Berikut Beberapa Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Orang Psikopat!

Edited By Admin

Psikopat dalam artian yang luas, merupakan kecenderungan psikologis pada seseorang yang tidak memiliki rasa takut, empati, dan bahkan tidak memiliki perasaan sedih atau haru. Dibekali dengan kemampuan otak yang lebih jika dibandingkan dengan orang pada umumnya, para psikopat biasanya tidak memiliki keraguan untuk menipu, memanipulasi pikiran, atau bahkan melukai orang lain. Istilah psikopat sendiri ditemukan dan diresmikan pada awal abad ke-19, saat itu dokter-dokter rumah sakit jiwa memberikan penjelasan bahwa mereka adalah “orang gila” tapi dalam kesehariannya tidak menunjukkan perilaku-perilaku yang menunjukkan kegilaan pada umumnya. Makanya, kecenderungan ini emang nggak bakal ketahuan kalau kita cuma nilai mereka dari keseharian mereka bersama orang lain saja. Nah, tapi jangan takut duluan sama para psikopat ini. Soalnya, kecenderungan psikopat juga ada tingkatannya lho. Jadi, kalau tiba-tiba kamu mengetahui bahwa temen kamu tuh psikopat tapi masih dalam taraf yang rendah, dia tidak akan terlalu berbahaya, dan emosi-emosi manusia masih bisa mereka rasakan meskipun tidak sesignifikan orang pada umumnya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang psikopat, dan bagaimana cara mengklasifikasikan mereka!

1. Psikopat atau Sosiopat?

Edited By Admin

Orang-orang kebanyakan memang seringkali menukarbalikkan definisi antara psikopat dengan sosiopat, sehingga orang jadi sering kebingungan untuk membedakannya. Keduanya memang memiliki ciri yang serupa, yaitu sama-sama memiliki kecenderungan untuk menjadi anti-sosial. Hanya saja, sosiopat lebih menggunakan emosi dalam menghadapi dunianya, berbeda dengan psikopat yang cenderung lebih dingin perasaannya. Jika sosiopat memiliki masalah diorganisasi dengan struktur sosialnya sehingga seringkali mengalami masalah ketika berhadapan dengan lingkungan sekitarnya, psikopat justru dapat memanipulasi dirinya untuk bisa meleburkan diri ke dalam masyarakat.

2. Apakah ada faktor keturunan?

Edited By Admin

Ada sebuah teori yang menganggap bahwa faktor keturunan langsung kemungkinan besar tidak dapat mempengaruhi di era sekarang, tapi bisa jadi kecenderungan tersebut dibawa dari generasi di masa lampau. Pada zaman dimana manusia masih bersifat barbar, tentunya kebanyakan pria akan berusaha untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai pria yang kuat dan dapat menaklukkan musuh siapapun. Kecenderungan untuk menaklukkan orang lain itu lah yang konon dapat bersembunyi dalam gen dan bakalan mempengaruhi keturunannya, entah di generasi ke berapa. Tapi tentunya warisan genetik ini tidak hanya berdiri sendiri sebagai pembawa sifat psikopat, masih banyak faktor lain seperti lingkungan yang dapat memicu kelainan jiwa ini.

3. Kebanyakannya pria atau wanita?

Edited By Admin

Ternyata, perbandingan jumlah antara psikopat pria dan wanita yang tercatat hingga kini di dunia tuh bisa sampai 20:1 lho! Tapi itu untuk yang tercatat ya, soalnya perlu diingat juga kalau jumlah yang tersebar di seluruh dunia sendiri belum pasti. Meskipun begitu, ada penjelasan secara sains untuk perbandingan jumlah ini. MAOA, adalah nama yang diberikan kepada gen yang mewakili kecenderungan sikap agresif, kekerasan, dan psikopat dalam ilmu biologi. MAOA dapat dinetralisir atau melewati kromosom X yang terdapat baik pada pria maupun wanita. Karena wanita memiliki rumusan kromosom XX, kemungkinan adanya gen MAOA pun bakalan lebih sedikit jika dibandingkan dengan pria yang memiliki rumus kromosom XY sehingga gen ini dapat dengan mudah merasuki kejiwaan para pria.

4. Apa itu Dopamine?

Edited By Admin

Dopamine adalah salah satu dari neurotransmitter pada otak yang berfungsi untuk memberikan rangsangan rasa nikmat. Dopamine lah yang selama ini mengaktifkan kepuasan manusia ketika sedang makan, berhubungan seks, berolahraga, dll. Dopamin juga sering dikaitkan dengan mood seseorang dalam menjalani aktivitasnya. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Vanderbilt, Nashville, memperlihatkan bahwa psikopat memiliki produksi dopamine yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang non-psikopat. Meskipun dopamine bukan menjadi penyebab utama dari sifat psikopat, tapi kombinasinya dengan sikap yang dingin dan tanpa emosi dapat menyebabkan kesenangan-kesenangan yang sangat tidak wajar, dan seringkali dikaitkan dengan tindak kriminal.

5. Apakah kamu seorang psikopat normal?

Edited By Admin

Ini dia hal yang menyebabkan kenapa ketika kita mendengarkan istilah “psikopat”, yang terbayang di kepala kita tuh langsung pelaku kejahatan. Padahal, pada kenyataannya tidak semua psikopat kok melakukan kecenderungan untuk kekerasan dan kriminal. Hanya saja, kebanyakannya para peneliti lebih tertarik untuk meneliti psikopat yang sudah didekam di penjara karena memiliki pribadi psikopat yang lebih kental jika dibandingkan dengan psikopat yang dapat mengatur dirinya sedemikian rupa agar tidak terjerumus ke dalam tindak-tindak kejahatan, dan mereka pergi ke psikiater untuk mencari bantuan atas masalah kepribadian yang dimilikinya.

