7 Sistem Pendidikan di Finlanda Berhasil Jadi Lebih Baik, Gimana Dengan Indonesia?

nisatucha.blogspot.co.id
Line YuKepo.com

Selama sekolah pasti yang jadi julukan kalau kamu pintar itu ngeliatnya dari ranking yang kamu dapat. Bener gak? Kalau kamu ada dideretan paling ujung daftar ranking pasti ada kesan negatif buat kamu. Meskipun sebenarnya jadi ranking pertama gak selalu orang yang benar-benar pintar ya guys. Beruntungnya sekarang di Indonesia sistem ranking mulai dihapuskan jadi tidak ada batas perbedaan melalui ranking. Nah, dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia pasti bikin kamu penasaran nih gimana sih sistem pendidikan yang ada di sekolah-sekolah dari berbagai negara. Kali ini YuKepo mau mengulas tuntas sistem pendidikan di Finlandia. Kenapa Finlandia? Jawabannya adalah reformasi di negara Finlandia dari tahun 1970 dapat gelar sistem pendidikan terbaik dari berbagai belahan dunia lho. Meskipun belajarnya terlihat bebas banget justru itu jadi rahasia kesuksesan sitem pendidikan disana. Pasti kamu udah Kepo ya? YuKepo cus!

1. Waktu yang lebih singkat dan sistem pembejaran mirip anak kuliahan untuk siswa tingkat SMA

penulispro.net

Waktu yang cukup singkat tapi relatif lebih efisien untuk para murid agar otak bisa terus produktif dalam belajar. Disini para siswa SD-SMP cuma belajar 4-5 jam/hari. Untuk para murid SMA sistem pembelajaran mereka seperti anak kuliahan guys. Mereka datang bukan karena unsur keterpaksaaan tapi mereka sadar itu sebagai kewajiban dari hati nurani mereka.

2. Cuma anak yang udah umur 7 yang boleh daftar sekolah

www.anehtapinyata.net

Kalau udah nyebutin umur, Finlandia konsisten nih sama sistem pendidikannya. Disana anak yang udah genap usia 7 tahun baru bisa sekolah. Alasannya karena umur 7 tahun itu baru dikatakan mereka siap buat belajar. Coba di Indonesia, umur 3 tahun udah disuruh sekolah biar pintar dari kecil. Kalau di Finlandia mereka gak khawatir kayak gitu lho. Justru mereka kasih kebebasan buat main dan lebih ngutamain anak-anak supaya bisa lebih bersosialisasi sama teman sepantaran mereka guys

3. Kalau udah 45 menit belajar kamu bisa istirahat 15 menit

seducation.hol.es

Istilahnya belajar lama-lama otak bisa ngebul karena udah gak fokus jadi perlu istrihat. Nah Finlandia juga udah terapin sistem setiap murid yang udah belajar 45 menit mereka boleh belajar 15 menit. Supaya murid gak merasa bosan karena harus duduk diam di bangku kelasnya. Selain siswa bisa lebih fokus, sistem ini juga bertujuan untuk kesehatan tubuh murid karena mereka bisa lebih aktif bergerak dan melakukan aktifitas lainnya selama istirahat.

4. Guru adalah sosok penting yang diperhatikan oleh pemerintah Finlandia

penulispro.net

Finlandia peduli banget nih sama kesejahteraan guru karena guru sebagai sosok paling penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pendapatan para guru disini dua kali lipat bila dibandingkan dengan guru di Amerika Serikat guys. Kamu yang belum mendapatkan gelar master diberikan subsidi agar bisa meraih gelar master. Nah, gimana coba kalau guru di Indonesia bisa diperlakukan kayak gini? 

5. Guru punya kewenangan untuk mengevaluasi muridnya, jadi UN gak ada deh

www.anehtapinyata.net

Guru dengan mutu pendidikan yang tinggi dianggap sebagai orang yang paling tahu muridnya. Sehingga pemerintah memberikan tanggung jawab penuh kepada mereka dan hak untuk mengevaluasi murid-muridnya guys. Nah, asiknya disini jadi gak ada Ujian Nasional untuk SD dan SMP, bukan berarti mereka gak mementingkan ujian. Di Finlandia adanya Ujian Matrikulasi Nasional tapi cuma buat murid SMA dan ini sifatnya gak wajib. 

6. Biaya sekolah gratis tapi berkualitas

www.anehtapinyata.net

Bukan sekedar sekolah wajib 9 tahun tapi di Finlandia gratisnya gak PHP untuk seluruh sekolah guys. Selain itu pemerintah juga bikin program unik yang kasih gratis makan siang dan angkutan sekolah. Sekolah swasta juga diatur lho sama pemerintah supaya biayanya tetap terjangkau.

7. Semua murid itu pintar jadi ranking itu gak perlu

www.anehtapinyata.net

Finlandia percaya bahwa setiap muridnya sama dan pintar. Jadi mereka gak menganut kalau murid yang pintar itu mereka yang punya ranking 1. Sistem ini sudah terbukti mampu mengurangi kesenjangan pendidikan. 

Itu dia sederetan alasan kenapa Finlandia bisa lebih maju dalam dunia pendidikan. Gimana menurut kamu kalau ini diterapin di Indonesia. Gak harus di terapin secara keseluruhan sih, bisa di coba dulu dari penyetaraan kualitas pendidikan dan fasilitas yang bisa mendukung dunia pendidikan bisa jadi lebih baik. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
37
SHARES
Smartphone Nokia 6 Laris Manis, Akankah Ikuti Jejak 7 Pendahulunya?

Smartphone Nokia 6 Laris Manis, Akankah Ikuti Jejak 7 Pendahulunya?

Kisah Di Balik Soundtrack Game Populer Ini Bakal Bikin Kamu Kaget!

Kisah Di Balik Soundtrack Game Populer Ini Bakal Bikin Kamu Kaget!

Inilah 10 Artis Cantik yang Sering Main FTV, Bikin Adem Jiwa dan Raga!

Inilah 10 Artis Cantik yang Sering Main FTV, Bikin Adem Jiwa dan Raga!

Hati-hati! Fakta-fakta Ilmu Sains Ini Bisa Bikin Kaget Sekaligus Sedih!

Hati-hati! Fakta-fakta Ilmu Sains Ini Bisa Bikin Kaget Sekaligus Sedih!

Wow! Siapa Sangka 7 Perusahaan Raksasa Ini Berawal dari Garasi Rumah

Wow! Siapa Sangka 7 Perusahaan Raksasa Ini Berawal dari Garasi Rumah

Kamu Takut Reptil? Lihat Dulu 7 Foto Reptil yang Menggemaskan Ini!

Kamu Takut Reptil? Lihat Dulu 7 Foto Reptil yang Menggemaskan Ini!

loading