7 Warisan Nazi Zaman Hitler Ini Masih Digunakan Hampir di Seluruh Negara

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Mungkin kamu udah tahu tentang kisah kelamnya Partai Nazi yang berkuasa di Jerman selama perang dunia kedua. Memang banyak banget catatan sejarah kelam mengenai Nazi ini. Mulai dari tindakan rasisnya hingga pembantaian masal. Kejam dan memang tidak berperikemanusiaan banget lah pokoknya seperti yang diceritakan sejarah. Tapi nyatanya, pemerintah Nazi menerapkan sejumlah kebijakan untuk kebaikan rakyatnya. Bahkan kebijakan tersebut bisa kita rasakan di pemerintahan kita dan lainnya karena memang memiliki tujuan yang bagus. 

Deretan listicles di bawah ini bukan sebagai pembenaran atas catatan kelam yang dilakukan Nazi zaman Hitler di masa lalu. Kejahatan dan kebaikan memang memiliki nilainya masing-masing. YuKepo kali ini mau bahas tentang beberapa kebijakan "Baik" yang dibuat oleh pemerintahannya. Penasaran? Langsung aja scroll ke bawah. 

1. Gerakan Anti Tembakau

Sumber Gambar

Gerakan anti tembakau di Nazi Jerman adalah kampanye publik anti merokok pertama dalam sejarah modern. Gerakan ini muncul setelah para dokter Jerman menjadu yang pertama berhasil menemukan hubungan antara merokok dan kanker paru-paru. Secara pribadi, Adolf Hitler membenci tembakau meskipun beiau sempat menjadi perokok berat di awal kehidupannya. Hitler memandang merokok sebagai "kemerosotan" dan "kemurkaan" orang kulit merah terhadap orang kulit putih. Makanya, seringkali kampanye ini dikaitkan dengan antisemitisme dan rasisme. 

2. Konservasi Satwa

Sumber Gambar

Ketika Nazi berkuasa di tahun 1933, mereka bukan hanya melindungi hak-hak orang Jerman, melainkan juga satwanya. Pada tahun 1934, pemerintah Nazi mengeluarkan undang-undang Das Reichsjagdgesetz yang mengatur berapa jumlah hewan yang dibantai dalam satu tahun. Mereka juga memperkenalkan undang-undang musim berburu yang kemudian banyak diadopsi benyak negara barat. Langkah lain yang dibuat oleh Nazi adalah dengan mewajibkan pelajaan tentang pelindungan satwa di institusi pendidikan. Di tahun 1935, Nazi juga mengeluarkan undang-undang untuk melindungi beberapa satwa liar seperti serigala dan lynx.

3. Program Kesejahteraan

Sumber Gambar

Nazi pernah mencatatkan sejarah gemilang dengan memiliki program kesejahteraan sosial terbesar dalam sejarah. Program ini didasarkan pada falsafah Nazi bahwa setiap rakyat Jerman harus mendapatkan standar hidup yang layak. Salah satu program yang terkenal adalah program musim dingin atau Winterhilfswerk (Winter Relief Program) di mana Perwira tinggi Nazi dan masyarakat umum turun ke jalan untuk mengumpulkan amal untuk diberikan bagi yang kurang beruntung. Joseph Goebbels, dirinya dan petinggi Nazi mengendalikan para pengendali Radio, Televisi dan Propaganda juga sering berartisipasi dalam peristiwa ini. 

Tapi bagaimana sebenarnya dana ini digunakan? Sebagian besar dari pencurian barang-barang dari orang-orang yang dianggap musuh rezim. Pemerintah Nazi mencuri dalam jumlah besar dari populasi mereka dan menggunakannya untuk mendanai skema kesejahteraan sosial pada anggota masyarakat yang terpilih. 

4. Volkswagen

Sumber Gambar

Dalam bahasa Jerman, "Volkswagen" berarti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris artinya The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (Kecintaan kepada Mobil). Volkswagen awalnya didirikan pada tahun 1937 oleh serikat dagang Nazi yaitu Deutsche Arbeitsfront. Mobil ini sukses besar (tersedia bagi warga Reich Ketiga melalui skema tabungan di 990 Reichsmark). Namun menjelang akhir perang sumber daya rendah dan ketersediaan publik menurun. Volkswagen Type 1 Sedan alias KdF-Wagen merupakan mobil pertama keluaran Volkswagen yang spesifikasinya ditentukan sendiri oleh Hitler. Mobil ini mampu memuat 4 orang dan berjalan hingga kecepatan 100km/jam. Mobil ini kemudian hari menjadi mobil yang paling banyak diproduksi di dunia dan dikenal dengan nama VW Beetle.

