Ajaib, Efek Obat ‘Kosong’ Bisa Menyembuhkan? Inilah Penjelasan Menarik Tentang Plasebo

newtrend.bg
Line Yukepo.com

Semua orang tentu pernah merasakan sakit, setidaknya sekali seumur hidup. Meskipun kamu merasa nggak pernah sakit, tapi waktu kecil kamu pasti pernah menderita demam. Bersyukurlah yang punya jiwa raga yang sehat sehingga nggak perlu repot ke dokter atau menginap di rumah sakit. Tapi ketika jatuh sakit, mau nggak mau kita harus berusaha untuk sembuh dengan cara minum obat yang dijual di apotek, memeriksakan diri ke dokter atau dirawat di rumah sakit. Mau rawat jalan atau rawat inap, umumnya kita akan diberikan serangkaian obat untuk mengurangi rasa sakit, mencegah virus dan bakteri berkembang biak di dalam tubuh, atau agar kondisi tubuh cepat kembali normal.

addictiondoctor.org

Nyatanya, nggak semua orang bisa langsung sembuh setelah mengonsumsi obat-obat yang diresepkan oleh dokter. Meskipun obatnya manjur banget, tapi ada kalanya setelah minum obat secara rutin, istirahat yang cukup, dan makan yang bergizi tetap nggak bikin kamu jadi sembuh. Hal ini justru bikin kamu bingung, sebenarnya emang penyakitnya yang susah disembuhkan atau obatnya yang nggak manjur ya?

Tahukah kamu di dunia ini ada yang namanya obat ‘kosong’ yang justru lebih ampuh daripada obat-obat biasa. Ajaib kan? Yuk, kenalan dengan yang namanya plasebo. Istilah ini berasal dari kata “I shall please”.  Sebenarnya, plasebo merupakan sebuah istilah yang merujuk pada rangkaian perawatan medis yang ditujukan untuk membuat pasien merasa lebih baik. Plasebo nggak hanya berbentuk obat-obatan, melainkan juga bisa berbentuk perawatan lainnya seperti pemeriksaan dokter, pemberitahuan hasil diagnosa, hingga penjelasan tentang gejala-gejala dan tindakan yang harus dilakukan. Tapi yang membedakan dengan perawatan medis pada umumnya adalah kalau plasebo ada sedikit modifikasinya.

www.agapepress.org

Perawatan plasebo bisa benar-benar efektif lho. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang diadakan pada akhir tahun 1950-an di mana ada ribuan orang yang menderita penyakit angina pectoris. Bukan, ini bukan sakit karena masuk angin, tapi sakit dada yang disebabkan oleh tidak cukupnya persediaan darah yang menuju jantung. Untuk mengatasinya, harus dilakukan operasi internal mammary artery ligation atau prosedur operasi yang dipercaya dapat meningkatkan supply darah menuju jantung. Ternyata hasilnya luar biasa, sekitar 90% pasien merasa lebih baik.

Tapi beberapa dokter bedah jantung merasa skeptis dan menelitinya. Nyatanya, telah dilakukan eksperimen operasi. Pasien dibagi menjadi dua kelompok. Dokter melakukan operasi jantung pada pasien di kelompok pertama. Sedangkan di kelompok kedua, dokter hanya berpura-pura melakukan operasi jadi hanya dilakukan pembelahan dada tapi nggak dilakukan operasi. Sebanyak 76% pasien di kelompok pertama yang mengaku ada peningkatan dan merasa lebih baik; sementara itu 100% pasien di kelompok kedua mengaku lebih baik. Wah, ternyata plasebo lebih efektif daripada operasi jantung beneran!

www.medicalnewstoday.com

Lalu, pasti muncul pertanyaan: kok bisa sih? Sebenarnya nggak semua penyakit bisa disembuhkan dengan plasebo. Beberapa perawatan plasebo nggak sekuat itu, tergantung pada penyakitnya dan kondisi psikologis pasiennya. Hal yang perlu ditekankan adalah perbedaan antara penyakit yang diderita (disease) dan kondisi saat sakit (illness). Nah, plasebo menyasar pada illness yang biasanya berupa stress, pusing, sakit perut, kelelahan, hingga depresi. Misalnya nih, orang yang sedang menderita penyakit kronis juga merasakan pusing-pusing sehingga sulit tidur. Dokter pun memberikan serangkaian obat ‘kosong’ untuk meringankan rasa pusing dan sulit tidur pasien tersebut. Pasien percaya bahwa setelah mengonsumsi obat ini maka rasa pusing jadi hilang dan nggak sulit tidur lagi. Akhirnya pasien pun nggak merasakan lagi kondisi tersebut. Jadi, sebenarnya itu hanyalah masalah pola pikir!

Nah, yang ada di dalam pil atau kapsul obat tersebut apa dong? Menurut penelitian, perawatan secara plasebo dengan bentuk pemberian obat pil atau kapsul adalah yang paling efektif. Biasanya obat plasebo terbuat dari gula dan tepung (serbuk laktosa) yang nggak memiliki efek sama sekali terhadap penyakit yang sedang diderita pasien. Oleh karena itu, obat ini disebut sebagai obat ‘kosong’. Selain obat yang ditelan, plasebo juga bisa berbentuk cairan yang disuntikkan. Biasanya yang disuntikkan itu hanyalah air biasa.

Tapi, plasebo masih menjadi kontroversi di dunia medis saat ini. Karena sebenarnya, dokter nggak boleh sembarangan meresepkan obat yang bersifat plasebo. Dan penggunaan dalam jangka waktu yang panjang dapat memiliki efek yang nggak bagus untuk kesehatan pasien. Intinya, semua penyakit tentu ada obatnya. Rasa sakit yang kita rasakan mungkin aja pengaruh dari kondisi psikologis atau gangguan mental yang kita alami selama sakit. Jadi, plasebo mengajarkan kita untuk tetap optimis dan bahagia meski sedang sakit. Perasaan bahagia dan optimis akan kesembuhan bisa berdampak pada efektivitas perawatan yang sedang kita jalani, guys. Kamu nggak perlu mengonsumsi plasebo kalau kamu bisa menciptakan rasa tenang, bahagia, dan optimis dari diri sendiri. Buat kamu yang lagi sakit, semangat ya! Jangan lupa untuk tetap bahagia dan berdoa!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
7
SHARES
Kenapa Sih Anak Muda Harus Melek Politik? Inilah Alasan, Cara dan Keuntungannya!

Kenapa Sih Anak Muda Harus Melek Politik? Inilah Alasan, Cara dan Keuntungannya!

Rumah Danau Indah yang Ada di Seluruh Dunia Ini Sangat Menawan dan Memukau

Rumah Danau Indah yang Ada di Seluruh Dunia Ini Sangat Menawan dan Memukau

Tidak Hanya Monalisa, Inilah Lukisan-lukisan Paling Terkenal di Dunia

Tidak Hanya Monalisa, Inilah Lukisan-lukisan Paling Terkenal di Dunia

Machu Picchu, Misteri Kota Peradaban Inka yang Hilang dan Berlapis Emas

Machu Picchu, Misteri Kota Peradaban Inka yang Hilang dan Berlapis Emas

Inilah Wujud Tanaman dari Berbagai Jenis Macam Olahan Makanan yang Belum Kamu Tahu

Inilah Wujud Tanaman dari Berbagai Jenis Macam Olahan Makanan yang Belum Kamu Tahu

10 Potret Kamar Tidur Anak Miskin Ini Bikin Miris, Ingin Coba Menginap?

10 Potret Kamar Tidur Anak Miskin Ini Bikin Miris, Ingin Coba Menginap?

loading