Gagal SBMPTN dan Nggak Tahu Mau Ngapain? Sebaiknya Lakukan 5 Hal Bermanfaat Ini

blog.ruangguru.com
Line Yukepo.com

Kemarin adalah hari yang mendebarkan bagi peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) karena hasil tes masuk perguruan tinggi negeri telah diumumkan. Tentu ada yang bersukacita karena lolos di perguruan tinggi yang diinginkan, tapi ada juga yang kecewa karena gagal. Apalagi buat kamu yang belum ada rencana ngapa-ngapain setelah pengumuman SBMPTN. Tapi jangan menyerah dan sedih terus, yuk lakukan 5 hal bermanfaat ini untuk mengisi waktumu.

1. Ujian masuk perguruan tinggi negeri jalur mandiri atau swasta

admisi.ipb.ac.id

Mungkin perguruan tinggi negeri (PTN) tujuanmu sebelumnya nggak tercapai, tapi bukan berarti jalanmu untuk kuliah tertutup seluruhnya kan? Kalau memang kamu menargetkan diri untuk masuk PTN, kamu bisa mencari jadwal pendaftaran dan ujian jalur mandiri di masing-masing PTN yang kamu tuju. Tapi kalau kamu masih ragu, kamu juga bisa mencoba untuk mendaftar dan tes masuk perguruan tinggi swasta yang sekiranya memiliki program studi yang kamu inginkan. Jangan lupa, kamu pun harus browsing informasi sedetil mungkin mengenai alur pendaftaran, biaya kuliah, hingga program studinya ya.

2. Mengikuti kursus keahlian

aimjakarta.com

Memutuskan untuk mencoba lagi tahun depan? Kamu harus siap dengan konsekuensi ‘menganggur’ selama setahun. Daripada nggak ngapa-ngapain, mendingan kamu mengasah kemampuan dengan mengikuti kursus keahlian sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya les musik, les bahasa asing hingga mungkin ikut kelas kebugaran bagi kamu yang ingin punya body goals. Selain untuk mengisi waktu luang, dengan memiliki keahlian kamu juga akan berkesempatan untuk terlihat menonjol ketika melamar kerja atau beasiswa.

3. Kerja part-time atau freelance

www.theleadtree.com

Nggak bisa dipungkiri, yang namanya menganggur tentulah membosankan dan kamu juga butuh uang untuk hidup. Tapi lulusan SMA bisa apa? Bisa banyak kok! Kalau kamu punya hobi menulis, kamu bisa kembangkan dan mencari kerja sebagai penulis lepas atau freelance writer. Begitupun dengan bidang lainnya seperti desain grafis, fotografi, menjadi guru bimbel, hingga menjadi waiter atau kasir minimarket. Kerja paruh waktu melatih kamu menghadapi dunia kerja dan menambah pengalaman. Sedangkan kerja freelance bisa membantumu untuk mengumpulkan portofolio yang tentu jadi nilai plus ketika kamu berkarier nanti.

4. Aktif di komunitas dan volunteering

bgcmasonvalley.org

Sekarang ini udah banyak lho komunitas untuk para anak muda yang mau menyalurkan minatnya. Ada juga komunitas yang membuka peluang untuk sukarelawan atau volunteering. Nah, selain bisa membantu orang lain, volunteering bersama komunitas juga bisa menambah pengalaman bekerja. Pengalaman ini bisa kamu tuliskan di CV sebagai keunggulan personal kamu. Dengan aktif di komunitas dan volunteering kamu juga berkesempatan bertemu dengan orang-orang baru, kegiatan baru, dan yang pastinya wawasan baru.

5. Mencoba berbisnis

www.saxonsgroup.com.au

Bagi kamu yang nggak mau hidup kere setelah SMA, kamu bisa mencoba untuk berbisnis dan membuka peluang usaha. Cari bidang usaha yang memang kamu sukai dan familiar ya. Jangan terburu-buru juga, kamu bisa rencanakan dengan matang bisnis yang ingin kamu geluti. Nggak perlu muluk-muluk, coba dari bisnis kecil-kecilan dulu aja. Siapa tahu dari aktivitas kayak gini, kamu bisa berpeluang untuk meneruskan bisnis sampai menjadi besar. Kamu pun bisa menabung untuk biaya kuliah nantinya.

Nah, jadi mana nih aktivitas yang bisa kamu lakukan setelah gagal SBMPTN tahun ini? Kamu harus tetap semangat dan nggak menyerah meski nggak masuk di perguruan tinggi yang kamu inginkan. Kalau kamu berusaha, masa depanmu akan tetap cemerlang kok!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
0
SHARES
Kenalan Yuk sama Didga, Kucing Pintar dari Australia yang Memecahkan Rekor Dunia!

Kenalan Yuk sama Didga, Kucing Pintar dari Australia yang Memecahkan Rekor Dunia!

Galak atau Tegas? Inilah Perbedaan antara Orang yang Agresif dengan Orang yang Asertif

Galak atau Tegas? Inilah Perbedaan antara Orang yang Agresif dengan Orang yang Asertif

7 Kartun Jepang Favorit Anak Generasi 90-an, Favoritmu yang Mana?

7 Kartun Jepang Favorit Anak Generasi 90-an, Favoritmu yang Mana?

7 Tipe Orang di Acara Berbuka Puasa Bersama, Kamu Termasuk yang Mana?

7 Tipe Orang di Acara Berbuka Puasa Bersama, Kamu Termasuk yang Mana?

Inilah 5 Faktor Utama yang Bikin Mahasiswa Akhir Malas Mengerjakan Skripsi

Inilah 5 Faktor Utama yang Bikin Mahasiswa Akhir Malas Mengerjakan Skripsi

Intip Yuk Keseruan Bukber Bareng Caping Bertemakan “Peranan Opini di Era Digital”

Intip Yuk Keseruan Bukber Bareng Caping Bertemakan “Peranan Opini di Era Digital”

loading