Buat Kamu Anak 90-an, Masih Ingat Gak Buku-buku Legendaris Zaman SD Ini?

keepo.me
Line YuKepo.com

Masa-masa SD memang paling seru untuk dikenang. Betapa banyaknya kenangan indah yang ada di dalamnya. Bukan hanya tentang sekolah, namun juga tentang kebiasaan kita ketika di luar sekolah. Dari mulai permainan, jajanan, tontonan, hingga pelajaran pun menjadi kenangan indah yang sulit untuk dilupakan. Tentunya buat kamu anak-anak era 90-an masih sedikit ingat walaupun samar-samar dengan kegiatan di sekolah dulu. Seperti upacara, olahraga, sampai senam SKJ pun menjadi bagian dari kenangan masa lalu.

Jika mengingat pelajar-pelajaran sekolah zaman SD, terasa begitu mudah dan tak pernah membuat kita pusing. Pada saat itu, pelajarannya pun hanya terdiri dari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Penjaskes, PPKN, Agama, dan Kesenian. Di zaman SD, semua pelajaran biasanya diajar oleh satu guru. Jadi seorang wali kelas bisa mencakup segala bidang pengetahuan, terkecuali Penjaskes. Ketika zaman SD dulu, menulis adalah sesuatu yang masih sering dilakukan. Rasanya kita selalu bersemangat ketika guru menyuruh kita untuk merangkum beberapa halaman dari buku pelajaran.

Buku pelajaran zaman 90-an masih disediakan oleh pihak sekolah, mungkin hanya beberapa murid saja yang memiliki buku pelajaran sendiri. Sisanya dibagikan dari sekolah saat jam pelajaran. Namun, masih ingatkah kamu dengan berbagai macam buku pelajaran zaman SD dulu? Seperti buku pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan lain-lain. Nah, berikut penampakan buku-buku legendaris zaman SD yang bikin kita kangen sekolah lagi.    

1. Buku Matematika kelas 6

www.brilio.net

Masih ingatkah kamu dengan buku ini? Buku ini menjadi buku yang dianggap paling menyeramkan oleh para siswa SD. Salah satu pelajaran pokok ini menjadi pelajaran yang paling sering dijadikan PR oleh para guru. Maka tak heran jika isi dari buku pelajaran matematika akan banyak coretan angka-angka. 

2. IPS kelas 4 SD

keepo.me

Jika dilihat dari cover bukunya saja kamu langsung teringat dengan suasana kelas pada saat masih duduk di bangku SD. Mungkin kamu masih ingat dengan pelajaran yang ada di dalamnya, seperti sejarah tentang Hindu-Buddha ketika datang ke Indonesia dan masih banyak sejarah dan pengetahuan geografi lainnya. 

3. Penjaskes untuk kelas 1 SD

keepo.me

Pendidikan kesehatan atau Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) menjadi salah satu pelajaran yang paling dinanti-nanti oleh para siswa. Karena pelajarannya yang santai dan sering dihabiskan di luar kelas membuat buku pendidikan kesehatan jarang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Mungkin hanya digunakan saat guru olahraga memberikan tugas atau PR.

4. Buku pelajaran PPKN kelas 4 SD

www.brilio.net

Bisa dikatakan pelajaran PPKN adalah pelajaran yang paling mudah untuk dipelajari. Karena PPKN di zaman SD kita untuk menjadi warga negara yang baik dan peduli kepada orang lain. Mungkin kamu masih ingat dengan sifat-sigat yang diajarkan dalam buku PKN, seperti tenggang rasa, toleransi, musyawarah untuk mufakat, dan lain-lain.

5. Buku peta dunia zaman SD

keepo.me

Seperti judulnya, buku ini berisikan tentang peta dan letak negara-negara di dunia serta berbagai macam kebudayaan yang ada di dunia, termasuk Indonesia.

6. Isi dari buku Bahasa Indonesia

keepo.me

Masih ingatkah kamu dengan gambar serta isi cerita yang ada di dalam buku Bahasa Indonesia ini? Bahasa Indonesia memang menjadi salah satu pelajaran membaca dan menulis, jadi tak heran jika banyak cerita serta dongeng di dalam buku pelajarannya.

7. Buku pelajaran IPA

www.brilio.net

Sebelum adanya Kimia, Fisika, serta Biologi, semua pelajaran tersebut tergabung menjadi satu dalam pelajaran IPA. Masih belum memusingkan seperti pelajaran IPA di SMA, IPA zaman SD masih mudah untuk dipelajari. Bahkan IPA menjadi salah satu pelajaran yang paling banyak digemari para siswa. 

8. Buku pelajaran Bahasa Indonesia

www.brilio.net

Masih ingatkah kamu dengan buku pelajaran yang satu ini? Yup, Bahasa Indonesia merupakan pelajaran pokok yang mengajarkan cara mmbaca serta menulis dengan baik dan benar. Dari buku inilah nama Ani dan Budi menjadi terkenal di kalangan anak-anak SD zaman dulu.

9. Buku Tabungan

www.brilio.net

Buku legendaris yang satu ini juga gak bisa dilupakan begitu saja. Walaupun isi tabungannya tidak seberapa, namun buku tabungan ini menjadi buku era 90-an yang paling dirindukan. Mungkin zaman SD dulu kamu setiap harinya gemar menabung Rp 500, Rp 1.000, Bahkan ada juga yang cuma nabung RP 100 setiap harinya. Masih ingatkah uang tabunganmu zaman SD dipakai untuk apa?

Gimana, masih inget kan sama buku-buku legendaris di atas? Beberapa buku di atas bahkan pernah kita corat-coret ketika merasa bosan di dalam kelas. Gambar ilustrasi yang khas membuat kita teringat masa-masa di dalam kelas zaman SD.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
37358
SHARES
Cantik, Seksi, Kaya Raya, Inilah 11 Wanita Mandiri dengan Kekayaan Bak Miliarder

Cantik, Seksi, Kaya Raya, Inilah 11 Wanita Mandiri dengan Kekayaan Bak Miliarder

Inilah Orang-orang yang Diduga Merupakan Identitas Asli dari William Shakespeare

Inilah Orang-orang yang Diduga Merupakan Identitas Asli dari William Shakespeare

Inilah 7 Ritual Unik Pemanggil Hujan dari Berbagai Negara

Inilah 7 Ritual Unik Pemanggil Hujan dari Berbagai Negara

Inilah Foto Perbedaan KRL Zaman Dulu dan Sekarang, Terlihat Jauh Berbeda

Inilah Foto Perbedaan KRL Zaman Dulu dan Sekarang, Terlihat Jauh Berbeda

7 Negara Ini Memiliki Peraturan Lalu Lintas Paling Unik di Dunia

7 Negara Ini Memiliki Peraturan Lalu Lintas Paling Unik di Dunia

Inilah Lagu Anak Tahun 90-an yang Bikin Kamu Merindu

Inilah Lagu Anak Tahun 90-an yang Bikin Kamu Merindu

loading