Beginilah Rasanya Kalau Kamu Jadi Buta Warna Guys!

proceeder.eu
Line YuKepo.com

Menjadi orang yang buta warna memerlukan kesabaran. Masalah yang perlu dihadapi bukan hanya datang dari dalam diri sendiri, tapi juga dari dunia luar. Misalnya gini, untuk beberapa pekerjaan seperti pilot, dokter, polisi, dan tentara yang menderita kelainan ini juga gak bisa ngelamar. Kasian ya? Kalau masalah yang muncul dari diri sendiri mah gak perlu ditanya lagi, banyak banget. Orang-orang yang punya kelainan mata ini biasanya susah untuk memahami tanda atau rambu lalu lintas contohnya. Nah, buat kamu yang nyangka kalau buta warna tuh cuma bisa lihat hitam putih doang, YuKepo kasih tau nih jenis-jenisnya, biar gak salah lagi. Buta warna pada dasarnya adalah kelainan dalam melihat warna, biasanya ada masalah di bagian pigmen pada reseptor warnanya. 

brightside.me

Warna-warna yang susah dilihat itu biasanya warna merah, hijau, biru, atau campuran warna-warna tersebut. Kalau orang yang punya kesulitan kayak gitu termasuk dalam buta warna parsial, mereka masih kenal sama yang namanya warna. Nah, ada juga yang buta warna total, mereka cuma bisa lihat hitam putih aja. Aduh kayak TV jaman dulu dong ya. Kasian banget hidupnya cuma punya dua warna. 

brightside.me

Dalam buta warna parsial ada jenisnya lagi nih. Untuk buta warna seperti gambar di atas itu dinamakan dengan Deuteranomalia. Buta warna parsial ini paling sering ditemuin nih. Sekitar 4.63% dari populasi manusia menderita Deutranomalia, dan biasanya orang-orang tersebut gak sadar dengan kondisi ini. 

brightside.me

Selanjutnya, ada pula buta warna parsial yang disebut Protanopia. Buta warna jenis ini gak banyak diderita sih, hanya sekitar 1% dari populasi manusia yang pernah mengalami ini. Protanopia memiliki kesulitan dalam melihat warna hijau dan merah. Cuma warna biru dan kuning yang tetap setia menemani mata mereka.

brightside.me

Jenis ketiga dari buta warna disebut Tritanopia. Wah kalo jenis ini jarang banget ditemuin di dunia. Orang-orang yang mengalami kebutaan jenis ini hanya melihat warna merah muda dan warna kehijauan kayak gambar di atas. Indah juga sih tapi ya setiap warna yang dilihat itu hampir semuanya pink, cewek pasti suka nih.

brightside.me

Untuk yang terakhir, yaitu buta warna total. Ini udah parah banget, hanya bisa melihat warna hitam putih. Tapi sebenarnya kalau kita cari filosofinya, orang jenis ini harus bersyukur. Insting mereka pasti lebih terasah dalam melihat mana yang benar dan salah karena sudah terbiasa hanya memiliki dua pilihan saja, yakni hitam atau putih. Dari populasi manusia di seluruh dunia, cuma sekitar 0.00003% yang mengalami kelainan jenis ini.

brightside.me

Nah kalau digabungin dan dibandingkan seperti inilah kurang lebih perbedaan warna yang ditimbulkan oleh jenis-jenis kelainan yang sudah disebutkan di atas. Waduh yang Protanopia yang paling kasihan, kuning semua itu yang dilihat. 

brightside.me

Dan dalam menikmati pelangi juga berbeda rasanya. Jadi kalau kita sering dengar bahwa pelangi itu merah, kuning, hijau di langit yang biru, ternyata gak selalu begitu warnanya. Bisa berubah-ubah tergantung orang yang ngeliatnya.

Seiring berjalannya waktu, penderita buta warna pada umumnya bisa beradaptasi dan menemukan cara untuk mengatasi masalah dalam membedakan warna. Jadi kayak bikin simbol sendiri gitu ya. Masalahnya ilmu kedokteran belum menemukan obat atau metode untuk menangani kelainan ini. Jadi, bersyukurlah buat kamu yang punya mata normal, gunakan mata kalian sebaik-baiknya, jangan dipake buat nonton bokep melulu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2
SHARES
7 Artis yang Umurnya Udah 40-an Ini Masih Cocok Dibilang ABG

7 Artis yang Umurnya Udah 40-an Ini Masih Cocok Dibilang ABG

10 Ide Kemasan Unik Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Untuk Bisnismu!

10 Ide Kemasan Unik Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Untuk Bisnismu!

Kamu Termasuk Anak Tengah? Pasti Kamu Tahu Banget 10 Fakta Ini!

Kamu Termasuk Anak Tengah? Pasti Kamu Tahu Banget 10 Fakta Ini!

Bangunan Candi-candi Bersejarah ini Gak Kalah Cantik dan Eksotis Dari Borobudur!

Bangunan Candi-candi Bersejarah ini Gak Kalah Cantik dan Eksotis Dari Borobudur!

Sekumpulan Orang Iseng ini Mengubah Kata 'Hollywood' Jadi Tulisan yang Lucu!

Sekumpulan Orang Iseng ini Mengubah Kata 'Hollywood' Jadi Tulisan yang Lucu!

Generasi 90-an, 7 Tren Masa SD Ini Sekarang Mungkin Sudah Punah Lho!

Generasi 90-an, 7 Tren Masa SD Ini Sekarang Mungkin Sudah Punah Lho!

loading