Atasi Insomnia Parah dengan 7 Tips Mendekor Kamar Tidurmu Guys

www.telegraph.co.uk
Line YuKepo.com

Menjadi seorang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau kita biasa mendengar istilah insomnia memang sangat mengganggu. Bahkan lelahnya tubuh kamu setelah menjalani aktivitas keseharian pun ditolak tubuh, dan dirimu seakan dipaksa untuk terus melek, padahal sudah maksa untuk merem tuh.

Hal ini tentu sangat menyebalkan karena dirimu sadar akan adanya aktivitas rutin yang perlu kamu lakukan keesokan harinya, dan istirahat tentu menjadi hal yang diperlukan oleh tubuhmu. Tapi namanya insomnia ya tetaplah insomnia, susah banget tidur. Sekalinya merem, mungkin itu hanya dalam hitungan menit ya, sebelum akhirnya terbangun lagi.

Kelainan yang juga digolongkan kedalam penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan yang membawa pada intensitas tidur di waktu larut, tetapi juga bisa karena ketergaantungan obat dan bahkan gaya hidup yang kurang baik. Nah, ternyata kondisi kamar kamu juga bisa menjadi tameng dari insomnia lho. Jika kamu sudah menjadi salah satu penderita insomnia, kamu bisa melakukan 7 tips desain kamar ini nih sebagai antisipasi dan pengobatan insomnia. Apa aja ya? 

1. Atur posisi ranjang

health.detik.com

Sadarkah kamu jika insomnia juga bisa disebabkan oleh letak ranjang di kamarmu? Ya, letak ranjang yang kerap diletakkan menghadap sisi barat ataupun timur ternyata salah, karen sisi-sisi ini biasanya membuat ranjangmu terlalu terpapar cahaya matahari. Sehingga ranjang tidurmu akan menyimpan panas. Panas yang tadi diserap oleh tempat tidurmu tentu akan membuat tubuhmu tidak merasa sejuk. Sebaiknya posisikan ranjang tidurmu ke arah selatan atau utara.

2. Atur pencahayaan kamar

trivia.id

Pencahayaan kamar yang terlalu terang bahkan terlalu gelap juga bisa menjadi salah satu penyebab insomnia lho. Karena dalam kegelapan maupun dalam pencahayaan yang terlalu terang, otot mata akan menegang dan lelah. Hal ini tentu malah memicu sakit kepala yang malah membuat diri kamu semakin gelisah. Sebaiknya gunakan lampu tidur kecil yang kamu bisa letakkan sedikit jauh dari ranjang, sehingga tak terlalu menyilaukan mata.

3. Sesuaikan warna cat dinding

jurnal.maskoolin.com

Warna cat dinding yang paling direkomendasikan dalam menghindari insomnia adalah warna dingin seperti biru muda ataupun hijau muda. Karena warna-warna tersebut merupakan golongan warna yang mampu memberikan ketenangan. Namun kalau memang cat dindng kamar kamu sudah terlanjur diwarnai dengan warna lain, misalnya putih. Kamu bisa menambahkan aksen lain dengan warna dingin di atas, seperti tirai hijau muda, atau karpet biru muda. Sehingga tetap memberikan efek kesejukan.

4. Jauhkan meja kerja

www.vemale.com

Keberadaan alat bekerja hingga rak buku yang menyesuaikan hobi membaca kamu juga bisa menyebabkan insomnia lho. Jika memang kamu harus mengerjakan pekerjaan sebelum tidur, sebaiknya berhentilah 2 jam sebelum waktu tidur. Jauhkan novel ataupun bahan bacaan kesukaan kamu dari kamar, agar kamu otak kamu tidak memaksa diri kamu untuk memikirkan hal lain selain tidur. 

5. Perhatikan letak jendela

www.rumah.com

Posisi jendela kamar sebaiknya tidak behadapan langsung dengan tempat tidurmu ya. Dan posisi yang paling baik dari jendela kamar adalah berada di sisi samping dari ranjang dan sedikit berjarak. Sehingga pencahayaan akan tetap baik. 

6. Posisi pendingin ruangan

properti.liputan6.com

Jangan letakkan pendingin ruangan di atas tempat tidurmu. Karena hal tersebut bisa membuatmu merasa kedinginan. Dan hal tersebut tentu membuat tidurmu terasa gelisah. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga suhu kamar, karena tubuh akan merasa nyaman jika tidur di suhu ruangan, yaitu 25 derajat celcius. Karena suhu yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit kering, pusing, nyeri pundak serta punggung. Karena selama tidur kamu akan cenderung membentuk posisi meringkuk. 

7. Jauhkan jam dari pandangan

www.inovasee.com

Mungkin hal ini terkesan sepele, tetapi kamu harus sadar bahwa dengan melihat jam sebelum tidur, bisa menimbulkan stres tersendiri. Gelisah pun bisa mengiringi tidurmu. Ditambah suara detik jam yang seakan menghantui. Cobalah untuk tidak menghitung jam tidurmu. Cobalah lebih rileks saat tidur. 

Jika memang kamu kesulitan mengatasi insomnia, lakukan rentetan tips di atas. Karena tidur yang nyaman merupakan dorongan keefektifan aktivitas kamu di setiap harinya. Dan mulailah menjadikan momen tidurmu sebagai ritual rileksasi yang paling efektif. Waktu tidur yang lama tidaklah menjamin kualitas tidur yang baik. Maka perlunya rasa nyaman dalam tidur, untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Dan ingat, konsumsi obat sebagai pembantu tidur itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
33
SHARES
Oh, Jadi Ini 7 Tren Beramal Secara Modern Bagi Anak Muda

Oh, Jadi Ini 7 Tren Beramal Secara Modern Bagi Anak Muda

Dari Hoax Sampai Jomblo, Inilah Asal Mula 5 Istilah Gaul

Dari Hoax Sampai Jomblo, Inilah Asal Mula 5 Istilah Gaul

Inilah Penampakan Aurora di Seluruh Dunia yang Sangat Menakjubkan

Inilah Penampakan Aurora di Seluruh Dunia yang Sangat Menakjubkan

7 Orang yang Melakukan Operasi Plastik Agar Terlihat Mirip dengan Sang Idola

7 Orang yang Melakukan Operasi Plastik Agar Terlihat Mirip dengan Sang Idola

10 Foto Kehidupan Anak-anak di Korea Utara dengan Berbagai Macam Ekspresi

10 Foto Kehidupan Anak-anak di Korea Utara dengan Berbagai Macam Ekspresi

Inilah 7 Tren Kerja Generasi Millennial Jaman Sekarang, Kamu Siap Nggak?

Inilah 7 Tren Kerja Generasi Millennial Jaman Sekarang, Kamu Siap Nggak?

loading