Bisnis Oleh-oleh Kue Para Artis Ini Bikin Usaha Oleh-oleh Khas Daerah Terancam

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Akhir-akhir ini ada tren baru yang sedang marak dilakukan oleh beberapa artis ibu kota, yaitu membuat bisnis makanan oleh-oleh khas daerah. Sebutlah Medan Napoleon milik Irwansayah, Surabaya Snowcake milik Zaskia Sungkar, Malang Strudel milik Teuku Wisnu, Mamahke Jogja milik Zaskia Mecca, dan masih banyak lagi artis-artis yang membuka bisnis oleh-oleh di berbagai kota besar di Indonesia. Kejelian para artis dalam melihat peluang bisnis makanan ini ternyata dinilai netizen dapat membuat oleh-oleh khas daerah terancam, benarkah?

www.instagram.com

Banyak yang mendukung dan menantikan oleh-oleh hits dari para artis ini. Mereka penasaran dan ingin segera mencicipi kue-kue tersebut. Dari tampilannya memang sangat menggiurkan dan membuat lapar. Tak heran jika konsumen rela antre berjam-jam untuk membeli oleh-oleh tersebut. Terlebih dengan iming-iming dapat bertemu dengan artis idolanya di toko tersebut, pengunjung rela antri bahkan sebelum toko tersebut buka.

@rofiyanikalani : “Semarang kapan dibuka Mba? Mboten sabar kulo pingin nyubo :* :*”

@fibriyaayuuu : “ Ga sabar nunggu hehe....”

www.instagram.com

Namun di tengah euforia masyarakat tentang oleh-oleh kekinian artis ini, ada beberapa netizen yang khawatir makanan tradisional khas kota tersebut akan tergeser oleh-oleh kekinian tersebut.

@sausan_abdat : “ Kasian banget padahal masyarakat yg asli daerah situnya, mereka mengatas namakan itu adalah oleh” khas daerahnya padahal bahan yg mereka pake pun bukan berasal dari pangan lokal khas sana, bahkan kue mereke lebih ke barat, okelah di modif tapi kasian umkm yang jual oleh” emng khas disananya kalah saing sama mereka yang artis, mereka menang banyak kerena mereka udah tenar sebagai artis jadinya pada beli , ini jadinya malah bisa menghilangkan makanan khas sana yang biasanya buat oleh”, kasian ihhh parah banget deh pangan lokal mulai punah :’( “

@risska_s : “ kasihan aklo sampe nanti oleh2 lokal (khas daerah masing2 malah ga laku) padahal yg mereka2 itu kan bukan khas daerah, semoga org2 ga tergiur hanya karna pengen kekinian “

www.instagram.com

Meskipun banyak artis yang membuat oleh-oleh kekinian di beberapa daerah, tapi makanan khas daerah tetap masih punya tempat di hati para traveller. Rasa makanan khas daerah yang spesial membuatnya masih menjadi pilihan untuk oleh-oleh para wisatawan di kota.

@lilis_aw : “Cuman yg latah sama makanan kekinian aja kayanya yg sampe2 rela antri berjam2 buat beli kue2 kaya gitu.. ke Jogja aku lebih suka beli Bakpia, ke Semarang beli lumpia, wingko, ato moaci wijen.. ke Surabaya mending beli bandeng asap, beli keripik2nya.. yg unik dan otentik dari masing2 daerah itu lebih cocok buat dijadikan buah tangan, karena ga bakal ditemuin di daerah lain..”

Meskipun bisnis oleh-oleh kue artis sedang menjamur, tapi makanan khas daerah ternyata tetap diminati oleh wisatawan yang datang ke kota tersebut. Warga lokal khususnya anak muda seharusnya tertantang untuk mengembangkan makanan lokal daerah agar dapat bersaing dengan oleh-oleh kekinian yang sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Siap berkompetisi dengan oleh-oleh kekinian? Dengan cita rasa yang khas dan nilai budaya yang tinggi ditambah dengan inovasi serta promo yang menarik, makanan khas daerah pasti tetap menjadi primadona untuk dijadikan oleh-oleh.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
35
SHARES
Konser Ariana Grande Dibom, Bagaimana Reaksi Netizen Indonesia?

Konser Ariana Grande Dibom, Bagaimana Reaksi Netizen Indonesia?

Inilah Kantor-kantor Unik di Seluruh Dunia yang Dibuat Sangat Spektakuler

Inilah Kantor-kantor Unik di Seluruh Dunia yang Dibuat Sangat Spektakuler

Inilah Negara-negara dengan Pemandangan Langit yang Sangat Indah

Inilah Negara-negara dengan Pemandangan Langit yang Sangat Indah

9 Lukisan dengan Pemandangan Sawah Era 90-an Ini Bikin Kangen Masa Kecil Dulu

9 Lukisan dengan Pemandangan Sawah Era 90-an Ini Bikin Kangen Masa Kecil Dulu

7 Hal Ngangenin Saat Pertama Kali Masuk Sekolah, Kamu Masih Ingat?

7 Hal Ngangenin Saat Pertama Kali Masuk Sekolah, Kamu Masih Ingat?

10 Gambar Ini Menunjukkan Hasil Perjuangan Melawan Anoreksia

10 Gambar Ini Menunjukkan Hasil Perjuangan Melawan Anoreksia

loading