Bukan Cuma Pacar, Orang Tuamu Juga Butuh Perhatian. Lakukan 6 Hal Ini Deh!

www.caringtreechildrensdentistry.com
Line YuKepo.com

Halo pembaca setia YuKepo! Ada sebuah istilah, “Kita terlalu sibuk bertumbuh, sampai kita lupa kalau orang tua kita juga menua.” Itu membuat kita lupa kalau orang tua kita juga membutuhkan perhatian kita. Eits, bukan berarti harus berhenti bekerja, atau ngasih sesuatu yang besar dan mahal. Kalau kamu masih bingung apa yang bisa kamu kasih ke orang tua mu, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Jadilah versi terbaik dirimu

id.pinterest.com

Nggak bisa dipungkiri, keadaan kita sekarang nggak bisa terpisahkan dari keadaan orang tua kita. Apapun yang terjadi kepada kita saat ini, pastinya akan dikaitkan dengan bagaimana orang tua kita memperlakukan kita di masa lalu. Kalau kita baik, pastinya orang tua kita dinilai sukses. Sebaliknya, kalau kita menyebabkan kerugian bagi sesama, orang tua kita juga dinilai tidak becus mendidik anak-anaknya.

Kalau kita sudah mulai tinggal jauh dari orang tua, hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah berjanji pada diri kita sendiri bahwa kita akan selalu jadi yang terbaik. Mungkin kamu memilih jadi seorang desainer mode, sekretaris, atau bahkan penari. Nggak ada yang salah dari semua pilihan itu, meskipun bisa aja ditentang sama lingkungan. Yang pasti, kamu harus buktiin kalau orang tuamu telah membesarkanmu dengan baik.

2. Berbahagia!

id.pinterest.com

Banyak anak yang nggak sadar kalau orang tua hanya ingin anaknya bahagia. Nah, buat kamu yang pas lagi ada di rumah, atau emang masih tinggal serumah, usahakan selalu tunjukkan senyum setiap bangun pagi sebagai bentuk perhatianmu kepada orang tua. Kalau kamu dihubungi orang tua, usahakan untuk tunjukkan kebahagiaan yang jujur kepada orang tuamu.

Memang, kadang ada keadaan sulit yang nggak bisa dipungkiri. Dalam keadaan seperti itu, tetap usahakan untuk positif dan berbahagia. Kalau ingin menangis, alirkan kesedihan dengan benar, dan akhiri dengan diskusi positif, seperti. “Tapi biar gimanapun, aku yakin aku bisa kok.” Itu sudah menjadi hadiah terbesar bagi orang tuamu.

3. Penghargaan

bouncebackparenting.com

Hayo, kapan terakhir kali kamu bilang “Terima Kasih” atau memuji kedua orang tuamu? Apapun yang pernah terjadi, orang tua telah mengusahakan yang mereka bisa untukmu. Jadi, setiap kali kamu menerima masakan buatan orang tua, atau hadiah kecil yang masih mereka berikan padamu padahal udah dewasa, selalu bilang, “Terima Kasih”. Pujilah orang tuamu juga sesekali. Itu akan membuat mereka merasa dicintai.

4. Prioritas
www.newzeb.com

Ada keanehan yang sering terjadi di mana seseorang merasa dirinya terlalu “sibuk” untuk menghubungi kedua orang tuanya, tapi selalu sempat untuk menghubungi teman di media sosialnya. Padahal, tahukah kamu, waktu yang bisa dipakai bersama orang tuamu amat terbatas.

Jadi, dalam keadaan apapun, usahakan untuk selalu menghubungi kedua orang tuamu. Pesan singkat di sistem pesan singkat seperti, “Sedang apa, ma?” sudah sangat membahagiakan bagi mereka. Atau, bisa juga kamu menelpon mereka. Jangan selalu menunggu buat di telepon atau dicari orang tua, sesekali kita yang inisiatif menghubungi mereka. Sudahkan kamu memberikan perhatian kepada orang tuamu hari ini?

Selain itu, selalu sempatkan waktu untuk bertemu dengan mereka. Sisihkan waktu untuk pulang atau makan siang bersama. Di usia mereka yang semakin menua, mereka sering kali hanya butuh teman bicara. Berikan waktumu kepada mereka, karena waktu adalah hadiah terbesar yang bisa kamu berikan kepada seseoran

5. Berikan bantuan kepada orang tua
247wallst.files.wordpress.com

Nggak sedikit orang yang suka mengacuhkan orang tua. Contoh sederhananya aja, kadang kita sering lupa membelikan titipan orang tua, menunda-nunda saat dimintai tolong, atau bahkan cari-cari alasan supaya bisa lepas dari tugas mengantar atau menemani mama pergi belanja. Padahal, coba deh inget, kalau kita emang pas butuh banget, pernah nggak sih orang tua nggak ngebantuin kita? Jangan menunda-nunda ya. Kalau bisa menolong orang tua, lakukan sekarang juga.

6. Doakan mereka

vision.org.au

Nah, pada akhirnya, yang bisa melindungi dengan sempurna hanya Tuhan. Makanya, jangan pernah lupa untuk mendokan kedua orang tua kita. Mungkin kesannya sederhana, tapi hal itu sangat berarti. Lagipula, mereka juga diam-diam selalu mendoakan kita, lho. Doa merupakan salah satu bentuk perhatian yang mujarab.

 

Jadi, apa bentuk perhatianmu kepada orang tua? Setelah membaca artikel ini semoga kamu bisa lebih peduli terhadap orang tua, karena bentuk perhatian bisa diwujudkan dengan cara apa saja.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
26
SHARES
Fakta-fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jack Ma, Founder Alibaba Sebelum Sukses

Fakta-fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jack Ma, Founder Alibaba Sebelum Sukses

Cinta Pada Pandangan Pertama, Benar Adanya atau Hanya Khayalan Kamu Aja?

Cinta Pada Pandangan Pertama, Benar Adanya atau Hanya Khayalan Kamu Aja?

Lakukan Kegiatan Ini Biar Weekend-mu Seru, Nggak Cuma Guling-Guling di Kasur Melulu

Lakukan Kegiatan Ini Biar Weekend-mu Seru, Nggak Cuma Guling-Guling di Kasur Melulu

Orangtua Ragu Melepaskanmu Kuliah di Luar Kota? Begini Cara Meyakinkan Mereka

Orangtua Ragu Melepaskanmu Kuliah di Luar Kota? Begini Cara Meyakinkan Mereka

Jangan Malu Diejekin 'Jomblo Abadi' Karena Ternyata Menjomblo Itu Baik Untuk Kesehatan

Jangan Malu Diejekin 'Jomblo Abadi' Karena Ternyata Menjomblo Itu Baik Untuk Kesehatan

Inspiratif! Lelaki Asal Banyuwangi Jadi Fotografer Handal Meski Tanpa Tangan dan Kaki

Inspiratif! Lelaki Asal Banyuwangi Jadi Fotografer Handal Meski Tanpa Tangan dan Kaki

loading