Beginilah 7 Dampak Positif Jika di Indonesia Tidak Ada Media Sosial!

www.hercampus.com

Belum lama ini Turki udah ngambil langkah super berani untuk mem-block media sosial di negaranya. Hal ini dikarenakan situasi politik yang memanas dan banyak yang memanfaatkan keadaan ini untuk menyebarluaskan isu-isu yang sensitif lewat medsos (media sosial). Nggak tanggung-tanggung, dalam hitungan hari udah banyak banget yang ditangkap gara-gara dituduh melakukan provokasi melalui dumay alias dunia maya. Menengok apa yang terjadi di Turki, kok kayanya hal-hal kaya gini juga sering kejadian ya di Indonesia? Nah, untuk meminimalisir dampak penyebaran isu-isu tadi, pihak pemerintah Turki sengaja nih ambil langkah untuk mem-block Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dan Youtube. Wihh… boleh dibilang ini kayak mematikan hampir seluruh akses kehidupan dunia maya ya? Langkah ini diambil karena pemerintah sangat ketakutan akan adanya paham-paham yang membahayakan yang berkembang melalui medsos.Medsos sebenernya udah bukan hal baru lagi, tapi efeknya makin hari malah makin besar loh. Udah banyak banget orang yang mengkampanyekan ‘puasa’ media sosial. Tapi gerakan-gerakan kayak gini masih bersifat mikro alias kecil alias cilik dan belum melibatkan orang banyak. Kampanye kayak gini nih yang biasanya kalo nggak dianggap remeh, ya dianggap nggak mungkin kejadian. Tapi kalo aksesnya secara paksa diblokir sama negara, apa boleh buat ya? Nah, secara pengguna medsos itu banyak banget di Indonesia, bahkan sampe yang kecanduan pun ada, kebayang nggak kalo Indonesia punya gerakan ‘puasa’ media sosial? Kayak apa ya? Apakah masih waras? Apa bisa stres berkepanjangan? Seberapa positifnya sih idup tanpa media sosial?

1. Lebih sadar akan sekitar

memeful.com

2. Akan lebih banyak anak-anak yang bisa menikmati indahnya main gundu.

halokakak.files.wordpress.com

3. Kalo mau ketemu, ya tinggal samperin aja

suka-blaster.blogspot.co.id

4. Nggak banyak pencitraan

robert-sinuhaji.blogspot.co.id

5. Lebih PD

distractify.com

6. Lebih tau apa artinya ‘usaha’

pic.cerpen.co.id

7. Lebih menghargai artinya kebersamaan

previews.123rf.com

Kalo liat banyak banget keuntungan hidup tanpa media sosial, rasanya emang perlu ya diadain ‘puasa’ media sosial. Mungkin ranahnya nggak usah segede negara juga, cukup dimulai dari diri sendiri aja, dan lihat hal positif apa yang bisa kamu ambil untuk dirimu sendiri. Memperkaya diri dengan media sosial itu sah banget (Sah? Kawinan, bu?) asal sebagai manusia, kita yang atur diri kita, jangan sampai dunia-mu hanya sebatas timeline-mu aja. Buat yang mau ‘puasa’ media sosial, selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
1
SHARES
loading