Awas! Jangan Lakukan Kesalahan-kesalahan Ini Saat Kamu Diet!

www.astroulagam.com.my
Line Yukepo.com

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi banyak orang. Bukan hanya wanita saja yang mengimpikan tubuh dengan berat yang ideal, melainkan para pria pun sebenarnya dituntut untuk dapat mengendalikan berat tubuhnya. Soalnya, tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk itu memiliki potensi yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, ada baiknya jika semua orang dapat mengatur pola hidup agar bisa mendapat tubuh yang sehat yang otomatis akan membuat jiwanya pun menjadi sehat.

Masalahnya, terkadang kemauan setiap orang untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal itu tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan. Bagi orang yang hendak mengurangi berat tubuhnya, memang akan sulit sekali untuk mengurangi porsi makan dari yang biasanya. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab gagalnya program diet yang sudah direncanakan. Maka dari itu, meskipun orang-orang yang hendak berdiet sudah membuat perencanaan yang matang akan programnya, pengendalian diri tetaplah menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Buat temen-temen yang berniat untuk diet atau sedang melaksanakan program diet, di bawah ini kamu bisa baca beberapa informasi yang terkait dengan kesalahan-kesalahan yang harus kamu hindari agar diet kamu bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang sudah kamu rencanakan. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Terlalu mudah menyerah

mnelittle.tk

Saat kamu sedang melakukan program diet, mungkin ada satu hari saat kamu lepas kontrol dan mengonsumsi makanan yang berpotensi untuk menambah berat badan kamu. Lalu, kamu akan menyesalinya dan berjanji agar besok tidak mengulanginya lagi. Akan tetapi, pada kenyataannya, keesokan harinya kamu pun mengulangi kesalahan itu lagi dan menyesal lagi. Hal seperti inilah yang harus dihindari.

Biasanya, saat kamu mengalami kegagalan dalam satu hari, lama-kelamaan kamu akan menganggap enteng kegagalan itu dan malah mengulanginya lagi. Maka dari itu, konsistensi adalah hal yang sangat penting untuk dibangun dalam diri kamu. Jika suatu saat kamu khilaf, kamu harus benar-benar teguh untuk tidak mengulangi hal yang sama. Logikanya, buat apa kamu melakukan lagi hal yang sudah pernah kamu sesali?

2. Tidak disertai dengan olahraga

watchfit.com

Percuma saja jika kamu mengurangi porsi makan sebanyak mungkin, tapi kamu tidak membangun kekuatan tubuh kamu dengan berolahraga. Jika kamu hanya mengurangi porsi makan, akan selalu ada kemungkinan bagi kamu untuk tiba-tiba merasa lemas dan ujung-ujungnya tidak bisa menahan lagi keinginan untuk makan di luar program diet kamu atau malahan kamu akan jatuh sakit.

Makanya, selain mengurangi makanan yang berlemak tinggi, kamu juga harus membina tubuh kamu dengan berolahraga agar tubuh kamu bisa lebih kuat menjalani aktivitas meskipun porsi makan kamu sudah berkurang dibandingkan sebelum diet. Lagipula, berolahraga bisa membantu untuk membakar lemak juga kan?

3. Melewatkan sarapan pagi

onlinecheckintocash.ml

Jangan berpikir bahwa dengan tidak sarapan, kamu sudah mengurangi porsi makan dan berharap untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing. Soalnya, jika kamu tidak sarapan dan langsung beraktivitas, pada jam makan siang kamu akan merasakan lapar yang berlebih sehingga dapat memicu nafsu makan yang berlebih pula. Kalau gitu, sama aja bohong kan?

4. Kurang asupan protein

draxe.com

Pengurangan porsi makan akan menjadi hal yang percuma jika tubuh kurang asupan protein. Saat tubuh kekurangan protein, kita akan lebih cepat merasa lapar sehingga kemungkinan besar kita akan kalah dengan rasa lapar itu dan kita pun akan makan secara berlebihan. Dengan protein yang cukup, metabolisme tubuh kita akan bertahan lebih lama sehingga kita bisa beraktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa harus merasa lapar. Makanan berprotein yang cocok untuk diet di antaranya adalah makanan yang mengandung kedelai (tahu, tempe, miso, kacang kedelai), ikan, kacang-kacangan, dan putih telur.

5. Mengonsumsi minuman berkalori

www.beerishealthy.com

Daripada kamu meminum minuman seperti kopi, minuman bersoda, atau bir, lebih baik kamu memperbanyak minum air mineral. Air mineral sangat baik untuk diet karena tidak terdapat kalori di dalamnya. Selain itu, air mineral juga memperlancar pencernaan kamu sehingga mengurangi endapan dari zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. Kalau ingin minum susu, kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai yang mengandung protein tinggi dan rendah kalori.

