8 Trik Bahasa Tubuh Ini Bisa Bikin Kesan Pertamamu Jadi Lebih Keren

ivyplussociety.com
Line Yukepo.com

Kesan pertama nggak hanya diperoleh dari senyuman atau sapaan “hai” saat awal pertemuan dan kenalan. Lebih dari itu, secara nggak sadar ternyata bahasa tubuh kita juga menjadi penilaian bagi orang lain. Meski bukan dinilai secara eksplisit, tapi bahasa tubuh akan menunjukkan kualitas seseorang saat kesan pertama, terutama bagi kamu yang ingin melamar kerja, bertemu calon mertua, atau ingin bertemu orang penting lainnya. Agar kesan pertamamu terlihat baik dan keren, kamu bisa gunakan trik-trik berikut ini.

1. Ikuti gerak tubuh lawan bicaramu

Sumber Gambar

Trik ini disebut juga dengan teknik mirroring. Kamu seolah-olah menjadi cermin bagi lawan bicaramu. Bukan berarti kamu benar-benar meniru semua gerak tubuhnya, tapi kamu bisa mengikuti bagaimana bahasa tubuhnya, seperti ayunan tangan, senyuman, tatapan, hingga ekspresinya. Trik ini telah diteliti dan membuktikan bahwa mirroring dapat membuat seseorang (lawan bicaramu) merasa nyaman ketika berinteraksi denganmu karena seolah-olah menunjukkan kekaguman dan persetujuan terhadap orang tersebut.

2. Berjalan dengan penuh semangat

youqueen.com

Maksudnya adalah berjalan dengan perasaan yang mantap dan percaya diri. Berjalan dengan penuh semangat bukan seperti berlari atau terburu-buru. Nggak perlu takut salah, kamu cukup berjalan dengan badan yang tegap, pandangan mata lurus ke depan, dan langkah kaki yang mantap. Hal ini akan memicu kepercayaan dirimu dan membuatmu jadi lebih menarik. Kesan pertamamu pun nggak akan gagal deh.

3. Menjaga kontak mata

relationshipsmag.com

Saat berbicara dengan orang lain, pastikan kamu menatap kedua mata lawan bicaramu. Trik ini merupakan bahasa tubuh yang paling mudah untuk dilakukan. Topik obrolan apa pun akan jadi lebih menarik jika kamu dan lawan bicara bisa saling menatap. Trik ini menunjukkan bahwa kamu tertarik untuk ngobrol dan nyaman ketika berinteraksi dengannya. Kontak mata di sini adalah tatapan mata yang hangat dan ramah ya, bukan melotot atau mata yang genit.

4. Jangan sembunyikan tanganmu

magweb.ir

Meskipun gugup, usahakan untuk tetap memperlihatkan tanganmu saat berbicara dengan orang lain atau saat berbicara di depan umum. Maksudnya, minimalisir untuk menyembunyikan tanganmu di kantong celana atau jas. Trik ini akan membuatmu tampil sebagai orang yang ramah, terbuka, dan welcome dengan kehadiran orang lain. Kamu pun akan terlihat menyenangkan dan friendly banget, bahkan di detik-detik pertama saat perkenalan.

5. Jangan terlihat gelisah dan kaku

www.shutterstock.com

Mungkin, kamu pernah melihat ada orang yang kelihatannya gelisah banget dengan menggoyang-goyangkan kaki, memelintir rambut, mengetuk-ngetukkan jari, dan sebagainya. Hal ini merupakan reaksi dari sistem saraf yang menandakan bahwa kamu sedang merasa nggak nyaman. Kalau kesan pertamamu seperti ini, orang lain akan merasa kamu nggak ingin berlama-lama dengan mereka. Tapi, jangan terlalu kaku dan dibuat-buat juga. Usahakan untuk bersikap serileks mungkin, ya. Kalau gugup, kamu bisa tarik napas yang dalam dan hembuskan perlahan untuk menenangkan diri.

6. Duduk tegap

www.huffingtonpost.com

Postur tubuh tegap akan menimbulkan rasa percaya diri, lho. Jadi, kalau kamu ingin menunjukkan kesan pertama yang baik, usahakan untuk duduk tegap. Bukan berarti kamu nggak boleh bersandar. Usahakan agar posisi tubuhmu tidak terlihat seperti orang yang sedang bermalas-malasan atau nggak bersemangat. Dengan duduk tegap, kamu akan terlihat cerdas, percaya diri, dan kredibel. Jangan takut nggak bisa, latih dulu yuk untuk terbiasa duduk tegap.

7. Berjabat tangan dengan baik

www.freepik.com

Bersalaman atau berjabat tangan mungkin adalah hal yang sepele. Tapi, justru dari jabat tanganlah kamu bisa menunjukkan kesan pertama yang baik. Jabat tangan lawan bicaramu dengan genggaman yang cukup tegas, tapi nggak begitu kuat atau terlalu lemah. Jabat tangan menunjukkan apa yang ada di dalam dirimu saat itu. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan kontak mata dan tersenyum saat berjabat tangan agar mampu menampilkan kesan yang lebih baik.

8. Pelan-pelan aja

www.udemy.com

Terkadang kalau gugup, seseorang bisa berbicara terlalu cepat atau malah diam membisu. Kalau kamu merasa gugup, nggak perlu tergesa-gesa dalam berbicara. Cukup katakan dengan pelan-pelan agar lawan bicaramu pun mengerti. Selain berbicara, gerakan tubuh pun demikian. Sebisa mungkin hindari gerakan yang terlalu cepat atau yang kaku banget. Santai dan pelan-pelan aja ya.

Nah, itulah tadi beberapa trik bahasa tubuh yang bisa membantumu meraih kesan pertama yang baik. Mungkin, kamu berpikir bahwa kesan pertama nggak begitu penting, tapi setidaknya kesan pertama bisa membuatmu lebih percaya diri. Dengan melakukan trik ini, sebenarnya kamu melakukannya untuk dirimu sendiri, guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
50
SHARES
11 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Ayah adalah Orang yang Cengeng

11 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Ayah adalah Orang yang Cengeng

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

Foto-foto Ini Bakal Membuktikan Apakah Kamu Menderita Vertigo atau Enggak

Foto-foto Ini Bakal Membuktikan Apakah Kamu Menderita Vertigo atau Enggak

Jangan Salah, Inilah Cara Mudah Menghitung Masa Subur Berdasarkan Jenis Siklus Haid

Jangan Salah, Inilah Cara Mudah Menghitung Masa Subur Berdasarkan Jenis Siklus Haid

10 Foto Selfie Ekstrem yang Dilakukan oleh Orang-orang Ini Bisa Bikin Lututmu Gemeteran

10 Foto Selfie Ekstrem yang Dilakukan oleh Orang-orang Ini Bisa Bikin Lututmu Gemeteran

Tren Kecantikan dari Masa ke Masa Ini Bisa Jadi Referensimu untuk Tampil Menarik

Tren Kecantikan dari Masa ke Masa Ini Bisa Jadi Referensimu untuk Tampil Menarik

loading