Gara-gara Perubahan Iklim, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Langka Dalam Waktu Dekat Lho

www.wholesalecoffeecompany.co.uk
Line YuKepo.com

Sadarkah kamu kalau kita lagi sering mengalami cuaca yang nggak menentu? Pagi sampai siang cerah banget dan terik abis, eh sore dan malamnya bisa hujan deras disertai angin kencang. Perubahan cuaca yang ekstrem itu hanyalah segelintir dari tanda-tanda perubahan iklim yang mengancam kehidupan manusia. Kok bisa mengancam manusia? Bukan hanya tentang bencana, tapi perubahan iklim akan membuat kita krisis pangan di masa depan. Karena cuaca yang nggak menentu, makanan-makanan yang bersumber dari alam seperti sayur, biji-bijian, dan makanan laut pun bisa jadi langka lho. Ini nih deretan makanan yang sering kita konsumsi namun diperkirakan akan langka dalam waktu dekat.

1. Kopi

eattomorrow.com

Diperkirakan sebanyak 70% kopi dunia bisa aja hilang dari peredaran pada tahun 2080, seperti yang dilansir dari BBC News. Kebanyakan kopi terbuat dari biji kopi Arabica yang tumbuh dengan suhu terbaik antara 17-21 derajat celcius. Jika suhu terus meningkat, tanamannya akan matang terlalu cepat, yang nantinya akan memengaruhi rasa kopi. Seiring dengan meningkatnya suhu bumi akibat perubahan iklim, hasil kopi dan kualitasnya pun akan menurun. Kayaknya ngopi-ngopi seru juga bakal jadi momen yang langka banget nih.

2. Ikan

www.chefsteps.com

Seperti yang dilansir dari BBC News, para peneliti mengatakan bahwa nggak akan ada lagi ikan di samudra pada tahun 2048. Hal ini disebabkan karena penangkapan ikan besar-besaran dan praktik penangkapan ikan yang merusak seperti penggunaan pukat, yang merupakan metode penangkapan ikan industri di mana jaring yang besar dan memiliki bobot yang berat menangkap semua ikan yang ada di sekitarnya, termasuk yang terancam punah.

3. Cokelat

www.thinglink.com

Pada dasarnya, kita mengonsumsi cokelat lebih banyak dari yang bisa diproduksi. Tahun lalu, seluruh dunia mengonsumsi sekitar 70.000 metrik ton lebih cokelat daripada yang diproduksi. Pada tahun 2020, para ahli mengatakan bahwa jumlah tersebut bisa aja meroket jadi 1 juta metrik ton, dan 2 juta metrik ton pada tahun 2030, menurut Washington Post. Masalahnya, Afrika Barat yang memproduksi 70% cokelat dunia mengalami kenaikan suhu dan kekurangan air sehingga mengurangi produksi. Ada juga penyebaran penyakit jamur yang disebut Frosty Pod Rot yang memakan biji kakao dan menghancurkan seluruh panen.

4. Kerang Tiram

www.nationalgeographic.com

Sebenarnya sih perubahan iklim membantu tiram untuk tumbuh lebih cepat di perairan yang lebih hangat. Namun, air yang lebih hangat juga membuat tiram lebih rentan terhadap hama oyster drills, menurut laporan Seeker yang mengutip sebuah studi baru-baru ini di bidang Ekologi Fungsional. Oyster drills adalah siput yang menyerang dan memakan tiram. Hama ini udah menjadi masalah yang menghabiskan jutaan dolar dalam industri tiram yang bisa bertambah buruk akibat bertambahnya suhu air. Hilangnya keanekaragaman ini juga berakibat pada ketidakseimbangan ekosistem yang membuat kehidupan laut lebih rentan terhadap polusi dan racun yang mengakibatkan siklus mematikan di bawah laut.

5. Madu

financialtribune.com

Karena menurunnya populasi lebah yang gila-gilaan, kita mungkin akan segera melambaikan tangan ke pemanis alami dengan jutaan manfaat, madu. Nggak ada lebah = nggak ada madu. Akan banyak juga makanan-makanan yang berbahan dasar madu yang ikut langka. Tragis ya? Lebah menghilang dari peredaran karena sesuatu yang disebut "Colony Collapse Disorder" yang disebabkan oleh berbagai hal di antaranya hama, patogen, gizi buruk dan, tentu aja terkena pestisida. Ayo kita selamatkan lebah!

6. Lobster

www.wallpaperawesome.com

Menurut penelitian oleh Universitas Maine Darling Marine Center dan Bigelow Laboratory for Ocean Sciences, jika suhu perairan laut meningkat lebih dari lima derajat celcius, lobster bayi mungkin nggak bisa bertahan hidup, seperti yang dilansir dari Guardian. Salah satu panel perubahan iklim dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa Teluk Maine, Amerika Serikat akan mencapai suhu tersebut pada tahun 2100. Dengan kata lain, lobster Maine bisa punah dari muka bumi dan nggak akan ada lagi industri lobster yang meraih keuntungan lebih dari 330 juta US Dolar kerena akan punah dalam 84 tahun.

7. Kacang Tanah

www.newhealthadvisor.com

Ada yang mengatakan bahwa kacang tanah mungkin akan punah pada tahun 2030. Dianggap sebagai "tanaman yang cukup rewel", kacang membutuhkan 5 bulan dalam cuaca yang hangat (bukan panas terik) secara konsisten serta harus dikombinasikan dengan 20-40 inci hujan untuk tumbuh dengan baik. Terlalu sedikit hujan mengakibatkan kacang tidak akan berkecambah. Terlalu banyak hujan dan tanaman akan menjadi lapuk sehingga membuat kacang menjadi nggak bisa dimakan. Karena cuaca udah nggak menentu, pertumbuhan kacang pun nggak bisa dipastikan. Kalau kacang tanah punah, bisa-bisa ketoprak dan gado-gado jadi mahal banget nih.

Nggak mau dong mereka semua punah? Bayangkan kalau kita udah jarang banget makan ikan atau udah susah menemukan kopi. Kayaknya makanan yang akan kita konsumsi sangat membosankan deh. Beralih ke makanan cepat saji, instan atau makanan dalam kemasan justru nggak sehat, guys. Kita harus sadar nih dan mulai menjaga kelestarian alam. Memang sih ramalan krisis pangan masih berpuluh-puluh tahun lagi. Tapi apa mau, anak cucu kita melihat kopi, cokelat, ikan, bahkan kacang tanah hanya dari balik kaca museum?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
37
SHARES
Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Gadis Taiwan Ini Melakukan Foto Pre-wedding Sendiri, Simak Kisahnya

Gadis Taiwan Ini Melakukan Foto Pre-wedding Sendiri, Simak Kisahnya

9 Tipe Mahasiswa dari Caranya Titip Absen, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

9 Tipe Mahasiswa dari Caranya Titip Absen, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

loading