Hati-hati! Fakta-fakta Ilmu Sains Ini Bisa Bikin Kaget Sekaligus Sedih!

Edited By Admin

Sains, sebagai salah satu disiplin ilmu yang sudah dikenal secara umum oleh sebagian besar masyarakat dunia, seringkali dipercaya sebagai “alat” untuk membantu kehidupan manusia. Dengan penalaran yang sifatnya obyektif dan bisa dibuktikan kebenarannya, sains bahkan sering dielu-elukan sebagai agama baru yang diciptakan manusia sebagai pedoman untuk menjalani hidup di samping agama lainnya. Dengan sains, manusia mengobati rasa keterasingannya dengan dunia yang memasang jarak dengan dirinya. Dengan sains, dunia pun terasa lebih akrab dengan kita, dan hal itu menunjukkan bahwa manusia modern pada dasarnya selalu berusaha untuk menundukkan realitas melalui ilmu pengetahuan. Nah, tapi gimana kalau saking jujurnya sains, ada beberapa kenyataan yang justru bisa malah bikin kita sedih karena sains justru menunjukkan hal-hal yang meleset dari ekspetasi manusia pada umumnya? Kayak fakta-fakta sains di bawah ini nih.

1. Bumi kehilangan 50% ekosistem kehidupan liar dalam jangka waktu 40 tahun terakhir

Edited By Admin

Terhitung sejak tahun 1970-an hingga sekarang, bumi yang kita tinggali telah kehilangan ekosistem alam liarnya kurang lebih sebanyak 50%. Kecepatan yang terhitung fantastis ini membuktikan bahwa kerusakan yang dilakukan manusia 165 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan asteroid yang memunahkan dinosaurus dalam jangka waktu 33.000 tahun!

2. Kualitas kerja otak manusia akan berkurang di usia 27

Edited By Admin

Fakta sains ini cukup menarik. Mungkin ini yang menyebabkan kenapa banyak orang-orang terkenal meregang nyawanya di usia 27 tahun. Mungkin kebetulan juga kalau kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang telah sukses menjajal hasil dari kreativitas mereka ke masyarakat luas, dan di usia 27, bisa jadi pancaran kreativitas dari diri mereka mulai dirasakan berkurang sehingga akhirnya kematian pun menjadi pilihan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Virginia, yang hasilnya menyatakan bahwa manusia mengalami puncak kemampuan kognitifnya di usia 22 tahun dan langsung mengalami penurunan di usia 27 tahun. Sisi positifnya, kemampuan berbahasa dan pengetahuan umum dapat terus ditingkatkan hingga usia 60 tahun.

3. Gendut itu ternyata tidak dipengaruhi oleh faktor genetik

Edited By Admin

Mungkin kamu atau temen kamu pernah ngasih anggapan kalau gendut itu bisa jadi karena ada faktor genetik. Emang sih, gen yang diwariskan kepada kita, bisa jadi pemicu untuk menambah nafsu makan kita. Tapi toh nggak ngebuat gendut kok. Faktor genetik membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunjukkan sifatnya, dan yang memberi pengaruh besar terhadap diri kita tuh adalah lingkungan di sekitar kita. Jadi, kalau kamu ngerasa gendut dan pengen kurus, jangan nyalahin orang tua kamu, mendingan olahraga aja deh!

4. Manusia bumi tampaknya tidak akan pernah mengeksplorasi seluruh galaksi

Edited By Admin

Ketika kamu disuguhi oleh film-film berbau science fiction yang memperlihatkan keberhasilan manusia dalam mengeksplorasi galaksi yang melingkupi bumi kita, mungkin tiba-tiba kamu pengen juga ngerasain gimana rasanya berpetualang ke galaksi di luar bima sakti sehingga kamu bela-belain untuk jadi astronot. Tapi tau nggak, pada kenyataannya, untuk mengunjungi sistem bintang yang paling dekat dengan sistem kita saja—proxima centauri, jarak yang harus ditempuh kurang lebih berkisar antara 4 tahun cahaya. Dengan kendaraan paling cepat yang pernah ditemukan oleh manusia saja, perjalanan ke sistem tersebut membutuhkan waktu sebanyak 19.000 tahun! Meskipun bisa diakali dengan menggunakan teknologi hibernasi, masih ada permasalahan yang krusial berkenaan dengan persediaan makanan dan sumber energi lainnya.

5. Memiliki anak adalah salah satu hal yang dapat mengurangi kebahagiaan hidup di Jerman

Edited By Admin

Di antara kamu mungkin ada yang udah ngebet banget pengen punya anak (padahal nikah aja belum), entah karena anak kecil itu biasanya ngegemesin, pengen bisa lihat diri kamu di masa muda, atau alasan-alasan lainnya yang bikin kamu pengen banget menimang anak di pangkuan kamu. Tapi kamu tau nggak? Di tahun 2015, 70% pasangan di Jerman merasa bahwa kebahagiaan hidup mereka berkurang setelah kelahiran anak pertama mereka. Nah loh? Masih pengen buru-buru punya anak? Pertimbangkan dulu fakta sains ini.

