakal Bikin Hidupmu Jauh Lebih Simpel dan Praktis, Berani Coba?

loading