Benarkah Kita Bisa Mengatur Mimpi? Inilah 10 Fakta Tentang Mimpi Saat Tidur

thoughtcatalog.com
Line Yukepo.com

Kamu pasti pernah dong bermimpi ketika tidur? Mimpi yang biasanya kita alami bisa aja mimpi yang menyenangkan, menegangkan, atau menyedihkan. Meskipun belum ada konsensus yang jelas mengenai mimpi setiap orang di dunia ini, tapi setidaknya ada sepuluh hal tentang mimpi yang umumnya dialami oleh setiap orang.

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu bahwa tidur terdiri atas beberapa tahapan. Mimpi biasanya muncul di tahapan REM (Rapid Eye Movement) atau ketika kita tidur pulas banget. Mengapa disebut REM? Karena ketika tidur, meskipun kelopak mata kita tertutup, tapi bola mata kita bergerak sangat cepat saat kita tertidur pulas. Kalau nggak percaya, kamu coba perhatikan orang yang lagi tidur nyenyak, biasanya ada pergerakan halus dan cepat di balik matanya yang merem. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan kesepuluh fakta tentang mimpi berikut ini.

1. Semua orang pasti pernah bermimpi

agileleanlife.com

Mau cowok, cewek, tua, muda, atau bayi sekalipun semuanya bermimpi. Meskipun kita nggak merasa bermimpi, tapi faktanya peneliti menemukan bahwa orang biasanya mengalami beberapa mimpi tiap malamnya. Tiap mimpi berlangsung selama 5-20 menit. Bahkan, rata-rata manusia bermimpi selama total 6 tahun selama hidup lho.

2. Wajar banget kalau lupa sebagian besar mimpi

www.helpguide.org

Bangun tidur kamu hanya ingat secuil mimpimu tadi malam? Wajar banget kok. Karena sebanyak 95% mimpi kita cepat terhapus dari memori sesaat setelah bangun. Lalu, kenapa sih kita susah banget mengingat kembali mimpi kita? Berdasarkan salah satu teori, perubahan di otak yang terjadi selama kita tidur nggak mendukung proses penerimaan dan penyimpanan informasi untuk disimpan di memori. Penelitian di laboraturium juga pernah me-scan otak orang yang tidur, bahwa ternyata lobus frontal tempat menyimpan memori nggak aktif selama di tahapan tidur nyenyak di mana mimpi terjadi.

3. Nggak semua mimpi muncul berwarna

www.themenopauseexpert.com

Sebenarnya, sekitar 80% mimpi itu hadir berwarna, hanya sebagian kecil orang yang mengaku bahwa mimpinya hadir dengan warna hitam putih. Pada sebuah penelitian di mana para pemimpi dibangunkan dan diminta untuk memilih warna dari color chart yang kira-kira sesuai dengan apa yang mereka lihat di mimpinya, kebanyakan memilih warna pastel sebagai warna yang sering muncul di mimpi.

4. Cowok dan cewek mimpinya berbeda

www.mirror.co.uk

Peneliti menemukan bahwa ada beberapa perbedaan antara cowok dan cewek tentang konten mimpi. Di sebuah penelitian didapatkan bahwa cowok lebih sering bermimpi tentang hal-hal yang berbentuk agresi, seperti perkelahian atau pertempuran. Sementara cewek cenderung mengalami mimpi yang terdiri dari berbagai karakter. Kalau masalah karakter dalam mimpi, ternyata cowok dua kali lebih sering memimpikan figur cowok lain daripada yang cewek alami. Sementara cewek mimpiin tentang kedua jenis kelamin sama imbangnya.

5. Hewan juga kemungkinan besar bermimpi

www.verywell.com

Pernahkah kamu melihat anjing yang mengibas-ngibaskan ekornya atau menggerakkan kakinya ketika tidur? Sebenarnya agak sulit sih menjelaskan apakah hewan juga bermimpi ketika tidur. Tapi yang pasti, hewan mamalia juga memiliki tahapan tidur seperti manusia, termasuk tahapan tidur pulas. Pada salah satu penelitian, seekor gorila diajarkan bahasa isyarat untuk dapat berkomunikasi. Di suatu momen, gorila tersebut menunjukkan gerakan “sleeping pictures” (gambar tidur) yang disinyalir merupakan indikasi bahwa gorila juga bermimpi.

6. Kamu bisa mengontrol mimpimu

www.dreamdictionary.org

Kamu pernah mendengar istilah lucid dream? Istilah ini merujuk pada pengalaman kamu yang sadar bahwa kamu sedang di alam mimpi tepatnya meskipun nyatanya kamu tengah tertidur pulas. Selama kamu mengalami bentuk mimpi seperti ini, kamu bisa sering mengarahkan atau mengontrol konten mimpimu. Sekitar setengah dari seluruh manusia di muka bumi ini yang mampu mengingat pengalaman mimpinya saat lucid dream, setidaknya satu contoh lucid dream yang pernah dialami. Bahkan ada segelintir orang yang bisa mengalami lucid dream secara sering.

