Awas! 9 Gejala Penyakit Kanker Ini Kerap Dianggap Sepele Lho

www.kidspot.com.au
Line YuKepo.com

Kanker merupakan penyakit yang menyumbang angka kematian kedua terbanyak lho di dunia. Terlebih, kanker menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di negara-negara berkembang. Memangnya apa sih kanker? Kanker merupakan kelainan pada sel tubuh yang membuat sel tumbuh dengan tidak terkendali dan kerap menyerang jaringan biologis yang ada di dekatnya.

Penyakit ini cukup sulit pengobatannya, karena ini berkaitan dengan sel yang rusak. Dan tentunya pengobatan akan lebih efektif jika dilakukan jauh sebelum kanker ini membesar. Tetapi penyakit ini lebih sering tidak menimbulkan gejala sama sekali, meskipun tak sedikit kasus di mana penderita kanker merasakan berbagai gejala namun dianggap sepele.

Nah, faktanya adalah gejala-gejala yang sering dianggap sepele tadi sebenarnya bisa menjadi alasan awal perlunya dilakukan pmeriksaan lebih lanjut, sehingga jika memang terdapat sel kanker dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sebelum sel kanker tersebut meluas melalui jaringan darah. Apa saja ya gejala tersebut? Yuk kita ulas satu per satu supaya kita lebih aware.

1. Turun berat badan yang tidak jelas sebabnya

loseweight.merry-farmer.com

Penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya perlu menjadi perhatian lho guys. Terlebih, jika kamu sedang tidak menjalani program diet ataupun sedang tidak melakukan aktivitas olahraga di kesehariannya. Karena itu bisa berkaitan dengan keberadaan sel kanker yang ada di lambung, paru-paru, dan pankreas.

2. Demam tinggi

kentpeds.com

Demam mungkin merupakan penyakit yang sering dianggap sebagai efek tubuh yang kurang istirahat. Tetapi jika demam itu terlalu sering hadir di waktu yang berdekatan mungkin kamu perlu khawatir. Karena demam bisa menjadi gejala awal dari penyakit kanker di dalam darah, seperti leukimia dan kelenjar getah bening. Demam pun bisa mengindikasikan penyakit kanker usus besar dan ginjal pada tahap awal. 

3. Kelelahan

www.atayurt.com

Jika kamu merasa kelelahan tetapi istirahat tidak mengobatinya sama sekali, hal itu bisa menjadi salah satu gejala kanker lho. Gejala ini berkaitan dengan kanker usus, kanker perut, dan leukimia. 

4. Nyeri pada area tubuh

www.fitnesssolutionsplus.ca

Terkadang kanker tulang ataupun kanker testis bisa menyebabkan rasa nyeri pada tubuh lho. Nyeri pada kepala yang tak kunjung sembuh setelah pengobatan dalam jangka lama juga bisa disebabkan karena tumor yang ada di otak. Nyeri pada punggung pun bisa menjadi tanda adanya kanker pada ovarium ataupun usus. Jadi jangan diremehkan tuh rasa nyeri guys.

5. Perubahan kulit

www.littlefries.com

Timbulnya bintik pada kulit, tahi lalat, atau kutil yang berubah warna serta bentuk apalagi ukuran, sebaiknya menimbulkan rasa khawatir pada dirimu ya karena keadaan tersebut bisa dikaitkan dengan gejala kanker kulit. Selain itu, kulit yang memerah, kulit yang tampak lebih gelap, gatal, mata kekuningan mungkin juga terkait dengan kanker.

6. Perubahan pola buang air kecil maupun besar

www.menshealth.com

Diare yang berkepanjangan, konstipasi atau perubahan ukuran tinja ternyata bisa juga menjadi gejala penyakit kanker usus besar lho. Apalagi dengan adanya darah di dalam urine, hal tersebut juga bisa menjadi gejala kanker prostat.

7. Nafas yang pendek

www.bowencenter.bg

Kanker yang ada di dekat paru-paru sangat memungkinkan akan menghadang jalur udara di dalamnya. Keadaan tersebut akan membuat kamu sulit bernafas, atau kalaupun terkesan biasa, nafas kamu akan terasa pendek. Dan keadaan itu bisa dikaitkan dengan kanker payudara, dan kanker hati lho. Jadi jangan diremehin deh.

8. Sulit menelan makanan

www.wisegeek.com

Kanker mulut atupun kanker tenggorokan dapat menyebabkan dirimu kesulitan dalam menelan makanan lho. Itu juga bisa menjadi gejala berbagai macam kanker di bagian kepala dan leher. 

9. Timbul luka di bagian mulut

www.littlefries.com

Buat kamu yang suka menganggap sepele sariawan di mulut, mulai deh berhati-hati. Karena sariawan bisa menjadi awal kemunculan sel kanker, dan tentu bisa berujung kanker mulut jika tidak ditangani sejak awal. 

Itu dia guys gejala-gejala yang sebaiknya jangan pernah dianggap sepele. Karena bahaya kanker bukan hanya sekedar mitos ataupun fiktif yang dibuat untuk menakut-nakutimu. Sudah banyak loh korban penyakit kanker, bahkan dari kalangan artis. Mungkin itu bisa menjadi penguat bahwa kanker bukan penyakit ringan ya.

Pokoknya jangan cuma nungguin jodoh di depan pintu ya! Tetap berolahraga sebagai kiat hidup sehat, dan jangan pernah menyepelekan kondisi tubuh yang kamu rasa janggal. Keep healhty guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
78
SHARES
9 Meme Kocak Saat Jam Pelajaran Kosong Ini Pasti Pernah Kamu Alamin

9 Meme Kocak Saat Jam Pelajaran Kosong Ini Pasti Pernah Kamu Alamin

7 Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi Ini Membuat Warganya Sengsara

7 Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi Ini Membuat Warganya Sengsara

Inilah Tanda Hubungan LDR yang Serius Harus Direlakan, Kamu Siap?

Inilah Tanda Hubungan LDR yang Serius Harus Direlakan, Kamu Siap?

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

loading