6. Kebanyakan orang tidak bisa mengubah pikiran orang lain meskipun sudah didukung oleh bukti-bukti logis yang memperkuat gagasan yang diajukan

Edited By Admin

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa manusia selain diri kamu tuh selalu bisa diajak kompromi melalui berbagai trik “silat lidah” yang dapat mengubah pikiran dari lawan bicara kamu. Hal ini disanggah oleh penelitian yang dilakukan terhadap warga negara Amerika Serikat saat dalam masa kepemimpinan Barrack Obama. Dalam beberapa kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh beliau, banyak warga Amerika yang menganggap bahwa kebijakan Obama justru bakal menurunkan daya kerja seluruh warga. Pada kenyataan yang tertera pada grafik, lapangan kerja pada saat itu justru bertambah dengan pesat sehingga mengurangi jumlah pengangguran di sana. Meskipun begitu, orang-orang yang sudah melihat grafik ini entah kenapa tetap menganggap bahwa situasi ekonomi tetap memburuk seperti sebelumnya. Mungkin orang memang lebih tertarik untuk menggunakan senjata atau dengan menggunakan berbagai konspirasi mengerikan jika dibandingkan harus berdialog secara logis untuk menyamakan pikiran.

7. Peminum berat wine memiliki resiko kematian yang tinggi

Edited By Admin

Memang, anggur yang sudah difermentasi menjadi wine, memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan. Tapi mungkin kamu pernah denger juga kalau wine bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung, kanker, dan bisa mengurangi kolesterol. Ternyata, itu semua nggak bener. Dalam study yang dilakukan selama 15 tahun di Italia, hasil menunjukkan bahwa orang yang memiliki konsentrasi kandungan wine yang tinggi dalam tubuhnya, memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah jika dibandingkan orang-orang yang lebih sedikit konsentrasi kandungan wine dalam tubuhnya. Daya tahan tubuh yang lemah ini konon bisa berujung kepada kematian loh! Jadi, jangan banyak-banyak yah minum-minumnya.    

8. Manusia pada umumnya sering berbohong ketika berbicara dengan orang lain meskipun hanya dalam waktu 10 menit

Edited By Admin

Meskipun secara sadar kamu nggak pernah bohong, study yang dilakukan di Universitas Massachusetts membuktikan bahwa 60% orang akan berbohong setidaknya 2-3 kali dalam pembicaraan yang berlangsung selama 10 menit saja! 89% orang akan berbohong kepada orang tuanya, 75% kepada temannya, dan 69% orang berbohong kepada pasangan hidupnya. Belum lagi dengan kebohongan-kebohongan yang dilontarkan di dunia maya atau di CV!

9. Anjing ternyata nggak suka dipeluk

Edited By Admin

Buat yang melihara anjing, mungkin hal ini bisa bikin kamu sedih kalau kamu sebelumnya belum tau bahwa anjing tuh nggak suka dipeluk. Ketika kita memeluk anjing, anjing yang kita peluk tuh bakal ngerasa nggak nyaman karena kebebasannya berkurang dan bisa berujung kepada stres. Dan ternyata bukan hanya anjing saja loh. Kebanyakan hewan peliharaan tuh ternyata nggak begitu suka dipeluk. Kalau misalnya binatang peliharaan kamu memperlihatkan sikap yang menunjukkan sebaliknya, misalnya anjing kesayangan kamu selalu menyandarkan badannya ke kaki kamu ketika kamu lagi duduk di sofa, itu justru menunjukkan kalau si anjing sedang berusaha untuk mencari perhatian agar bisa memanipulasi diri kamu dan pada akhirnya justru dialah yang menjadi tuannya. Bukan kamu. Menarik kan fakta sains yang ini?

10. Sudah terlambat untuk membalikkan perubahan iklim akibat pemanasan global

Edited By Admin

Mungkin kamu udah sering baca atau denger berbagai macam bentuk penyuluhan yang menggalakkan program-program terkait dengan penyembuhan iklim bumi yang telah rusak akibat pemanasan global. Sains membuktikan bahwa sebenarnya, penghuni bumi saat ini tidak bisa benar-benar memperbaiki lapisan ozon yang telah rusak akibat penggunaan berbagai produk rumah tangga yang tidak terkendali. Melainkan kita hanya bisa mengulur waktu sebelum akhirnya belahan bumi di utara dan selatan mencair. Perlu diingat juga kalau manusia emang melakukan perusakan yang lebih efektif bahkan jika dibandingkan dengan kerusakan yang terjadi di zaman kapur. Jadi, jangan muluk-muluk dulu, yang penting perusakan ozon yang dilakukan oleh manusia bisa ditekan sedemikian rupa agar keturunan manusia dapat bertahan di bumi lebih lama lagi.

