Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

www.brooklynpaper.com
Line YuKepo.com

Indonesia nggak hanya terkenal dengan suku budayanya yang beragam tapi juga masakan nusantaranya yang bermacam-macam. Dari yang kuah sampai yang kering. Dari sayuran sampai daging-dagingan. Semua ada dan rasanya enak-enak banget. Karena kita dikaruniai budaya yang beragam, kita pun memiliki ragam masakan yang banyak pula. Tapi dari ribuan jenis masakan, ada menu favorit Indonesia yang juga menjadi favorit di luar negeri nih. Kira-kira mana nih makanan favoritmu?

1. Rendang

resepdanmasakan.com

Makanan yang identik dengan masakan padang ini pasti jadi favorit semua orang deh. Bagi orang Indonesia, daging rending termasuk menu yang cukup bergengsi karena terbuat dari daging yang dimasak cukup sulit dan lama serta selalu ada di sajian masakan hari raya. Selain rasanya yang enak dan bikin nagih, rasa daging rendang mencirikan masakan khas Indonesia yaitu bercita rasa pedas! Nggak salah lagi kalau makanan ini tersohor di luar negeri karena pernah menjadi makanan terenak nomor 1 di dunia versi CNN.

2. Sate

www.indoindians.com

Hampir sama seperti rendang dan nasi goreng, sate juga nggak kalah beken di luar negeri. Sebenarnya sate nggak hanya ada di Indonesia, tapi Malaysia pun memiliki makanan serupa dengan sate. Namun kita harus berbangga karena sate Indonesia memang terkenal banget di beberapa negara Asia Tenggara dan Eropa. Terutama sate ayam yang khas dengan saus kacang. Proses masak yang unik dan nggak biasa ini tentu dilirik oleh para bule-bule di sana. Duh, jadi laper!

3. Nasi Goreng

www.goodmealhunting.com

Kalau masakan satu ini semua orang udah pasti setuju kalau nasi goreng itu masakan semua umat. Nasi goreng juga pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak versi CNN dan berada di peringkat kedua setelah Rendang. Kalau di Indonesia, hampir di setiap restoran menyediakan nasi goreng sebagai menu ‘penyelamat’ kalau lagi nggak tahu mau makan apa. Begitu juga dengan para tamu-tamu luar negeri yang senang banget disajikan menu nasi goreng, seperti para artis Korea yang pernah menyambangi Indonesia dan mengatakan kalau nasi goreng itu makanan paling enak dari Indonesia. Setuju banget!

4. Indomie

titiw.com

Merek mie instant yang satu ini udah terkenal banget di penjuru Indonesia. Tapi nggak hanya di negara sendiri, Indomie juga cukup terkenal di negara-negara lain seperti di Belanda, Asia, dan Amerika. Bahkan konon katanya, indomie merupakan mie instan paling enak jika dibandingkan dengan mie instan dari negara-negara di Asia lain. Nggak heran kalau produk indomie beken banget di kalangan pecinta mie instan. Kalau kamu lagi di luar negeri dan lagi kangen Indonesia, kamu bisa makan indomie nih, dijamin kangennya bakal hilang.

5. Sambal

www.beritainfo.web.id

Hayoo siapa di sini yang nggak bisa makan kalau nggak ada sambal? Yap, pelengkap makanan satu ini emang Indonesia banget. Bahkan konon katanya sambal Indonesia itu adalah sambal yang pedasnya paling mantap dibandingin dengan sambal dari negara lain. Sambal di Indonesia juga beragam banget dari yang bercita rasa pedas manis sampai yang pedasnya bikin nangis. Makanya, banyak orang di luar negeri yang nge-fans sama sambal buatan Indonesia. Biasanya orang Indonesia yang ke luar negeri juga membawa sambal dari Indonesia biar makanannya makin sedap.

6. Bakso

www.berrykitchen.com

Makanan olahan daging ini emang paling mantap disantap ketika cuaca dingin atau hujan. Kalau kamu tinggal di luar negeri dan lagi ikut perkumpulan warga Indonesia, bakso pasti jadi makanan andalan yang hampir selalu ada karena cara membuatnya cukup mudah. Bakso juga merupakan yang cukup variatif, karena bisa terbuat dari daging ayam dan ikan. Apalagi sekarang bakso dimodifikasi dengan diberi isian. Beh, nggak salah lagi kalau makanan Indonesia satu ini benar-benar jadi favorit Barack Obama saat ke Indonesia.

7. Gado-gado

www.kuliner123.com

Inilah saladnya orang Indonesia. Sayur-sayuran yang segar dengan potongan telur dan lontong ditambah bumbu kacang yang nikmat menjadikan gado-gado terkenal di beberapa negara lain seperti Australia dan Asia. Karena pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya yang pasti ada, gado-gado bisa gampang ditawarkan ke luar negeri. Bule-bule yang berkunjung ke Indonesia pun mengaku ketagihan banget makan gado-gado.

Ternyata nggak hanya artis aja ya yang go internasional, tapi makanan-makanan ini juga bisa populer di negara lain. Kalau kamu liburan ke luar negeri atau menetap di negara orang, mungkin makanan-makanan ini yang akan kamu kangenin. Meskipun kamu jago masak masakan Indonesia, tapi pasti rasanya beda deh dibandingkan kampung halaman. Duh, jadi laper deh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
158
SHARES
Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

7 Mansion yang Ada di Dunia Ini Penuh Kreasi yang Super Mewah Gila-gilaan

7 Mansion yang Ada di Dunia Ini Penuh Kreasi yang Super Mewah Gila-gilaan

Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

“Kok Kejadiannya Sama Persis? Kayaknya Pernah, Deh!” Inilah Penjelasan Menarik Tentang Dejavu

“Kok Kejadiannya Sama Persis? Kayaknya Pernah, Deh!” Inilah Penjelasan Menarik Tentang Dejavu

Wow! Inilah 9 Foto Mewahnya Fasilitas di Dalam Kereta Jepang Termahal di Dunia

Wow! Inilah 9 Foto Mewahnya Fasilitas di Dalam Kereta Jepang Termahal di Dunia

loading