Benda-benda Mahal Ini Ternyata Berasal dari Kotoran Hewan yang Terbilang Jorok

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Berbagai bagian dari makhluk hidup termasuk hewan memang kerap dijadikan hal-hal yang memiliki guna bagi manusia. Kita mengenal madu yang memang memiliki berbagai khasiat baik untuk tubuh manusia yang mengonsumsinya. Hal tersebut merupakan salah satu contoh bagaimana manusia memfungsikan berbagai bagian dari kehidupan hewan dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Termasuk deretan benda-benda bernilai tinggi berikut yang juga dihasilkan dari pemanfaatan hewan. Tetapi bagaimana jika kamu ternyata mengetahui benda yang memiliki harga fantastis tersebut berasal dari kotoran hewan yang bisa dibilang kotor? Faktanya adalah nilai guna yang dihasilkan oleh benda-benda tersebut memang nyata. Penasaran dong benda apa saja sih yang termasuk di dalamnya? Yuk kita langsung cek satu per satu.

1. Kain Sutra

tips-ukm.com

Kain sutra adalah bahan tekstil hasil tenunan dari serat protein alami. Jenis sutra yang paling populer adalah sutra yang berasal dari ternak kepompong hasil larva ulat sutra murbei (Bombyx mori). Sutra memiliki tekstur yang lembut, mulus, namun tidak licin, serta memberi rupa kilau sebagai pembias cahaya. Hal itulah yang menjadi daya tarik terbesar dari bahan sutra ini. Bahkan faktanya, kekuatan dari tali sutra lebih kuat dibandingkan dengan tali kawat yang terbuat dari baja dengan ketebalan sama. Dengan berbagai kelebihan tersebut membuat bahan tekstil yang terbuat dari sutra memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

2. Caviar

www.pustakanews.com

Caviar merupakan sebutan telur yang dihasilkan oleh jenis ikan Strugeon. Telur yang kerap dijadikan bahan makanan ini merupakan esensi pemanfaatan dari hewan yang sudah cukup langka. Jadi sangat wajar deh jika satu kilogram caviar saja bisa di hargai sampai 50 juta rupiah. Maka menu makanan yang mengandung bahan super eksklusif ini memang cuma bisa dicicipi oleh para manusia kelebihan uang ya. 

3. Mutiara

www.surabayapagi.com

Benda mahal lain yang ternyata dihasilkan dari bagian hewan yang terbilang kotor adalah mutiara. Kamu pasti sudah sangat paham, bagaimana fantastisnya harga benda satu ini. Bahkan benda ini dikenal sebagai aksen yang meningkatkan strata pemiliknya. Jadi kalau kamu punya kalung mutiara, atau mungkin cincin mutiara atau bahkan sarapan pake sendok yang bertahtakan mutiara ya berarti kamu sudah tergolong orang kelewat kaya kali ya. 

4. Cordyceps

thechalkboardmag.com

Cordyceps merupakan salah satu jenis jamur yang hidup subur di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian lebih dari 10 ribu kaki. Jamur yang dipercaya sejak 3-5 ribu tahun lalu ini di yakini mampu menjadi tonik perangsang seks dan kesegararan tubuh manusia. Pada masa modern seperti sekarang, khasiat jamur ini tetap dipercaya oleh warga Tiongkok. Pada tahun 1960-an di daerah Tibet, jamur ini dihargai per kilogramnya seharga Rp 580 saja, tetapi pada masa sekarang, jamur ini dihargai lebih dari Rp 193 juta lho per kilogramnya. Super sekali bukan?

5. Kopi Luwak

ahlikopilampung.com

Kopi asli negara Indonesia ini sudah cukup dikenal sejak era koloni Belanda. Soal harga jangan ditanya, karena untuk mencicipi sagu cangkir seduhan serbuk kopi Luwak saja kamu perlu merogoh kantong sebesar kurang lebih Rp 200 ribu. Harga itu tidak semena-mena ditinggikan begitu saja, karna kualitas rasa, aroma dan proses dalam menghasilkan biji kopi inilah yang membuat kopi jenis ini terbilang mahal. Kopi luwak merupakan hasil cernaan buah kopi dari hewan Luwak. Karena hewan Luwak ini hanya akan mencerna kulit buah kopi dan biji kopinya akan tetap utuh dan dikeluarkan bersamaan dengan kotorannya saat buang air besar. Biji kopi inilah yang nantinya akan dikeringkan dan ditumbuk serta menjadi bahan utama kopi terenak asal Indonesia. 