7. Emosi negatif lebih sering muncul dalam mimpi

youqueen.com

Selama lebih dari 40 tahun, seorang peneliti bernama Calvin S. Hall mengumpulkan lebih dari 50.000 laporan mengenai mimpi dari anak-anak kuliahan. Kumpulan laporan ini menyatakan bahwa banyak emosi yang dialami ketika bermimpi, termasuk kegembiraan, rasa senang, dan ketakutan. Emosi yang paling sering muncul saat mimpi adalah kecemasan dan emosi negatif lainnya seperti marah dan sedih yang secara umum lebih banyak daripada emosi yang positif.

8. Tunanetra juga bermimpi

www.verywell.com

Meskipun seseorang kehilangan penglihataan sebelum usia 5 tahun yang biasanya nggak memiliki gambaran mimpi layaknya orang dewasa, mereka tetap bermimpi kok. Walaupun kekurangan sensasi visual, mimpinya orang tunanetra juga sama kompleks dan jelasnya dengan orang yang nggak tunanetra. Mimpi mereka lebih kepada sensasi dari alat indera yang lain, seperti suara, sentuhan, pengecapan, pendengaran, dan bau.

9. Manusia seketika ‘lumpuh’ saat bermimpi

www.wgt.com

Tahapan tidur pulas di mana biasanya mimpi muncul merupakan tahapan yang ditandai dengan melemahnya otot-otot sadar seperti otot lengan. Mengapa? Karena fenomena ini dikenal dengan REM (Rapid Eye Movement) atonia dan mencegah kamu memperagakan mimpimu ketika kamu tidur. Intinya, karena syaraf motorik kamu nggak terstimulasi, jadi badanmu nggak bergerak banyak ketika tidur. Mungkin kamu juga pernah mengalami yang namanya sleep paralysis, yaitu keadaan di mana kamu merasa sangat lemas dan nggak bisa bergerak ketika bangun tidur. Emang sih menyeramkan, tapi itu hal yang wajar terjadi kok. Tenang aja dan pelan-pelan mengatur napas selama beberapa menit sampai otot-ototmu kembali normal.

10. Banyak konten mimpi yang umum dialami setiap orang

sprayablesleep.com

Meskipun seringnya mimpi sangat dipengaruhi oleh pengalaman pribadi, peneliti menemukan bahwa ada tema mimpi tertentu yang umum dialami oleh banyak orang apapun latar belakang budayanya. Misalnya, semua orang dari berbagai belahan dunia, sering bermimpi sedang dikejar-kejar, diserang, atau terjatuh. Pengalaman mimpi lainnya termasuk seperti kegiatan di sekolah, merasa membeku dan nggak bisa bergerak, datang terlambat, terbang, dan telanjang di muka umum.

Nah, jadi itulah apa yang terjadi selama kita tidur. Banyak yang menganggap bahwa mimpi hanyalah bunga tidur belaka. Padahal bermimpi saat kita tidur bisa membuat kita berpikir lebih kreatif saat terbangun. Bermimpi melatih otak kita untuk berpikir lebih fleksibel. Meskipun ada yang namanya mimpi buruk, mimpi yang udah terlupakan, atau lucid dream sekalipun, itu akan membawa efek tersendiri di kehidupan kita. Ya, salah satunya adalah menjadi kreatif. Selamat bermimpi, guys!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
17
SHARES
Nggak Hanya di Negeri Dongeng, Istana-istana yang Ada di Spanyol Ini Sangat Menakjubkan

Nggak Hanya di Negeri Dongeng, Istana-istana yang Ada di Spanyol Ini Sangat Menakjubkan

Inilah 11 Potret Pemandangan Kelas dari Berbagai Belahan Dunia

Inilah 11 Potret Pemandangan Kelas dari Berbagai Belahan Dunia

Garangnya Kemarahan Fenomena Alam Langka Tornado Api ini Bikin Kamu Takjub

Garangnya Kemarahan Fenomena Alam Langka Tornado Api ini Bikin Kamu Takjub

Inilah 15 Bunga Mawar Pink dengan Bentuk yang Beraneka Ragam dan Cantik

Inilah 15 Bunga Mawar Pink dengan Bentuk yang Beraneka Ragam dan Cantik

Inilah Gambaran Kepribadian Berdasarkan Urutan Lahir, Kamu Anak Nomor Berapa?

Inilah Gambaran Kepribadian Berdasarkan Urutan Lahir, Kamu Anak Nomor Berapa?

Cara Biar Kamu yang Lagi Pacaran Tahu Sudah Bersama Orang yang Tepat Sekarang

Cara Biar Kamu yang Lagi Pacaran Tahu Sudah Bersama Orang yang Tepat Sekarang

loading