Kenyataan terkadang emang lebih pahit ketika kita udah tau kebenarannya. Tapi, kenyataan-kenyataan sains di atas jangan dijadiin alesan buat kamu jadi pasrah dan nerima keadaan gitu aja yah. Justru dengan adanya informasi di atas, kita harus bisa lebih menyesuaikan diri di lingkungan yang kita hidupi saat ini. Misalnya, kalau kamu pasrah gitu aja sama pemanasan global yang melanda bumi saat ini, nggak lama lagi bumi bakalan beneran hancur!

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
9
SHARES
Wow! Aktor Matt Damon Mau Jadi Penjaga Mercusuar di Irlandia!

Wow! Aktor Matt Damon Mau Jadi Penjaga Mercusuar di Irlandia!

Wow! Skrillex Berduet dengan Incubus dalam Album Terbarunya Incubus!

Wow! Skrillex Berduet dengan Incubus dalam Album Terbarunya Incubus!

Ini Dia Alasan Kenapa Wabah Virus Flu Burung Makin Menjangkit di Cina!

Ini Dia Alasan Kenapa Wabah Virus Flu Burung Makin Menjangkit di Cina!

Detik-detik Terakhir Presiden Soekarno Sebelum Kematiannya yang Tragis di Tangan Penguasa Baru

Detik-detik Terakhir Presiden Soekarno Sebelum Kematiannya yang Tragis di Tangan Penguasa Baru

Tom Holland, Aktor Ini Membakar Naskah Avengers Biar Ceritanya Nggak Bocor!

Tom Holland, Aktor Ini Membakar Naskah Avengers Biar Ceritanya Nggak Bocor!

Jangan Ngaku Orang Indonesia Kalau Gak Tau 12 Seragam Polisi Ini!

Jangan Ngaku Orang Indonesia Kalau Gak Tau 12 Seragam Polisi Ini!

TOP ABIS

Kamu Termasuk Orang yang Berpikir Kreatif? Berarti Wajib Lihat 10 Iklan Ini!
Kamu Termasuk Orang yang Berpikir Kreatif? Berarti Wajib Lihat 10 Iklan Ini!
Terkadang Ekspektasi Memang Tidak Sesuai dengan Realita, Foto-foto Kocak Ini Buktinya!
Terkadang Ekspektasi Memang Tidak Sesuai dengan Realita, Foto-foto Kocak Ini Buktinya!
Seni Itu Sederhana, 12 Gambar 3D di Atas Kertas Ini Buktinya!
Seni Itu Sederhana, 12 Gambar 3D di Atas Kertas Ini Buktinya!
Di Tangan Fotografer Jepang, Karakter Action Figure Superhero Ini Terlihat Lebih Nyata
Di Tangan Fotografer Jepang, Karakter Action Figure Superhero Ini Terlihat Lebih Nyata
Detik-detik Terakhir Presiden Soekarno Sebelum Kematiannya yang Tragis di Tangan Penguasa Baru
Detik-detik Terakhir Presiden Soekarno Sebelum Kematiannya yang Tragis di Tangan Penguasa Baru
Kalau Mau Trendy Jangan Coba-coba Tiru 10 Modifikasi Motor Ini!
Kalau Mau Trendy Jangan Coba-coba Tiru 10 Modifikasi Motor Ini!
Dewi Persik Vs Nassar Bertengkar? Deretan Artis Ini Juga Pernah Versus dengan Depe
Dewi Persik Vs Nassar Bertengkar? Deretan Artis Ini Juga Pernah Versus dengan Depe
Banjir Jakarta, Tidak Selalu Menjadi Petaka Tapi Juga Menjadi Berkah Bagi Beberapa Orang
Banjir Jakarta, Tidak Selalu Menjadi Petaka Tapi Juga Menjadi Berkah Bagi Beberapa Orang
10 Bangunan Arsitektur Gagal Ini Bikin Gelang-geleng Kepala Sekaligus Tertawa
10 Bangunan Arsitektur Gagal Ini Bikin Gelang-geleng Kepala Sekaligus Tertawa
Satu Potong Hanya Rp 2.500,00 Pasar Baju Tradisional Ini Lebih Terlihat Bagai Tumpukan Sampah!
Satu Potong Hanya Rp 2.500,00 Pasar Baju Tradisional Ini Lebih Terlihat Bagai Tumpukan Sampah!
10 Foto Pemandangan Alam yang Bakal Bikin Mata Kamu Juling
10 Foto Pemandangan Alam yang Bakal Bikin Mata Kamu Juling
Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!
Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!