Harus Berhati-hati, Inilah 7 Profesi yang Berbahaya dan Berisiko

www.weforum.org
Line Yukepo.com

Banyak yang bilang nyari kerja itu susah. Tapi kayaknya lebih banyak yang bilang kalau bekerja itu lebih susah. Apalagi bekerja di bidang-bidang keahlian tertentu yang nggak hanya membutuhkan kemampuan dalam bekerja tapi juga memiliki risiko yang besar. Salah satunya adalah risiko kesehatan hingga kematian. Banyak lho orang-orang yang menghindari bekerja di bidang-bidang di bawah ini karena risiko kesehatannya sangat besar. Kira-kira apa aja ya profesi dengan risiko kesehatan hingga kematian? Yuk kepoin!

1. Bidang Medis

www.emaze.com

Sebenarnya profesi di bidang ini nggak hanya sebatas dokter atau perawat. Banyak profesi di bidang medis yang justru berisiko mengganggu kesehatan para tenaga medisnya. Profesi di bidang ini yang paling berisiko adalah tim anestesi, baik dokter, perawat, maupun asisten anestesi yaitu orang yang berprofesi mengadministrasikan anestesi hingga mengawasi perkembangan pasien pasca operasi. Selain itu ada juga podiatrist, yaitu profesi yang mendiagnosa dan merawat pasien dengan penyakit di kaki. Beberapa profesi lain seperti tenaga medis operasi, perawat pasien kritis, radiologis, hingga paramedis pun juga sangat berisiko. Orang yang bekerja di bidang medis berisiko tertular penyakit dan infeksi, terkontaminasi, hingga terkena radiasi.

2. Bidang Penerbangan

www.ministryoftofu.com

Memang risiko terbesar bekerja di bidang penerbangan adalah kematian apabila pesawat udara mengalami kecelakaan. Tapi, profesi di bidang ini berisiko terkena kontaminasi, radiasi, penularan penyakit, luka ringan hingga luka berat. Adapun profesi yang berisiko tersebut adalah pilot, co-pilot, pramugari, teknisi penerbangan, dan petugas area parkir pesawat. Bahkan orang-orang yang bekerja di atas pesawat memiliki risiko kesehatan yang buruk akibat terlalu lama duduk. Bayangin aja, seorang pilot, co-pilot, teknisi penerbangan, dan pramugari harus duduk selama terbang berjam-jam dalam penerbangan antar benua. Aktivitas yang minim membuat para awak kabin pesawat akan mengalami jet lagged hingga berpotensi mengalami penyakit kronis.

3. Bidang Kedokteran Gigi

www.canadianacademyofdentalhygiene.ca

Mungkin kalau mendengar profesi di bidang ini, yang terbayang di pikiranmu adalah profesi dokter gigi aja. Padahal, bidang ini terdiri dari berbagai profesi lho. Ada dokter gigi, perawat gigi, prosthodontist yang memperbaiki struktur gigi dan mulut, asisten, teknisi laboraturium gigi, dan dental hygienist yaitu orang yang berprofesi untuk merawat, membersihkan gigi dan mulut pasien. Hampir sama dengan bidang medis, pada bidang ini pun profesi tersebut sangat berpotensi terkena kontaminasi, radiasi, tertular penyakit dan infeksi, hingga penyakit karena duduk terlalu lama. Karena profesinya berhubungan langsung dengan organ tubuh manusia yang mudah terinfeksi, nggak heran kalau orang yang bekerja di bidang ini sangat mudah tertular penyakit dari pasien jika dalam bekerja mengesampingkan kebersihan.

4. Bidang Pertambangan

www.thinglink.com

Udah nggak heran lah ya, bekerja di bidang pertambangan akan membuatmu dekat dengan material yang berbahaya seperti mudah terbakar atau mudah runtuh. Profesi-profesi di bidang ini yang paling berisiko kesehatan misalnya operator pemurnian logam, service unit operator (minyak, gas, bahan tambang), operator mesin pertambangan, dan operator mesin derek (tambang minyak dan gas). Orang yang berprofesi di bidang ini akan lebih mudah terkontaminasi zat berbahaya, berisiko mengalami kecelakaan kerja seperti terbakar, tergores, atau tertusuk, dan berpotensi mengalami kondisi berbahaya. Kecelakaan kerja merupakan perhatian utama dari penyelenggara kerja di bidang ini karena risikonya bisa sampai ke kematian.

