Bukan Hanya Belajar Menghafal, Inilah 7 Cara Agar Lebih Cepat Menguasai Bahasa Asing

www.kidspots.ro
Line Yukepo.com

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kita dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing yang umum digunakan seperti Bahas Inggris, Bahasa Mandarin dan beberapa bahasa lainnya yang juga populer. Penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris tentu akan menjadi nilai tambah untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan multinasional atau di luar negeri. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa belajar bahasa asing akan membantu otak kita untuk terus berkembang dan membuat kita nggak cepat pikun.

Masalahnya, belajar bahasa asing di usia dewasa tentu lebih sulit. Karena ingatan kita udah banyak, memasukkan informasi baru ke dalam memori pasti jadi kendala tersendiri. Apalagi bahasa asing yang kita pelajari bukanlah bahasa yang bisa kita gunakan sehari-hari. Tapi bukan berarti kamu nggak mungkin mempelajari bahasa asing secara cepat dan lancar. Asalkan ada kemauan, kamu bisa kok menguasai bahasa asing lebih cepat dengan cara berikut:

1. Pilih bahasa asing mana yang ingin kamu kuasai dan alasannya

www.linkedin.com

Salah satu cara efektif dalam mempelajari sesuatu yang baru adalah kamu harus tahu apa yang ingin kamu pelajari dan kenapa kamu harus mempelajarinya. Pentingnya apa untuk kamu? Kenapa kamu tertarik belajar bahasa itu? Misalnya kamu tertarik ingin menguasai bahasa Korea biar kalau nonton drama Korea nggak perlu baca subtitle. Atau kamu harus menguasai bahasa Jerman karena kamu ada rencana melanjutkan sekolah di sana. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk terus belajar sampai menguasai. Kalau hanya ingin belajar tanpa tujuan, kecil kemungkinan kamu akan betah mempelajari semuanya.

2. Gunakan gambar dalam menghafal kata-kata

candychang.com

Kalau kamu pernah melihat anak kecil belajar kata-kata dengan kartu bergambar, kamu juga bisa lho meniru gaya belajar kayak gitu! Ini efektif banget karena kamu akan membayangkan dan mencocokkan kata dan bendanya atau perilakunya. Jadi, ketika kamu mengingat-ingat, bayangan gambar yang pernah kamu pelajari tersebut akan muncul dan membantu kamu dalam mengingat katanya. Misalnya, kamu akan lebih mudah mengingat kata “seragam sekolah” kalau dibarengi dengan gambar pakaian seragam sekolah ketika menghafal.

3. Menonton film atau mendengarkan lagu bahasa asing tersebut

globalvideohq.com

Selain harus belajar menghafal, membaca, berbicara dan menulis, kita juga harus belajar mendengarkan. Salah satunya dengan media film, video, atau lagu berbahasa asing tersebut. Dengan begitu, kita akan lebih familiar dengan bahasanya. Kita pun jadi lebih mudah menguasainya karena melalui suara, kita bisa mengerti kalimat dan konteks bahasanya. Sama kayak bahasa Indonesia, misalnya kata “sila” bisa berarti banyak tergantung konteks kalimatnya. Begitupun bahasa asing, mungkin ada aja kata yang sama persis namun penggunaannya tergantung konteks.

4. Ngobrol sendiri sebagai latihan

www.anxiety.org

Ngobrol dengan diri sendiri itu membantu kita dalam mengucapkan dan menghafalkan. Dengan ngobrol sendiri, kita juga bisa tahu apakah kita bisa memahaminya dengan lancar atau nggak. Kamu bisa lakukan ini di depan cermin. Anggaplah bayangan kamu di cermin itu orang asing yang akan kamu ajak ngobrol. Kamu pun bisa berlatih ekspresi, karena berbahasa juga perlu ekspresi. Nggak mungkin dong kamu ngucapin kalimat “I’m so happy!” dengan wajah yang datar atau sedih?

5. Jangan takut salah, latihan terus aja

lifecheating.com

Mungkin hal yang paling bikin bete ketika belajar bahasa asing adalah sering salah. Jangan cepat menyerah, karena kita nggak mungkin banget bisa menguasai bahasa asing baru dalam sekali belajar. Nggak apa-apa salah, namanya juga belajar. Yang salah adalah ketika kamu menyerah dan nggak mau melanjutkan hanya karena sering salah. Kalaupun dirasa bahasa asing yang kamu pelajari itu terlalu sulit buat kamu, mungkin kamu nggak perlu terburu-buru. Santai aja tapi tetap latihan!

6. Latihan setiap sebelum tidur

papasemar.com

Tahukah kamu, ketika tidur adalah waktu terbaik bagi otak untuk menyimpan seluruh informasi sebelumnya ke dalam memori jangka panjang. Itulah mengapa kita dianjurkan belajar sesuatu yang sifatnya hafalan sebelum tidur agar penyerapannya lebih baik. Kamu bisa lakukan setiap hari sebelum tidur malam selama 30-60 menit. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menghafal secara akurat. Kuncinya adalah rutin. Percuma aja kalau kamu belajar hari ini terus besoknya nggak belajar, baru minggu depan belajar lagi. Sedikit-sedikit yang penting rutin itu lebih penting dan lebih mantap lho.

7. Baca buku atau cari teman untuk saling berlatih

bucurestifm.ro

Baca buku itu modal utama dalam menguasai bahasa asing. Buku novel, kamus saku, ataupun komik dengan bahasa yang sedang ingin kamu kuasai akan membuat kamu lebih mudah menghafal. Selain itu, kamu juga perlu teman untuk berlatih. Lebih bagus lagi kalau temanmu juga sedang mempelajari bahasa asing yang sama. Kamu bisa masuk klub bahasa, les bahasa asing, atau yang paling keren cari teman yang berbahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa Italia lalu kamu kenalan dengan orang Italia melalui media online. Mintalah dia untuk membantumu belajar bahasa Italia. Pilihlah orang asing yang bisa berbahasa Inggris agar lebih mudah.

Ingat ya, yang terpenting adalah proses belajarnya. Kamu nggak perlu tergesa-gesa demi menguasai suatu bahasa asing. Santai aja, karena kalau kamu stress dan ingin cepat mahir kamu malah sulit dalam belajar. Kalau menurutmu belajar sendiri nggak sanggup, kamu bisa ikutan les bahasa asing di lembaga terpercaya. Jadi, mau belajar bahasa apa nih? Bahasa kalbu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
22
SHARES
Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

7 Mansion yang Ada di Dunia Ini Penuh Kreasi yang Super Mewah Gila-gilaan

7 Mansion yang Ada di Dunia Ini Penuh Kreasi yang Super Mewah Gila-gilaan

Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

“Kok Kejadiannya Sama Persis? Kayaknya Pernah, Deh!” Inilah Penjelasan Menarik Tentang Dejavu

“Kok Kejadiannya Sama Persis? Kayaknya Pernah, Deh!” Inilah Penjelasan Menarik Tentang Dejavu

loading