Gak Disangka-sangka, Ternyata Ada Dampak Positif Peninggalan Penjajah di Indonesia

www.boombastis.com
Line YuKepo.com

Indonesia memang selama 3,5 abad sudah merasakan bagaimana pedihnya hidup dalam kungkungan kolonialisme, baik Belanda maupun Jepang. Kepedihan selama 3,5 tahun itu memang tidak dirasakan sepele dan sebentar. Rasa-rasanya luka  itupun masih bisa dirasakan secara nyata kini.

Hidup dalam kurungan kolonialisme selama beberapa generasi memang banyak mendatangkan keburukan yang mungkin saja bisa kita rasakan sampai kini. Bangsa Indonesia rasanya lebih lama berkembang dibandingkan negara merdeka lainnya. Bukan hanya soal infrastuktur yang mengalami regresi, tetapi juga dalam perkembangan mental bangsa.

Kenyataan pahit yang hadir bersamaan dengan penjajahan memang tidak bisa dilepaskan dengan berbagai dampak positif bagi bangsa Indonesia. Bisa jadi kalau kita tidak dijajah, banyak sistem yang sampai sekarang kita belum bisa aplikasikan. Bersamaan dengan itu juga, belum tentu Bangsa Indonesia bisa sekuat sekarang bila sebelumnya kita tidak harus menelan pil pahit kolonialisme tersebut.

Keburukan memang selalu berdampingan dengan kebaikan, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Kali ini YuKepo mau mengajak kamu berpikir postitif tentang dampak kolonialisme yang sekarang masih bisa kita rasakan. Ternyata banyak juga lho dampak positif kolonialisme yang bisa membawa Indonesia seperti sekarang ini. Penasaran? Yuk langsung aja.

1. Banyak bangunan bersejarah

bienthang.wordpress.com

Semasa penjajahan Belanda di Indonesia ada banyak sekali bangunan-bangunan yang mereka dirikan sebagai kantor pemerintahan, rumah tinggal dan lain-lain. Ketika mereka sudah hengkang dari Indonesia bangunan-bangunan tersebut banyak yang dialihfungsikan menjadi bangunan lain atau cagar budaya.

2. Mengetahui dan memberdayakan komoditas yang laku di Eropa

gastroina.blogspot.co.id

Indonesia memang kaya akan hasil bumi yang menarik banyak minat asing untuk menjajah Indonesia, apalagi waktu itu keadaan Indonesia masih begitu terbelakang. Dengan banyaknya komoditas yang laku di Eropa khususnya rempah dan palawija, Indonesia menjadi tahu apa yang banyak dibutuhkan oleh asing mengenai komoditas hasil Indonesia.

3. Pembangunan sarana transportasi yang maju

www.westjavainc.org

Pada saat itu mungkin kamu pernah melihat mengenai pembangunan jalan raya Pos atau Anyer-Panarukan yang merupakan mega proyek yang dibuat oleh Daendels. Begitupula dengan jalur kereta pertama yang dibuat di Indonesia atas usulan Van Der Wijck demi mengangkat hasil tanam paksa.

4. Meningkatnya mutu pendidikan

angelajelita.wordpress.com

Waktu zaman penjajahan dahulu memang para penjajah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Awalnya pendidikan itu memang diperuntukkan bagi para keluarga penjajah saja, namun akhirnya berkembang ke pribumi. Dengan catatan si pribumi tersebut harus berasal dari kalangan bangsawan. Paling tidak, banyak pribumi yang mendapatkan mutu pendidikan standar luar negeri.

5. Menambah kosakata bahasa asing

hype.idntimes.com

Gak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran para penjajah memang memberikan banyak kosakata baru atau serapan bagi bahasa Indonesia itu sendiri. Pada zaman Belanda dulu, para bangsawan kebanyakan berbahasa Belanda. Bahasa melayu pada saat itu dianggap sebagai bahasa rendahan.

6. Pelatihan bersenjata bagi kaum muda

s-kisah.blogspot.co.id

Penjajah Jepang saat itu membentuk barisan militer bagi pemuda Indonesia yang bernama PETA (Pembela Tanah Air). Tanpa Jepang sadari, angkatan bersenjata inilah yang dijadikan modal oleh bangsa Indonesia untuk memukul mundur Jepang.

7. Munculnya rasa persatuan dan kesatuan

theoriticaleyes.blogspot.co.id

Kalau gak ada penjajah mungkin Indonesia gak mungkin satu seperti sekarang ini. Apalagi bentuknya yang berupa kepulauan memungkinkan sekali untuk melakukan tindakan separatis. Dengan adanya penjajah justru memupuk rasa persatuan dan kesatuan demi terciptanya negara Indonesia yang berdaulat.

Selama ini memang kita selalu mengeluhkan tentang sisi buruk dari penjajahan. Walaupun ternyata ada juga sisi positifnya, semoga gak terulang lagi mengenai penjajahan terhadap Indonesia. Rasa bangga tentang kemerdekaan Indonesia harusnya memang kita pupuk dan selalu melakukan hal yang terbaik demi kemajuan bangsa ini.  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
15
SHARES
Lagi Bad Mood? Coba Makan 8 Makanan ini Dijamin Bakal Bikin Happy!

Lagi Bad Mood? Coba Makan 8 Makanan ini Dijamin Bakal Bikin Happy!

10 Ilustrasi Ini Membuktikan Bahwa Dunia Modern Itu Mengerikan

10 Ilustrasi Ini Membuktikan Bahwa Dunia Modern Itu Mengerikan

7 Pemandangan dari Kereta Ini Membuktikan Betapa Indahnya Alam Indonesia

7 Pemandangan dari Kereta Ini Membuktikan Betapa Indahnya Alam Indonesia

Kulik Alasan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Bombardir Pasar Video

Kulik Alasan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Bombardir Pasar Video

7 Aktor Tampan Ini Sering Mejeng di Nominasi Oscar Tapi Belum Pernah Menang

7 Aktor Tampan Ini Sering Mejeng di Nominasi Oscar Tapi Belum Pernah Menang

7 Spot Foto Instagram di Kota-kota Ini Cocok Buat Kamu yang Doyan Selfie

7 Spot Foto Instagram di Kota-kota Ini Cocok Buat Kamu yang Doyan Selfie

loading