Cara Ampuh Hadapi 7 Tipe Dosen yang Sering Kamu Temuin di Kampus!

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Dosen selalu memberi cobaan di luar batas kemampuan mahasiswanya" begitulah menurut pepatah yang beredar. Jika berbicara kuliah (tarik nafas), kita gak akan pernah bisa lepas dari tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Di dunia perkuliahan, kamu akan semakin banyak menghadapi tantangan beragam. Mulai dari pertemanan, lingkungan masyarakat, lingkungan akademik, termasuk menghadapi berbagai macam dosen yang bakal kamu temuin. Dosen juga manusia, memiliki karakter yang berbeda-beda. Kalo kamu nemuin sifat dosen yang galak, maka kamu harus pintar-pintar menghadapinya. Kalau enggak, maka suka gak suka, biasanya akan berpengaruh terhadap IPK kamu. Untuk menghindari itu, ada baiknya kamu ikutin cara menghadapi berbagai macam tipe dosen di bawah ini.

1. Tipe Standar (Normal)

Sumber Gambar

Dosen tipe ini paling sering ditemuin di kampus. Kadang kita semangat diajar oleh tipe dosen yang kayak gini, kadang juga ngantuk karena bosen di kelas. Datang ke kelas pun kadang tepat waktu kadang ngaret. Tampilannya juga biasa aja kayak orang-orang pada umumnya. Begitu juga ketika ujian, kamu harus belajar sesuai materi yang ia berikan. Kalo belajar kamu kemungkinan besar dapet A dan kalo kamu gak belajar ya dapet nilai D atau E. 

Cara Menghadapi: Belajar sebelum ujian, usahakan bertanya di dalam kelas agar diingat, dan bolos maksimal 3 kali dengan begitu nilai kamu dijamin aman terkendali.

2. Tipe Krispi (Garing)

www.maheraku.com

Dengan maksud mencairkan suasana, dosen tipe ini senang membuat lelucon-lelucon yang gak jelas dan sulit dipahami mahasiswa. Leluconnya kadang lucu, tapi lebih sering "krispi". Menghadiri kelas dosen seperti ini, lebih baik jangan pernah mengambil hati setiap leluconnya, apalagi kalau kita yang menjadi subjeknya.

Cara Menghadapi: Pura-pura tertawa ala penonton bayaran dengan jokes-jokes yang beliau lontarkan, kalo bisa ketawa sekenceng-kencengnya sambil melihat ke arah dosen. Dengan begitu beliau akan merasa dihargai.

3. Tipe Militer

Sumber Gambar

Kalo dosen tipe ini kedisiplinan adalah kunci utama. Datangnya selalu tepat waktu, bahkan 10 menit sebelumnya beliau sudah ada di kelas. Suasana kelas akan terasa sangat sunyi, jantung para mahasiswa akan berdetak lebih cepat dari biasanya, dan waktu akan terasa jauh lebih lama. Rasa ngantuk pun akan hilang dengan sendirinya. Ketika waktu mengajar tiba, kelas pun dimulai. Beliau akan mengabsen mahasiswanya satu persatu. Kalau kamu datang hanya 2 menit setelah absen selesai, akan dianggap tidak hadir kuliah. 

Cara Menghadapi: Mau gak mau kamu harus belajar lebih keras, pakaian rapi, tepat waktu, aktif di kelas, kurang-kurangin bolos dan titip absen, dengan begitu kamu nilai kamu akan terselamatkan.

4. Tipe Legend

Sumber Gambar

Dosen legend atau dosen yang sudah berumur di atas 50 tahun biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam pada mata kuliah yang ia ajarkan. Karena sudah tua, biasanya mereka tidak akan aneh-aneh ketika mengajar, simpel, santai, gampang titip absen dan lain-lain. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya, karena dosen tua lebih cepat lelah. Kelemahannya hanya satu, butuh waktu yang cukup lama untuk menyalakan laptop atau komputer. 