6. Propolis

nogostop.ru

Lebah merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, karena hewan jenis ini mampu menghasilkan setidaknya 4 jenis produk yang dapat diproduksi. Madu, royal jelly, bee pollen, dan propolis. Propolis sendiri merupakan jenis produk yang dihasilkan dari air liur sang lebah. Diantara keempat produk tersebut, propolis inilah yang terbilang memiliki nilai jual tertinggi. Karena jumlah produksinya yang lebih sedikit serta khasiat yang cukup besar. Propolis ini mampu menghalangi tubuh dari infeksi virus, jamur dan parasit dalam tubuh. Karena kandungan zat besi, vitamin B kompleks, vitamin C, pro vitamin A, asam amino, mineral, bitamin E dan bermacam bioflavonoid yang ada di dalamnya mampu mengaktifkan kelenjar timus sebagai sistem kekebalan tubuh. Bahkan telah ditemukan oleh beberapa ilmuwan asal Amerika, bahwa Propolis mampu menghambat pertumbuhan virus HIV. Tapi tetep aja ya, itu air liur lho.

7. Sarang Walet

www.distributorsarangwalet.com

Burung walet dikenal sebagai salah satu jenis burung yang menggunakan air lirunya sebagai bahan dalam membuat sarangnya. Sarang walet ini ternyata memang kerap dijadikan bahan tambahan dalam sup atau manisan lho. Bagi warga Tiongkok, sarang walet atau yang mereka lebih sering sebut Yan Wo ini sudah dijadikan makanan bagi kaum kelas atas sejak berabad-abad lalu. Sebagai makanan kelas atas tentu kamu sudah mengira dong, harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati semangkuk sup sarang walet ini tentu tinggi. Bahkan di zaman modern seperti saat ini pun, keberadaan makanan ini masih belum dijangkau oleh semua kalangan, karena harganya yang tetap terbilang mahal untuk semangkuk sup. 

8. Guano

en.wikipedia.org

Tidak hanya hewan luwak yang mampu menghasilkan kotoran yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Guano merupakan sebutan dari tinja atau kotoran burung laut ataupun kelelawar. Guano ini merupakan bahan yang sangat efektif dalam menyuburkan tanah. Pupuk jenis ini pemakaiannya mulai menurun sejak abad ke-19, karena mulai bertambahnya pupuk buatan yang lebih ekonomis. Tetapi masih banyak lho tukang kebun ataupun petani organik yang menggunakan pupuk super mahal ini. 

Bagaimana nih menurut kamu? Percaya dong, bahwa benda-benda yang bernilai ekonomis tinggi justru bisa dihasilkan dari benda yang berasal dari bagian hewan yang cukup jorok sekalipun. Ya kalau kata orang-orang sih, don’t judge a book by its cover”. Setuju?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
55
SHARES
Inilah 8 Eksperimen Manusia Paling Sadis di Bidang Medis Saat Perang Dunia

Inilah 8 Eksperimen Manusia Paling Sadis di Bidang Medis Saat Perang Dunia

Benarkah Kita Bisa Mengatur Mimpi? Inilah 10 Fakta Tentang Mimpi Saat Tidur

Benarkah Kita Bisa Mengatur Mimpi? Inilah 10 Fakta Tentang Mimpi Saat Tidur

Nggak Hanya di Negeri Dongeng, Istana-istana yang Ada di Spanyol Ini Sangat Menakjubkan

Nggak Hanya di Negeri Dongeng, Istana-istana yang Ada di Spanyol Ini Sangat Menakjubkan

Inilah 11 Potret Pemandangan Kelas dari Berbagai Belahan Dunia

Inilah 11 Potret Pemandangan Kelas dari Berbagai Belahan Dunia

Garangnya Kemarahan Fenomena Alam Langka Tornado Api ini Bikin Kamu Takjub

Garangnya Kemarahan Fenomena Alam Langka Tornado Api ini Bikin Kamu Takjub

Inilah 15 Bunga Mawar Pink dengan Bentuk yang Beraneka Ragam dan Cantik

Inilah 15 Bunga Mawar Pink dengan Bentuk yang Beraneka Ragam dan Cantik

loading