5. Bidang Kedokteran Hewan

www.davisenterprise.com

Serupa dengan bidang medis lainnya, bidang ini pun memiliki risiko yang mengancam kesehatan para tenaga kerjanya. Risiko yang paling berpotensi menghampiri para tenaga kerja di bidang ini adalah tertular penyakit dan infeksi dari hewan, terkontaminasi, dan risiko tergigit atau terluka karena hewan. Orang-orang yang bekerja di bidang ini umumnya adalah dokter hewan, asisten dokter hewan, perawat laboraturium hewan, hingga teknisi hewan yang bekerja membuat vaksin hewan. Penyakit pada hewan berbeda dengan manusia, itulah mengapa pekerja pada profesi ini sangat rentan terpapar zat-zat atau bakteri dari hewan yang sakit.

6. Bidang Teknik

www.algonquincollege.com

Kalau ngomongin bidang teknik pasti luas banget ya lingkup profesinya. Tapi profesi paling berisiko di bidang ini adalah para teknisi yang bekerja di industri dan pengembangan nuklir. Orang-orang yang bekerja di bidang industri misalnya adalah buruh atau operator mesin di pabrik. Profesi seperti ini akan berisiko terkena kontaminasi, berpotensi mengalami kondisi yang berbahaya, dan berisiko mengalami kecelakaan kerja. Selain itu, ada pula pekerja di bidang pengembangan nuklir. Misalnya pengembangan nuklir di bidang medis, teknisi nuklir, dan operator aktivasi nuklir. Profesi ini paling berisiko untuk terpapar radiasi. Maka dari itu, nggak bisa sembarang orang yang mampu bekerja pada bidang ini karena segalanya butuh kehati-hatian ekstra.

7. Bidang Lainnya

www.natgeotv.com

Ada banyak bidang pekerjaan lain yang juga berisiko namun nggak bisa termasuk ke dalam keenam bidang sebelumnya. Misalnya aja petugas imigrasi dan bea cukai yang berisiko terkena kontaminasi, tertular penyakit dan infeksi, serta terpapar radiasi. Ada juga mekanik yang bekerja memperbaiki alat-alat elektronik yang berisiko tersetrum. Bahkan petugas otopsi dan pengawetan jenazah pun berisiko terkena penyakit, infeksi dan terkontaminasi.

Gimana, tertarik untuk bekerja di bidang-bidang tersebut? atau kamu emang tertantang dan pengen banget mencari nafkah dengan bekerja di bidang-bidang tadi? Sebenarnya, semua profesi di atas memang berisiko, tapi bisa banget kok diminimalisir dengan kehati-hatian tingkat tinggi dan menaati aturan kerja. Mementingkan keselamatan dalam bekerja merupakan hal utama yang harus dilaksanakan oleh pekerja di beberapa bidang di atas. Semua pekerjaan tentu ada risikonya, tapi kita semua tetap harus berhati-hati dan jaga kesehatan selama bekerja ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
56
SHARES
Pasti Kamu Gak Sadar Kalau 7 Benda Ini Sering Kamu Sebut Mereknya

Pasti Kamu Gak Sadar Kalau 7 Benda Ini Sering Kamu Sebut Mereknya

Nggak Sekedar Bengong, Ternyata Ada 10 Manfaat dari Kebiasaan Melamun

Nggak Sekedar Bengong, Ternyata Ada 10 Manfaat dari Kebiasaan Melamun

7 Hobi Unik Pemimpin Dunia Ini Membuktikan Bahwa Mereka Juga Manusia Biasa

7 Hobi Unik Pemimpin Dunia Ini Membuktikan Bahwa Mereka Juga Manusia Biasa

Jangan Sia-siakan Peluang, Inilah 8 Hal yang Bisa Membuat Gebetan Jatuh Cinta Padamu

Jangan Sia-siakan Peluang, Inilah 8 Hal yang Bisa Membuat Gebetan Jatuh Cinta Padamu

10 Foto Ini Menunjukkan Betapa Serunya Jadi Astronot yang Bekerja di Ruang Angkasa

10 Foto Ini Menunjukkan Betapa Serunya Jadi Astronot yang Bekerja di Ruang Angkasa

10 Potret Ini Jadi Bukti Kalo Ketampanan dan Kecantikan Itu Sementara

10 Potret Ini Jadi Bukti Kalo Ketampanan dan Kecantikan Itu Sementara

loading