6. Melampiaskan emosi pada makanan

healthgreatness.com

Saat kamu merasa pikiranmu penat dengan aktivitas sehari-hari atau saat kamu sedang merasakan emosimu tengah memuncak, mungkin biasanya kamu akan melampiaskannya dengan memilih menu makan malam yang terdiri dari makanan-makanan kesukaan kamu. Masalahnya, terkadang makanan yang kita suka itu beberapa di antaranya bisa jadi memiliki potensi untuk menghancurkan program diet.

Maka dari itu, pengendalian emosi pun merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi yang memiliki aktivitas padat di setiap harinya. Ada baiknya jika kamu meluangkan waktu sesaat untuk berjalan-jalan agar stres kamu dapat berkurang.

7. Kurang baik dalam memanfaatkan waktu luang

www.ethos3.com

Terkadang, saat kita merasa bosan karena tidak ada kegiatan, kita memilih untuk ngemil agar dapat menghilangkan rasa bosan itu. Masalahnya, akan sulit sekali untuk mengendalikan porsi ngemil di saat kita sedang bosan. Ujung-ujungnya, program diet kamu jadi memiliki risiko yang lebih besar untuk gagal. Maka dari itu, ada baiknya jika waktu luang kamu itu diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat mengalihkan pikiranmu dari makanan.

8. Berbohong pada diri sendiri

www.outsideonline.com

Terkadang kita dapat lebih teguh untuk bertahan dalam program diet di hadapan orang lain yang sudah mengetahui bahwa kita sedang melakukan diet. Akan tetapi, saat sendirian, ternyata kita malah melonggarkan tekad kita itu tanpa diketahui orang. Maka dari itu, penting sekali bagi diri kita untuk bertanya kepada diri sendiri, “Apakah kita melakukan diet untuk orang lain atau untuk diri kita sendiri?"

9. Mudah terpengaruh oleh anggapan orang lain

thoughtcatalog.com

Mungkin kamu pernah ditanya oleh teman kamu tentang porsi makan yang tiba-tiba berkurang. Lantas, kamu menjawab bahwa kamu sedang diet. Teman kamu pun bertanya, “Yakin nih bisa diet?”. Terkadang orang lain memang dapat meragukan kemampuan kita untuk melakukan perubahan. Masalahnya, jika kita menelan keraguan orang lain itu, secara tidak langsung kita dapat dengan mudah untuk ragu juga kepada diri kita sendiri. Pembulatan tekad memang menjadi suatu hal yang penting. Jadi, ada baiknya jika tanggapan-tanggapan orang terhadap program diet kita itu tidak terlalu dipedulikan, kecuali jika tanggapan itu memuat saran positif yang bisa memperlancar program diet yang tengah kita jalani.

Diet itu memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Diperlukan niat yang sangat kokoh dan konsistensi yang tinggi. Selain itu, orang yang berdiet itu harus selalu waspada dalam menjaga metabolisme tubuhnya agar tidak cepat merasa lapar dan malah menemui penyesalan saat program dietnya gagal. Secara tidak langsung, program diet yang dijalani secara teratur itu dapat membuat mental kita tidak mudah goyah lho.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
24
SHARES
7 Tipe Orang Dilihat dari Cara Mandinya, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

7 Tipe Orang Dilihat dari Cara Mandinya, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

Banyak Diinginkan Orang, Mobil-mobil Mewah Ini Justru Jadi Rongsokan di Dubai

Banyak Diinginkan Orang, Mobil-mobil Mewah Ini Justru Jadi Rongsokan di Dubai

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Cara Membuat Bibir Merah Alami

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Cara Membuat Bibir Merah Alami

10 Tulisan Bijak dan Kocak di Belakang Truk Ini Bakal Bikin Kamu Cekikikan

10 Tulisan Bijak dan Kocak di Belakang Truk Ini Bakal Bikin Kamu Cekikikan

Selain Korea Selatan, Wisata Operasi Plastik Juga Ada di Thailand

Selain Korea Selatan, Wisata Operasi Plastik Juga Ada di Thailand

Ada Suku yang Penduduknya Nggak Jerawatan? Cek 5 Mitos dan Fakta Jerawat Ini

Ada Suku yang Penduduknya Nggak Jerawatan? Cek 5 Mitos dan Fakta Jerawat Ini

loading