Alasan Jadi Single di Usia 20-an Adalah Hal yang Patut Kamu Syukuri

pixabay.com
Line YuKepo.com

Single atau jomblo udah sering jadi bahan bully-an. Seakan mendapat predikat ini adalah sebuah kutukan yang harus segera disudahi. Padahal kalau mau melihat lebih dalam lagi, menjadi single terutama di usia 20an tak selamanya jadi bencana. Ada banyak keuntungan yang nantinya bisa kamu dapatkan.

Kalau sampai sekarang belum ada yang bisa membuat hatimu tergerak, pertahankan saja dulu. Sembari menikmati waktu kesendirian yang tak selamanya buruk. Seperti hal-hal baik yang akan kamu dapatkan ini.

1. Kamu mampu fokus meraih mimpi. Tanpa banyak hal yang mendistraksi

unsplash.com

Di usia 20an awal, mungkin jadi waktu yang tepat untukmu mewujudkan segala mimpi yang dulu pernah kamu bayangkan. Bermimpi punya bisnis sendiri, bekerja di perusahaan multinasional, atau apapun mimpimu, kamu bisa mulai mengupayakan sekarang.

Menjadi single justru akan membuatmu fokusmu tak terganggu hal apapun. Karena terkadang pacaran juga menyita banyak waktu dan pikiran. Ketika kamu lagi fokus dan sibuk-sibuknya, pacar tiba-tiba ngambek karena kamu lupa memberi kabar. Daripada urusan karir dan hubungan tak ada yang berjalan lancar, bukankah lebih baik pilih salah satu dulu?

2. Single di usia 20an membuatmu punya kesempatan mengenal diri sendiri

unsplash.com

Menjadi single membuatmu punya banyak kesempatan untuk mengenal diri sendiri. Tak akan ada komentar ini itu dari pacar. Kamu juga tak akan dituntut menjadi pribadi yang seperti dia inginkan. Kamu sendiri yang menentukan menjadi seseorang yang seperti apa. Kamu juga memiliki kebebasan untuk mencitrakan diri sesuai apa yang kamu inginkan.

Sebelum ada perasaan yang harus kamu hargai dan pikirkan, tentu masa-masa sendiri di usia 20an ini terlalu baik untuk kamu lewatkan.

3. Kamu jelas mandiri. Terbiasa melakukan apapun sendiri

unsplash.com

Jadi pribadi yang mandiri tak akan bisa terelakkan buat kamu yang memilih single di usia 20an. Kamu mandiri karena segala hal terbiasa kamu lakukan sendiri, tanpa tergantung dengan orang lain. Selama kamu bisa menyikapi hal ini dengan baik, rasa-rasanya melakukan apapun sendiri bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan.

Karena sifat mandiri ini tetap akan kamu butuhkan saat sudah menikah nanti. Banyak hal dalam pernikahan yang terkadang harus kamu selesaikan sendiri, meski sudah memiliki pasangan. Adanya pasangan untuk saling mendukung, bukan untuk melakukan apapun yang kamu suruh.

4. Pemikiranmu bisa ditempa jadi lebih kritis. Segala keputusan penting, kamu sendiri yang tentukan

unsplash.com

Tak beda jauh dengan kemandirian yang kamu punya. Dalam hal pemikiran, kamu bisa menempa dirimu menjadi sosok dengan pemikiran yang lebih kritis. Segala keputusan penting dalam hidupmu, kamu sendiri yang menentukannya. Meminta pendapat orang lain sesekali memang perlu. Tapi itu hanya sebatas dijadikan referensi saja. Setelahnya semua keputusan akan kembali ke kamu.

Itulah mengapa, kamu perlu memaksa diri untuk mampu berpikir kritis. Memprediksi segala sesuatu dengan baik, termasuk memikirkan konsekuensi-konsekuensi apa yang akan kamu terima setelah mengambil keputusan tersebut.

5. Kamu bisa melihat satu hal dari berbagai sudut pandang. Pandanganmu tak jadi terbatas

unsplash.com

Kalau punya pasangan, secara nggak langsung, baik sadar maupun tidak, pemikiranmu akan menjadi sama dengan pasanganmu. Apa yang dia yakini, secara nggak langsung adalah hal yang kamu yakini juga. Itulah mengapa terkadang mereka yang pacaran, penilaiannya pun menjadi sering subjektif.

Menjadi single di usia 20an, setidaknya memberimu kesempatan untuk memiliki sudut pandang yang lebih luas lagi. Kamu tidak akan terbatasi oleh pendapat pasangan. Karena kamu menyadari, apa yang kamu yakini, belum tentu orang yakini pula. Sehingga kamu belajar untuk lebih memahami orang lain, yang bahkan memiliki sudut pandang berbeda darimu.

6. Dan yang lebih menguntungkan, untuk sementara kamu tak akan dipusingkan oleh masalah pelik ala pacaran

unsplash.com

Sebenarnya inilah keuntungan yang akan paling kamu rasakan saat menjadi single di usia 20an. Untuk sementara waktu, setidaknya sampai kamu merasa perlu menanggalkan status single, kamu akan terbebas dari segala macam permasalahan pelik khas pacaran.

Kamu tak akan merasakan pusingnya berantem hanya karena pacar yang terlalu protektif atau cemburuan. Hari-harimu bisa kamu jalani dengan tenang. Nikmat menjadi single mana yang bisa kamu dustakan? 

Menjadi single sebenarnya bukan kutukan, kalau kamu mampu membawa diri dengan benar. Malah ini bisa jadi anugerah. Sampai akhirnya nanti kamu siap menjalin hubungan dan berbagi dengan seseorang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
18
SHARES
Keren Abis, 7 Foto Tempat Ibadah Berlapis Emas Ini Bikin Kamu Ingat Dosa-dosamu

Keren Abis, 7 Foto Tempat Ibadah Berlapis Emas Ini Bikin Kamu Ingat Dosa-dosamu

Pilih Pakai Poni, Para Artis Indonesia ini Justru Tampil Makin Aduhai!

Pilih Pakai Poni, Para Artis Indonesia ini Justru Tampil Makin Aduhai!

Buat Para Ladies, Berani Gak Pake Gaun Seperti 9 Gambar Ini?

Buat Para Ladies, Berani Gak Pake Gaun Seperti 9 Gambar Ini?

Gak Nyangka! 7 Jurusan Unik yang Ada di Dunia Ini Bikin Kamu Garuk Kepala

Gak Nyangka! 7 Jurusan Unik yang Ada di Dunia Ini Bikin Kamu Garuk Kepala

Inilah Daftar Pemenang Nominasi Brit Awards 2017 yang Mengagetkan!

Inilah Daftar Pemenang Nominasi Brit Awards 2017 yang Mengagetkan!

Gak Disangka-sangka, Ternyata Ada Dampak Positif Peninggalan Penjajah di Indonesia

Gak Disangka-sangka, Ternyata Ada Dampak Positif Peninggalan Penjajah di Indonesia

loading