Bolehkah Kita Berolahraga Saat Berpuasa? Beginilah Olahraga yang Tepat Tanpa Takut Dehidrasi

www.nowloss.com
Line Yukepo.com

Banyak yang mengira bahwa berpuasa juga bisa dimanfaatkan untuk diet agar berat badan bisa berkurang. Padahal kalau saat berbuka puasa kita makan makanan dengan jumlah yang banyak seolah-olah balas dendam setelah menahan lapar seharian penuh, berat badan kita justru lebih mudah naik. Oleh karena itu, sebenarnya kita harus tetap sehat ketika berpuasa. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan dan berolahraga. Tapi, pasti muncul pertanyaan: boleh nggak sih kita berolahraga saat berpuasa dan gimana caranya biar nggak lemas?

www.chopra.com

Perlu kamu ketahui kalau yang namanya berpuasa, tentu kita akan lebih mudah dehidrasi. Sebenarnya boleh-boleh aja kok berolahraga saat berpuasa, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kalau di luar bulan puasa kamu berolahraga berat seperti fitness, main futsal, senam aerobik, atau olahraga berat lainnya kamu harus pertimbangkan seberapa melelahkan olahraga tersebut. Kalau dirasa nggak mampu, kamu bisa beralih ke olahraga yang lebih ringan seperti jogging, renang, atau yoga. Bahkan kamu bisa berolahraga dengan beberes rumah atau sekedar jalan kaki.

fattafit.wordpress.com

Selain pemilihan jenis olahraga, kamu juga bisa memperkirakan durasi dan intensitas olahraga. Seberapa lama sebaiknya kamu berolahraga? Semuanya tergantung dari kemampuan fisik masing-masing. Semakin sering kamu berolahraga maka fisikmu akan semakin kuat. Agar nggak dehidrasi, kamu bisa olahraga selama 15-30 menit sehari. Lebih baik melakukan olahraga sebelum berbuka puasa dan dijadikan ngabuburit. Lagi capek-capeknya kamu bisa langsung buka puasa deh.

www.qraved.com

Nah, agar puasamu lancar dan tubuh tetap bugar, usahakan untuk minum yang banyak sebelum tidur dan saat sahur. Makan buah yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka, melon, buah naga, jeruk sebelum makan nasi juga sangat dianjurkan. Hal ini akan membuatmu terhindar dari dehidrasi. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat saat sahur. Hindari makan makanan yang mengandung banyak garam dan minyak. Kamu juga bisa minum susu untuk menambah energi.

Memang nggak ada larangan dalam berolahraga saat berpuasa. Tapi semuanya harus dipertimbangkan, jangan sampai berolahraga malah membuatmu batal puasa dan melalaikan kewajiban ibadah lainnya. Berolahraga secara teratur akan membuat kamu jadi lebih bugar dalam menjalani puasa lho.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
31
SHARES
10 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Cowok Itu Gak Takut Mati

10 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Cowok Itu Gak Takut Mati

Wajib Bahagia! Menikah dengan Pria Batak Itu Tidak Ada Ruginya

Wajib Bahagia! Menikah dengan Pria Batak Itu Tidak Ada Ruginya

10 Quotes Kontroversial Ala Bob Sadino yang Menginspirasi Banyak Orang ‘Goblok’

10 Quotes Kontroversial Ala Bob Sadino yang Menginspirasi Banyak Orang ‘Goblok’

Keren! 10 Foto Ini Diambil Sedetik Sebelum Malapetaka Datang

Keren! 10 Foto Ini Diambil Sedetik Sebelum Malapetaka Datang

Jangan Asal Percaya, 5 Mitos Aneh Seputar Menstruasi Ini Perlu Kamu Ketahui

Jangan Asal Percaya, 5 Mitos Aneh Seputar Menstruasi Ini Perlu Kamu Ketahui

10 Foto Kahiyang Ayu, Putri Jokowi yang Sudah Siap Menikah

10 Foto Kahiyang Ayu, Putri Jokowi yang Sudah Siap Menikah

loading