Cara Menghadapi: Ikut serta dalam membantu menyalakan laptop, komputer atau proyektor. Dengan seringnya kamu dalam membantu hal-hal kecil tersebut, kemungkinan besar mukamu akan mudah diingat. 

5. Tipe Gaib

Sumber Gambar

"Datang tak dijemput pulang tak diantar" kalimat itu cocok untuk mewakili dosen dengan tipe yang kaya gini. Dosen gaib itu biasanya punya kerjaan lain selain mengajar di kampus. Dosen tipe ini hanya mau ke kampus ketika ada jadwal mengajar. Keberadaannya sulit untuk diprediksi. Namun dosen tipe ini biasanya memberikan nilai bagus pada mahasiswa. 

Cara Menghadapi: Kalo kamu ada perlu dengan dosen tipe ini, kamu harus menyebar kertas pengumuman ke seluruh kampus, dengan begitu pasti ada orang yang memberi tau kamu keberadaan dosen gaib ini. 

6. Tipe PHP

Sumber Gambar

Istilah PHP gak cuma ada  di dalam sebuah hubungan aja. Dosen dengan tipe kaya gini emang sulit ditebak pergerakannya. Kita udah rajin ngikutin kelas mereka, nilai kuis pun bagus-bagus, daftar hadir gak lebih dari tiga, mereka pun baik banget sama mahasiswanya di kelas dan easy going. Tapi giliran pas ujian, entah apa salah kita, soal ujian yang bisa kita kerjain tau-tau dapet nilai jeblok. 

Cara Menghadapi: Terima dengan kepala dingin walaupun sulit. Kadang emang harus ada jatuh bangunnya buat dapetin nilai yang kita inginkan. Kalo pada akhirnya dosen ngasih kita nilai yang gak objektif kita bisa complain ke mereka. Kasih penjelasan pelan-pelan saat minta perbaikan nilai. Begitu kamu disuruh buat perbaikan nilai, jangan ngeluh! Segera lakuin.

7. Tipe Baik

Sumber Gambar

Dosen tipe ini adalah dosen yang paling dicintai mahasiswanya. Gak pelit nilai, berwawasan luas, kalo ngawas ujian gak ketat, enggak ngebosenin dan di akhir kamu dapet nilai A. 

Cara Mengahadapi: Jangan ngelunjak!

Itulah 7 tipe dosen yang mungkin sering kamu jumpai di kampus. Pada dasarnya semua dosen itu baik, hanya cara menyampaikan ilmunya saja yang berbeda-beda. Kalo kamu jadi dosen, kira-kira kamu termasuk tipe yang mana?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
30
SHARES
7 Miss Jepang ini Bakal Bikin Mata Kamu Ketagihan! Sumpah Cantik Banget!

7 Miss Jepang ini Bakal Bikin Mata Kamu Ketagihan! Sumpah Cantik Banget!

Inilah Momen-momen Sial yang Bikin Kamu Sakit Hati Lebih Daripada Diputusin Pacar! (Part 2)

Inilah Momen-momen Sial yang Bikin Kamu Sakit Hati Lebih Daripada Diputusin Pacar! (Part 2)

Kumpulan Foto Orang Mabok yang Diisengin Ini Buat Kamu Tertawa Terbahak-bahak

Kumpulan Foto Orang Mabok yang Diisengin Ini Buat Kamu Tertawa Terbahak-bahak

Ada Berita Nih, Ternyata 10 Negara Ini Punya Tingkat Pemerkosaan Paling Besar!

Ada Berita Nih, Ternyata 10 Negara Ini Punya Tingkat Pemerkosaan Paling Besar!

Harga Fashion Item Raffi Ahmad dan Keluarganya Ini Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Harga Fashion Item Raffi Ahmad dan Keluarganya Ini Bakal Bikin Kamu Tercengang!

7 Miliarder Ini Punya Gaya Hidup Sederhana, Kamu Nggak Bakalan Percaya!

7 Miliarder Ini Punya Gaya Hidup Sederhana, Kamu Nggak Bakalan Percaya!

loading