Gak Cuma Milik Indonesia, Inilah Variasi Bakso di Seluruh Dunia

www.seriouseats.com
Line Yukepo.com

Semua orang pasti pernah makan bakso. Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kalau boleh menduga, banyak juga orang Indonesia yang mengklaim kalau bakso adalah makanan asli dari Indonesia. Tapi tau nggak, kalau ternyata bakso tuh juga dikenal di seluruh dunia? Orang menyebutnya dengan "meatball". Jadi, setiap negara itu memiliki "meatball" yang khas. Kalau "meatball" di Indonesia udah tau kayak apa, yuk sekarang tengokin beberapa "meatball" yang ada di dunia!

1. Tsukune

www.seriouseats.com

Ayam yang dibumbui dan dilapisi dengan pati, dimasak di atas arang dengan gaya yakitori dan disikat dengan tare. Kemudian dibumbui kecap manis yang memberi bakso ini glasir yang gurih. Siapa pun yang datang ke Jepang, pasti ingin mencicipi meatball ala negeri sakura ini.

2. Bò Viên

www.seriouseats.com

Seperti kuah daging dan kentang di Eropa utara, "meatball" yang disajikan dalam sup adalah hal yang biasa dilakukan di Asia Tenggara. Di Vietnam, sup itu dinamakan "pho". Seperti bakso, bò viên adalah warisan dari pengaruh kuliner imigran Cina. Bila dibuat dengan benar, daging (biasanya daging sapi, tapi bisa juga daging ayam atau babi) dipotong menjadi pasta basah dan dimasak menjadi bola kenyal. 

3. Königsbeger Klopse

www.seriouseats.com

Bagi orang Amerika, "meatball" rebus mungkin bukan hidangan favorit. Tapi di Jerman, hidangan ini digembar-gemborkan sebagai karya Prusia. Dibumbui dengan bahan anchovy, lemon, telur, serta krim, mereka dibuat dari daging sapi muda cincang halus, direbus secukupnya, dan disajikan dengan saus mentega serta anggur.

4. Köttbullar
www.seriouseats.com

Biasanya dibuat dengan campuran daging babi dan daging sapi, "meatball" Swedia ini cara pembuatannya adalah dengan digoreng (dan sering, meski tidak selalu) serta dilapisi saus putih yang dibuat dengan susu, tepung, dan bekal. Tidak ada satu resep khusus untuk memasak semuanya. Tapi, satu hal yang pasti, jangan lupa selai lingonberry atau kentang rebus dan timun yang disajikan secara bersamaan.

5. Frikadeller
www.seriouseats.com

Salah satu masakan Denmark yang paling populer (dan ditemukan di banyak tempat di mana orang Denmark telah berimigrasi atau terjajah), frikadeller adalah "meatball" kecil yang bentuknya sedikit rata dan penuh dengan goresan. Bakso yang satu ini terbuat dari daging babi cincang. Sering disajikan bersama sandwich atau seperti banyak " meatball" di Eropa utara, kentang dan juga kubis.

6. Polpette

www.seriouseats.com

Terbuat dari daging sapi atau sapi mudai, meatball di Italia bentuknya agak kecil jika dibandingkan dengan "meatball" di negara lain. Biasanya cara pembuatannya hanya digoreng atau dipanggang, serta disajikan tanpa saus. Terkadang kamu akan menemukan keju atau daging yang disembunyikan di dalamnya.

7. Keftedes

www.seriouseats.com

Sering disajikan sebagai hidangan pembuka, keftedes adalah salah satu jenis "meatball" yang paling populer di Yunani dan di antaranya banyak juga yang termasuk ke dalam tradisi kofta. Dibuat dengan daging domba dan kadang-kadang daging sapi, dicampur dengan roti tawar, bawang putih, dan oregano, lalu digoreng sampai garing dan berair. Sebagai hidangan pembuka, biasanya disajikan dengan tzatziki, tapi bisa ditemani dengan nasi atau disajikan dalam saus tomat untuk makanan lengkap.

Sedap ya membayangkan meatball di atas ada di hadapan kita. Kalau belum bisa berkunjung ke negara dengan "meatball" yang sangat khas di atas, mungkin kamu bisa mulai dengan belajar bikin "meatball" sendiri aja. Murah meriah dan siapa tau justru kamu bisa menciptakan varian "meatball" yang baru.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1
SHARES
Tips Bertahan Menggunakan High Heels dari Mantan Supermodel Dunia

Tips Bertahan Menggunakan High Heels dari Mantan Supermodel Dunia

Inilah Hal-hal tentang Columbus yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Inilah Hal-hal tentang Columbus yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Sering Membuat Bingung, Inilah Perbedaan Umum Antara Penyakit Akut dan Kronis

Sering Membuat Bingung, Inilah Perbedaan Umum Antara Penyakit Akut dan Kronis

Inilah 7 Tempat di Dunia yang Nggak Bakal Bisa Dilihat di Google Maps

Inilah 7 Tempat di Dunia yang Nggak Bakal Bisa Dilihat di Google Maps

Masih Ingat Pengantin Tanpa Pasangan? Begini Nasibnya Sekarang

Masih Ingat Pengantin Tanpa Pasangan? Begini Nasibnya Sekarang

7 Tipe Teman Saat Diajak Curhat, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

7 Tipe Teman Saat Diajak Curhat, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

loading