Dari Hoax Sampai Jomblo, Inilah Asal Mula 5 Istilah Gaul

www.digitaltrends.com
Line YuKepo.com

Hidup di era komunikasi yang pesat nggak menutup kita dari paparan istilah-istilah gaul yang sering kita dengar. Semakin sering kita mendengarkan, bukan nggak mungkin semakin sering pula kita mengucapkan istilah tersebut. Tapi tahukah kamu banyak istilah yang udah berubah makna ketika diserap ke dalam bahasa Indonesia? Contohnya istilah kepo atau hoax. Banyak yang nggak tahu asal mulanya sehingga penggunaannya pun seringkali nggak tepat. Daripada salah dan sok tahu, mendingan kepoin aja nih.

1. Hoax

arenalte.com

Sekarang ini lagi ngetren banget istilah hoax. Biasanya hoax merujuk pada kabar yang diragukan kebenarannya atau dianggap sebagai kabar bohong. Oh iya, bacanya itu hoks ya bukan hoaks. Hoax berasal dari bahasa Inggris yang diperkirakan muncul pada tahun 1808 pertama kalinya. Konon, istilah hoax berasal dari kata hocus dalam mantra ‘hocus pocus’ yang artinya kurang lebih ‘sim salabim’-nya pesulap.

Kabar hoax pertama kali dilakukan oleh Johnatan Smith yang memprediksi hari kematian seorang astrolog John Patridge. Maksudnya sih untuk mempermalukan Patridge. Peristiwa hoax pertama ini terjadi pada tahun 1709. Kini istilah hoax sudah lazim digunakan untuk memberikan label bohong pada suatu kabar yang nggak kredibel. Bahkan, sering ada berita hoax tentang kabar hoax. Duh, ribet banget ya.

2. Narsis

hellosehat.com

Kalau biasanya istilah narsis merujuk pada orang yang senang selfie atau yang sombong dengan kecantikan atau ketampanan dirinya, justru sebenarnya narsis berawal dari nama orang lho. Yap, diceritakan bahwa dahulu kala ada seorang pemuda bernama Narcissus yang tampan rupawan. Karena dia merasa tampan, dia pun tumbuh menjadi pria yang sombong. Semakin disukai wanita, maka dia akan semakin sombong.

Singkat cerita, Narcissus ingin meminum air sungai. Ketika itu ia melihat pantulan wajahnya di permukaan air dan tiap kali dia akan meminum airnya maka wajahnya seketika terlihat berlipat-lipat. Inilah yang membuat Narcissus betah banget nongkrong di pinggir sungai karena nggak puas dan tentu untuk memuja ketampanannya. Sampai akhirnya dia meninggal dunia karena nggak makan dan minum, hanya sibuk bercermin. Jangan sampai kamu jadi orang senarsis Narcissus ya.

3. Ansos (Anti-sosial)

www.drsyrasderksen.com

Nah, kalau kata satu ini sebenarnya nggak ada sejarah yang berlika-liku seperti istilah hoax atau narsis. Ansos merupakan singkatan dari anti-sosial, yaitu suatu perilaku yang merujuk pada sesuatu yang sifatnya negatif. Sebenarnya, kata ansos di Indonesia sering disalahartikan dan disalahgunakan lho. Istilah ansos sering dikaitkan dengan orang yang pendiam, pemalu, tidak mau bergaul, atau istilah gaulnya adalah cupu (culun punya). Padahal ansos yang sebenarnya bukan begitu, guys!

Anti-sosial adalah perilaku gangguan psikologis, di mana orang yang anti-sosial biasanya menunjukkan perilaku agresif dan mengindikasikan kekerasan. Contoh sederhananya sih seperti premanisme, bullying, mencuri, merampok, dan kejahatan-kejahatan lainnya. Asal mula kata anti-sosial maksudnya adalah mereka yang anti terhadap lingkup sosial, jadi perilakunya nggak mencerminkan mereka sejalan dengan lingkungan sosial. Gitu guys. Jadi jangan salah lagi ya.

4. Kepo

safeguarde.com

Mungkin istilah kepo itu udah nggak asing lagi ya. Kepo sebenarnya adalah singkatan dari Knowing Every Particular Object alias pengen tahu setiap detail dari suatu hal. Jadi kepo sering merujuk kepada orang yang pengen tahu banget tentang sesuatu. Misalnya, kita gunakan dalam padanan kalimat ‘ngepoin akun instagram mantan pacar’ yang berarti kita lagi menelusuri akun Instagram mantan pacar hingga setiap foto-fotonya.

Tapi saat ini yang jadi dilema adalah ketika kita memberikan perhatian seperti menanyakan “tadi pulang sama siapa?” dikira kita kepo, padahal itu menunjukkan perhatian bukan sekedar ingin tahu aja. Hal-hal yang kayak gini yang membuat istilah kepo sering digunakan jaman sekarang karena setiap kita mengusik kehidupan pribadi seseorang kita bisa dikira kepo. Pengen tahu aja atau pengen tahu banget?

5. Jomblo

www.theodysseyonline.com

Tahukah kamu kalau kata jomblo sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yaitu jomlo yang artinya perawan tua? Artinya ini merujuk pada label perempuan yang udah berumur tapi nggak kunjung menikah. Tapi sekarang kata jomblo udah ditujukan untuk siapa aja, baik kepada laki-laki maupun perempuan. Istilah jomblo sekarang menggambarkan sosok seseorang yang masih sendiri alias belum punya pasangan.

Istilah jomblo pun sering menjadi guyonan atau bahan ledekan, karena predikat jomblo sering dikaitkan sebagai seseorang yang nggak laku-laku atau nggak ada yang mau. Padahal, mau punya pasangan atau nggak, itu kan nggak akan memengaruhi kualitas pribadi seseorang. Jadi, stastus jomblo atau nggak tetap bisa bahagia kok!

Itulah kelima istilah gaul yang sering kamu dengar atau bahkan sering kamu ungkapkan. Kalau kamu udah tahu makna dan sejarah di balik istilah tersebut, kamu bisa lebih bijak lagi menggunakan istilah tersebut. Misalnya nggak sembarangan melabeli seseorang yang lebih nyaman dengan diri sendiri sebagai orang yang ansos (anti-sosial) atau mudah mengatakan seseorang narsis hanya karena rajin posting foto selfie. Tapi kalau untuk kepo, justru kamu boleh banget kepo di website ini guys!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
100
SHARES
Inilah Penampakan Aurora di Seluruh Dunia yang Sangat Menakjubkan

Inilah Penampakan Aurora di Seluruh Dunia yang Sangat Menakjubkan

7 Orang yang Melakukan Operasi Plastik Agar Terlihat Mirip dengan Sang Idola

7 Orang yang Melakukan Operasi Plastik Agar Terlihat Mirip dengan Sang Idola

10 Foto Kehidupan Anak-anak di Korea Utara dengan Berbagai Macam Ekspresi

10 Foto Kehidupan Anak-anak di Korea Utara dengan Berbagai Macam Ekspresi

Inilah 7 Tren Kerja Generasi Millennial Jaman Sekarang, Kamu Siap Nggak?

Inilah 7 Tren Kerja Generasi Millennial Jaman Sekarang, Kamu Siap Nggak?

Ketika Bahasa Inggris Membuat Makanan dan Minuman Ini Jadi Mahal

Ketika Bahasa Inggris Membuat Makanan dan Minuman Ini Jadi Mahal

Inilah Kompetisi yang Berakhir dengan Kematian Para Kontestannya

Inilah Kompetisi yang Berakhir dengan Kematian Para Kontestannya

loading