5. Jalan Tol

Sumber Gambar

Selain membuat mobil rakyat, Hitler juga sangat antusias membangun jaan raya demi menghubungkan seantero Jerman. Jerman adalah negara pertama yang menggunakan sistem jalan raya bebas hambatan untuk menghubungkan seluruh negeri. Pada masanya, pembangunan ini memakai teknik tercanggih yang pernah ada. Proyek ini nyatanya mampu menyerap 100.000 lapangan kerja baru yang sangat membantu pemulihan ekonomi Jerman akibat perang dunia pertama. Tidak hanya membentang ke seluruh Jerman, ternyata jalan raya ini dibuat menembus sampai Austria. 

6. Inovasi dalam Film

Sumber Gambar

Nazi sangat tertarik pada film dan musik sebagai teknik propaganda dan pilar budaya penting. Rekaman kaset pertama dari pidato Hitler dan Joseph Goebbels mendorong mereka untuk membuat metode yang lebih rumit untuk film. Misalnya film 'Triumph of the Will' sekuel dari film propaganda sebelumnya 'Triumph of the Faith' dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dari sejarah sinematografi. 

 

7. Kontribusi dalam Fashion

Sumber Gambar

Kalau liat seragam Nazi memang mungkin bisa dibilang paling keren di antara yang lainnya. Jaket keren berwarna hitam pekat dengan kerah yang kaku dan logo Runic SS, dipadukan dengan topi opsir dan sejumlah lencana di dada, serta armband di lengan dengan warna merah menyala dilengkapi lambang Swastika di tengahnya memberikan kesan yang gagah dan menakutkan bagi pasukan militer Schutztaffel. Warna khas mereka sering disebut feldgrau yaitu perpaduan warna hijau dengan abu-abu. Selain itu, sabuk kulit besar dan sepatu boot membuat tentara Nazi selalu terlihat gagah. Ternyata memang kostum tentara Nazi didesain oleh desainer ternama dunia, yaitu Hugo Boss. 

Beberapa penjelasan di atas bukan untuk mencari simpati pembenaran terhadap perilakunya Nazi di masa lalu. Kejahatan tetaplah kejahatan, apalagi mengenai aksi genosida besar-besaran yang dahulu sudah dilakukan. Kita berdoa aja, supaya gak ada Nazi-nazi lain di masa yang akan datang. Hidup indah dan aman tanpa perang, tanpa pertumpahan darah. Ya gak? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
13
SHARES
Inilah 11 Nama Asli Penyanyi Dangdut Wanita yang Bakal Bikin Kamu Melongo!

Inilah 11 Nama Asli Penyanyi Dangdut Wanita yang Bakal Bikin Kamu Melongo!

Bukan Bule, Suku Asli Amerika Ternyata Beda Jauh Sama Tampilan Orang Amerika Sekarang!

Bukan Bule, Suku Asli Amerika Ternyata Beda Jauh Sama Tampilan Orang Amerika Sekarang!

Yuk Menikmati Croissant Ditemani Dengan Secangkir Kopi Lezat!

Yuk Menikmati Croissant Ditemani Dengan Secangkir Kopi Lezat!

Serius! 9 Kegiatan Menunggu Ini Paling Bikin Hatimu Gak Sabaran Banget

Serius! 9 Kegiatan Menunggu Ini Paling Bikin Hatimu Gak Sabaran Banget

Perbedaan Menu Makan Siang Anak Sekolah di 11 Negara, Dijamin Bikin Ngiler!

Perbedaan Menu Makan Siang Anak Sekolah di 11 Negara, Dijamin Bikin Ngiler!

Keren, 9 Foto Wanita Ini Menggunakan Bayangan Sebagai Kostumnya!

Keren, 9 Foto Wanita Ini Menggunakan Bayangan Sebagai Kostumnya!

loading