6. Apakah kamu seorang psikopat yang prososial?

Edited By Admin

Nah, meskipun telah dipaparkan sebelumnya kalau psikopat itu biasanya anti-sosial, tapi pada kenyataannya psikopat juga bisa prososial lho! James Fallon, seorang ahli neurologi yang secara khusus menggeluti permasalahan psikopat dan perilaku kekerasan. Pada awalnya dia mencoba melakukan penelitian terhadap keluarganya sendiri. Ternyata semua keluarganya normal-normal saja. Akan tetapi, dirinya sendiri terkejut ketika melihat hasil tesnya sendiri yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang penderita kelainan ini. Padahal, di lingkungannya dia dikenal sebagai orang ramah, selalu menyumbang untuk pihak yang membutuhkan, dan bahkan memiliki posisi khusus sebagai pemimpin dalam komunitasnya. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan perilaku psikopat tetap lebih didominasi oleh lingkungan tempat psikopat tinggal. Jika lingkungannya memiliki atmosfir sosial yang cukup sehat, kemungkinannya kecenderungan anti-sosial bakalan terkikis. Psikopat Prososial tetap memiliki kekurangan dalam hal emosi, tapi Fallon menyatakan bahwa perilaku yang baik terhadap orang lain pun sebenarnya merupakan bentuk dari “manipulasi” itu sendiri. Nah lho, jadi jangan selalu kasih cap bahwa penderita kelainan ini jahat dan seneng kekerasan ya! Justru, orang dengan kecenderungan seperti itu harus dibantu oleh lingkungannya agar tidak terjerumus ke dalam pelarian-pelarian tertentu seperti narkoba, atau bahkan tindak kriminal.

7. Coba kamu jawab tiga pertanyaan ini!

Edited By Admin

1. Ada seorang anak kecil yang mendapatkan hadiah ulang tahun, berupa sepeda dan sepatu bola. Akan tetapi dirinya malah marah dan berteriak sambil mengutuk orang yang telah memberikan hadiah tersebut. Alasannya? Normal Rata-rata jawaban dari kita pasti menebak bahwa mungkin saja itu bocah perempuan makanya ia marah-marah dan mengamuk. Atau bisa saja memang bocah laki-laki tapi tidak suka bermain bola ataupun sepeda. Psikopat Karena anak kecil itu tidak mempunyai kaki (cacat)

2. Ada dua perempuan bersaudara, namanya Bertha dan Martha. Pada suatu hari ibu mereka meninggal dunia. Di pemakaman, Bertha melihat seorang pria di dekat mereka. Seketika, ia pun langsung jatuh cinta kepada pemuda itu. Namun dia tak berhasil menemukannya karena tak tahu siapa 'dia' sebenarnya. Anehnya, pada suatu hari Bertha membunuh Martha. Apa Sebabnya? Normal Mungkin kita menjawab, barangkali kedua perempuan bersaudara ini terlibat cinta segitiga dengan pemuda tersebut. Tapi bukankah Bertha tidak mengenal pemuda itu? Atau mungkin saja Bertha merasa cemburu karena wajah Martha lebih cantik dan pemuda tersebut menatap dirinya? Psikopat Agar Bertha bisa bertemu dengan pemuda itu lagi di pemakaman adiknya.

3. Kamu menginap di hotel yang berada tepat di lantai 10, suatu malam kamu melongok dari balkon dan melihat seorang pembunuh sedang menghabisi nyawa korbannya. Tanpa sengaja, si pembunuh melihatmu. Dari atas kamu melihat dengan jelas, si pembunuh menatap tajam sambil mendekatkan jarinya ke wajah dan membuat semacam gerakan tubuh. Gerakan apakah itu? Normal Si pembunuh mendekatkan jarinya ke bibirnya, dan mengisyaratkan agar kamu tutup mulut dan tidak mengatakan apapun kepada Polisi atas semua yang telah kamu lihat. Psikopat Ia sedang menghitung di lantai mana kamu tinggal, agar bisa membunuhmu juga  

Nah, setelah tahu beberapa fakta di atas, kira-kira kamu bakal ngira-ngira nggak tuh siapa temen kamu yang diem-diem penderita kelainan ini? Awas, jangan suudzon! Lagian, dari info yang udah dikemukakan di atas, kita jadi tahu kan kalau penderita kelainan ini nggak selalu berbahaya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
3
SHARES
Foto Face Swap Para Artis Hollywood Ini, Sumpah Koplak Banget!

Foto Face Swap Para Artis Hollywood Ini, Sumpah Koplak Banget!

Foto-foto Fenomena Gerhana Matahari di Berbagai Penjuru Dunia dari Masa ke Masa

Foto-foto Fenomena Gerhana Matahari di Berbagai Penjuru Dunia dari Masa ke Masa

10 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dekorasi Ruangan Jadi Cantik dan Bersih!

10 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dekorasi Ruangan Jadi Cantik dan Bersih!

11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

Mencengangkan! 7 Penemuan Benda Ini Terkubur di Halaman Belakang Rumah

Mencengangkan! 7 Penemuan Benda Ini Terkubur di Halaman Belakang Rumah

7 Makanan Berbau Menyengat Ini Punya Kandungan Ajaib dan Bikin Sehat!

7 Makanan Berbau Menyengat Ini Punya Kandungan Ajaib dan Bikin Sehat!

loading