Hati-hati Menilai, Inilah Perbedaan Orang yang Sombong dengan Orang Percaya Diri

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Zaman sekarang, mungkin banyak orang yang mudah menilai orang lain dari apa yang terlihat dari luar. Entah dari sikap, perilaku, dan gestur tubuh orang tersebut. Sehingga nggak sedikit dari kita yang suka salah dalam menilai seseorang karena kita hanya melihat dari luarnya aja, seperti caranya berbicara, tersenyum, bahkan menatap. Masalahnya, karena manusia mudah berasumsi jadi sulit membedakan orang yang sombong dan orang yang sebenarnya percaya diri. Padahal beda banget lho orang yang terkesan sombong dengan orang yang nggak bermaksud untuk sombong sama sekali. Kamu pun wajib banget nih tahu bedanya agar kamu nggak salah dalam bersikap agar rasa percaya dirimu nggak terkesan arogan. Yuk, coba cek apa bedanya.

1. Pernyataan yang merendahkan orang lain

www.themuse.com

Merasa paling unggul adalah salah satu ciri orang yang arogan atau sombong nih. Orang yang sombong tuh hanya memiliki satu pemikiran: kalau nggak dia yang merasa paling hebat, ya orang lain yang nggak ada apa-apanya dibanding dia. Sebenarnya anggapannya tersebut semata-mata untuk menutupi kekurangannya ketika berhadapan dengan orang lain. Mereka cenderung merasa senang kalau orang lain berada di bawahnya. Sebaliknya, orang yang percaya diri berpikiran lebih terbuka, karena mereka merasa baik-baik aja tanpa ada keinginan untuk menjatuhkan orang lain. Bahkan, orang yang percaya diri lebih senang membantu orang lain agar sama-sama sukses.

2. Sikap yang sering ditunjukkan

www.hypable.com

Orang yang sombong dan percaya diri memperlakukan orang lain secara berbeda. Orang yang sombong menganggap bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain, sementara orang yang percaya diri tahu bahwa dirinya sama baiknya dengan orang lain. Terlebih, orang yang percaya diri akan menghormati dan mau mendengarkan pendapat orang lain. Sedangkan orang yang sombong sulit untuk mendengarkan pendapat orang lain dan justru sering menyalahkan orang lain kalau apa yang dilakukan orang tersebut nggak sesuai keinginannya.

3. Persepsi tentang diri sendiri

www.davidwolfe.com

Tahukah kamu kalau orang yang percaya diri selalu merasa nyaman dengan dirinya sendiri karena mereka memiliki konsep yang benar tentang kesempurnaan. Rasanya kayak nggak mungkin untuk menjatuhkan orang karena sebelumnya dia udah tahu apa sih kelemahannya dan gimana cara menghadapinya. Sementara itu, orang yang sombong menutupi kekurangannya dengan cara mengabaikannya. Demi menjaga image yang sempurna, orang kayak gini nggak akan mau mengakui kesalahan yang diperbuat.

4. Hubungan dengan orang lain

marksking.com

Berhubungan dengan orang yang sombong pastinya makan hati banget ya. Bayangkan ada orang yang hidup dalam dunianya sendiri, mementingkan diri sendiri dan nggak ada yang bisa memengaruhinya. Jangan harap mereka akan mengakui kesalahan dengan ikhlas, yang ada justru akan menyalahkan orang lain. Bedanya sama orang yang percaya diri, mereka cenderung bersedia mengakui kesalahan dan menunjukkan kalau dia nggak sempurna. Tentunya orang yang kayak gini akan sangat dihargai orang lain. By the way, orang yang sombong akan rela mengorbankan persahabatan atau hubungan dengan orang lain selama itu bisa menjadikannya sebagai orang yang sukses. Waduh!

5. Komunikasi yang dibangun

www.netdoctor.co.uk

Percaya deh, kamu nggak akan betah ngobrol lama-lama sama orang yang sombong karena mereka orangnya nggak mau kalah banget. Mereka hanya akan berfokus pada dirinya sendiri, apa yang udah mereka capai, dan membuat orang lain harus setuju dengannya tiap saat. Itulah mengapa orang yang sombong itu nyebelin. Di sisi lain, orang percaya diri nggak akan memaksakan pendapatnya untuk harus disetujuin sama orang lain. Justru mereka nggak suka repot-repot menjelaskan prestasi yang telah dicapai karena mereka pikir orang lain bisa menilai dari hasil kerja yang ditunjukkannya aja.

6. Kontak mata selama ngobrol

johnolenyi.blogspot.co.id

Nah, salah satu hal yang cukup penting ketika ngobrol adalah perhatikan kontak matanya. Orang yang percaya diri akan menatap matamu dan membuatmu merasa menjadi orang yang paling penting dan spesial di situ. Sementara orang yang sombong, ketika ngobrol matanya cenderung melihat ke orang-orang lain, karena merasa ada orang lain yang mungkin lebih baik dari lawan bicaranya sekarang yaitu kamu. Intinya, kamu bakal susah banget deh menatap mata orang yang sombong ketika lagi ngobrol.

7. Asal mula kenapa bisa berbeda

www.politico.com

Kenapa sih dua sikap ini berbeda? Karena asal mulanya berbeda. Kesombongan biasanya merupakan hasil dari mekanisme pertahanan diri (defense mechanism) yang digunakan oleh alam bawah sadar manusia untuk menghindari kritikan dari orang lain. Sedangkan kepercayaan diri berasal dari hal yang positif, optimisme, dan kestabilan mental. Makanya, jadi beda banget, kan?

Mungkin kamu masih merasa sulit dalam menilai apakah orang tersebut benar-benar sombong atau hanya sekedar tampil percaya diri. Yang pasti tujuh hal di atas bisa banget membantu kamu dalam menilai mana orang yang akan kamu jadikan teman baik, partner bisnis, atau pasangan. Dari ketujuh hal di atas kamu juga bisa belajar gimana sih agar kita bisa terlihat percaya diri dan nggak terkesan sombong. Jadi, sekarang udah tahu kan mana yang beneran keren dan mana yang nyebelin?

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
81
SHARES
Inilah 7 Fobia Aneh dan Langka yang Pernah Dialami Oleh Manusia

Inilah 7 Fobia Aneh dan Langka yang Pernah Dialami Oleh Manusia

8 Cara Mengatasi Tuduhan Kalau Kamu Dianggap Selingkuh dengan Orang Lain

8 Cara Mengatasi Tuduhan Kalau Kamu Dianggap Selingkuh dengan Orang Lain

5 Tips Ampuh Mencegah Friendzone Ini Semoga Bikin Kamu Gak Galau

5 Tips Ampuh Mencegah Friendzone Ini Semoga Bikin Kamu Gak Galau

Benda-benda Mahal Ini Ternyata Berasal dari Kotoran Hewan yang Terbilang Jorok

Benda-benda Mahal Ini Ternyata Berasal dari Kotoran Hewan yang Terbilang Jorok

Inilah 8 Eksperimen Manusia Paling Sadis di Bidang Medis Saat Perang Dunia

Inilah 8 Eksperimen Manusia Paling Sadis di Bidang Medis Saat Perang Dunia

Benarkah Kita Bisa Mengatur Mimpi? Inilah 10 Fakta Tentang Mimpi Saat Tidur

Benarkah Kita Bisa Mengatur Mimpi? Inilah 10 Fakta Tentang Mimpi Saat Tidur

loading