Beberapa Kasus Percobaan Pembunuhan Soekarno yang Selalu Gagal ini Mungkin Belum Kamu Tau

serunik.com

Dalam sejarah dunia pasti kita sering banget denger tentang pembunuhan pemimpin-pemimpin besar sekaliber Presiden. Sebut aja pembunuhan John F. Kennedy dan Abraham Lincoln yang notabene adalah Presiden Amerika. Terlepas kasus tersebut adalah konspirasi atau tidak. Belum lagi pemimpin-pemimpin lain juga yang dibunuh oleh oknum-oknum tertentu. Sama halnya nih dengan Presiden pertama kita yaitu Soekarno. Beliau pernah nyaris meninggal dalam upaya pembunuhan dirinya. Megawati Soekarnoputri pernah mengungkap bahwa upaya pembunuhan terhadap ayahnya itu mencapai 23 kali baik dalam eksekusi atau pun rencana. Namun, Ajudan Soekarno pada waktu itu menyebutkan angka yang lebih kecil dalam percobaan pembunuhan tersebut. Untungnya, Soekarno selalu selamat dalam setiap percobaan pembunuhan tersebut. Pasti kamu penasaran kan tentang percobaan pembunuhan terhadap Bung Karno? Yuk, kepoin bareng-bareng.

1. Granat Cikini

serbasejarah.wordpress.com

Pada tanggal 30 November 1957 Presiden Soekarno berkunjung ke Perguruan Cikini (Percik) tempat sekolah puta-putrinya dalam rangka perayaan ulang tahun ke-15 Percik. Di sela-sela pesta penyambutan Presiden, tiba-tiba ada granat meledak. Akibat ledakan granat itu sembilan orang tewas dan 100 orang terluka. Presiden beserta putra-putrinya selamat. Tiga orang ditangkap akibat kejadian tersebut yang merupakan antek-antek teror gerakan DI/TII.

2. Teror istana Presiden

iddaily.net

Teror ini terjadi pada 9 Maret 1960 tepat di siang bolong. Istana Presiden saat itu dikejutkan oleh ledakan yang berasal dari tembakan kanon 23 mm pesawar Mig-17 yang dikemudikan Daniel Maukar, seorang Letnan AU yang sudah dipengaruhi Permesta (Perdjuangan Semesta). Untungnya, kanon yang dijatuhkan Maukar menghantam pilar dan salah satunya tak jauh dari meja Soekarno. Memang nampaknya keberuntungan masih memihak Soekarno, beliau tidak sedang berada di meja kerjanya melainkan sedang memimpin rapat di gedung sebelah istana Presiden. Akibat ulahnya, Maukar harus mendekam di penjara selama 8 bulan.

3. Penembakan di Masjid Baiturahim

nasionalisme.id

Kejadian ini terjad pada 14 Mei 1962. Ketika itu Bachrum sangat senang ketika berhasil mendapati posisi duduk pada saff depan dalam barisan jemaah shalat Idul Adha di Masjid Baiturahim. Saat melihat Soekarno, saat itu juga beliau mencabut pistol yang tersembunyi di balik jasnya, moncong pistolnya pun diarahkan ke tubuh Soekarno. Kembali, keberuntungan masih ada di pihak Presiden RI pertama itu, jari Bachrum tiba-tiba kaku. Dalam seper sekian detik ketika tersadar, arah pun melenceng jadinya peluru tersebut meleset dari tubuh Soekarno dan menyerempet Ketua DPR saat itu yaitu GR KH Zainul Arifin. Beruntung banget ya Soekarno.

4. Penembakan mortir Kahar Muzakar

penasoekarno.wordpress.com

Pada tahun 1960-an Soekarno ada dalam kunjungan kerja ke Sulawesi. Saat berada dalam perjalanan dari Lapangan Terbang Mandai, sebuh peluru mortir ditembakkan anak buah Kahar Muzakar ke arah mobil yang ditumpangi Soekarno tapi ternyata meleset jauh. Soekarno selamat lagi.

5. Granat Cimanggis

penakisemar.wordpress.com

Akhir tahun 1964 Presiden Soekarno dalam perjalanan dari Bogor menuju Jakarta. Rombongannya membentuk konvoi kendaraan. Dalam laju kendaraan yang perlahan, Soekarno sempat bertabrakan pandangan dengan seorang lelaki tak dikenal di pinggir jalan. Saat itu juga perasaan Bung Karno mendadak jadi tak enak. Ternyata insting Bung Karno pun benar, lelaki ini melemparkan sebuah granat ke arah mobil Presiden. Untungnya, jarak pelemparannya di luar jangkauan mobil yang melaju. Sekali lagi, Soekarno selamat.

Itulah tadi beberapa upaya untuk membunuh Soekarno. Untungnya Soekarno selalu lolos dari percobaan tersebut, ya. Banyak kok sumber yang mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh banyaknya pasukan ghaib yang ditugaskan untuk melindungi Soekarno. Ya, cuma orang-orang yang paham aja yang memang bisa memastikan kebenaran itu. Anggap aja kalau keselamatan Soekarno adalah berkat doa-doa dari seluruh masyarakat Indonesia atas kerja kerasnya demi NKRI.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
12
SHARES
Renungkan! 7 Tanda Ini Buat Kamu Bakal Putus Sama Pacar!

Renungkan! 7 Tanda Ini Buat Kamu Bakal Putus Sama Pacar!

Lagi Nguji Ketahanan Lemari, Foto Bapak Ini Malah Kena Editan Photoshop!

Lagi Nguji Ketahanan Lemari, Foto Bapak Ini Malah Kena Editan Photoshop!

15 Foto Romantis Ridwan Kamil Bersama Sang Istri Ini Bikin Baper Sekaligus Laper!

15 Foto Romantis Ridwan Kamil Bersama Sang Istri Ini Bikin Baper Sekaligus Laper!

Kuota 4G Kamu Lebih Boros? Ini Trik Hematnya!

Kuota 4G Kamu Lebih Boros? Ini Trik Hematnya!

7 Makanan Ini Wajib Ada Saat Perayaan Natal! Mau Tahu?

7 Makanan Ini Wajib Ada Saat Perayaan Natal! Mau Tahu?

Akomodasi Ala Tiny House Ini Favorit Banget di Kalangan Wisatawan

Akomodasi Ala Tiny House Ini Favorit Banget di Kalangan Wisatawan

loading