7 Permainan Seru Era 90-an yang Hanya Bermodalkan Kertas. Masih Ingat Cara Mainnya?

negaraislam.org
Line Yukepo.com

Jauh sebelum Flappy Bird, Clash Of Clans, serta Mobile Legend menjadi permainan kegemaran anak-anak di era sekarang, anak-anak era 90-an memenfaatkan segala benda di sekitar sebagai media hiburan dan kesenangan. Jika saat ini anak-anak hanya terpaku pada layar smartphone, anak-anak di zaman dulu dengan hanya bermodalkan kertas dan pulpen saja sudah cukup untuk membuat berbagai bentuk permainan yang menyenangkan. Berbagai macam permainan yang dihasilkan dari kertas tentunya tidak kalah seru dengan beberapa permainan yang dijual di pasaran. 

Secara tidak kita sadari, dalam membuat permainan dari kertas, kekreativitasan seorang anak jauh lebih terasah dibandingkan dengan membeli permainan yang sudah jadi. Hal ini disebabkan permainan kertas akan memaksa kita untuk mengingat pola lipatan agar bisa menjadi sebuah permainan. Dengan membuat berbagai permainan tradisional dari kertas, anak-anak 90-an terbiasa dengan “membuat” sebuah kesenangan dibandingkan dengan "membeli" kesenangan. Nah, berikut beberapa permainan seru era 90-an yang hanya bermodalkan kertas dan pulpen. Kamu masih ingat cara mainnya?

1. Pesawat kertas

www.brilio.net

Entah siapa yang memulai duluan dalam membuat pesawat legendaris yang satu ini. Namun, bisa dipastikan anak-anak 90-an pasti pernah membuat pesawat kertas ini ketika berada di dalam kelas maupun di rumah.

2. Perahu kertas

lubangberita.blogspot.co.id

Sama halnya dengan pesawat kertas, perahu kertas juga menjadi permainan dasar yang hampir semua anak bisa membuatnya. Simpel tapi menyenangkan.

3. SOS

ysalma.com

Walaupun terlihat simpel dan mudah, namun permainan SOS bisa mengasah otak anak. Kita dipaksa berpikir untuk merangkai huruf SOS menjadi sebuah garis lurus.

4. ABC 5 dasar
www.gogirlmagz.com

ABC 5 dasar tak hanya bisa dilakukan pada kertas saja, namun juga banyak anak-anak yang menggunakan jumlah jari untuk bermain ABC 5 dasar. Dari permainan ini, wawasan dan pengetahun kita benar-benar diuji. Biasanya, hal yang paling sering dijadikan objek permainan adalah nama-nama hewan, buah, dan nama benda. 

5. Permainan sepak bola
www.bacatulisan.com

Jauh sebelum main FIFA dan PES, permainan bola di kertas sudah terlebih dahulu membuat hari anak-anak 90-an terasa menyenangkan. Semuanya terbuat dari kertas. Mulai dari gawang, bola, hingga pemain. 

6. Tempel-tempelan di punggung

m.kwikku.com

Permainan jail yang satu ini memang paling seru dilakukan saat jam istirahat tiba. Dengan menuliskan berbagai macam kata lucu dan jail pada sebuah kertas, lalu ditempelkan pada punggung seorang teman secara diam-diam dan rahasia. Biasanya, banyak yang tidak sadar jika dipunggungnya telah menempel sebuah kertas dan tulisan memalukan sampai orang-orang pada tertawa ketika melihatnya. 

7. Tebak-tebakan

ayosebarkan.com

Permainan yang terakhir adalah tebak-tebakan. Biasanya, kita disuruh untuk memilih salah satu bagian kertas dengan berbagai macam tulisan di dalamnya. Walaupun simpel, namun sering bikin deg-degan. 

Itulah beberapa permainan seru dan menyenangkan era 90-an yang bermodalkan kertas dan pulpen. Namun sayangnya, semakin berkembangnya zaman, permainan-permainan kertas di atas mulai terpinggirkan. Bahkan, banyak anak-anak yang tidak mengetahui betapa serunya permainan-permainan di atas. Dengan berbagai permainan kertas tersebut, anak-anak 90-an dipaksa untuk menggunakan imajinasi dan kekreativitasannya dalam membuat sebuah permainan dengan hanya menggunakan kertas. Tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membuat kesenangan, cukup dengan menggunakan benda yang ada, kesenangan dan kegembiraan bisa kita ciptakan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
127
SHARES
Inilah Kisah-kisah Kelam di Balik Gemerlapnya Dunia K-Pop

Inilah Kisah-kisah Kelam di Balik Gemerlapnya Dunia K-Pop

Kenapa Cewek Lebih Suka Berfoto Selfie dari Atas dan Cowok Dari Bawah?

Kenapa Cewek Lebih Suka Berfoto Selfie dari Atas dan Cowok Dari Bawah?

7 Polwan Cantik dan Pemberani Ini Membuat Banyak Cowok Ingin Diayomi

7 Polwan Cantik dan Pemberani Ini Membuat Banyak Cowok Ingin Diayomi

Mengapa Penghulu Harus Laki-laki? Ini Penjelasan yang Harus Kamu Tahu

Mengapa Penghulu Harus Laki-laki? Ini Penjelasan yang Harus Kamu Tahu

Kantor Baru? Siapa Takut! Inilah Tips Ampuh Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kantor Baru? Siapa Takut! Inilah Tips Ampuh Beradaptasi di Lingkungan Baru

Ingin Menanam Sayuran di Dalam Rumah? Mulailah dengan Tanaman-tanaman Ini

Ingin Menanam Sayuran di Dalam Rumah? Mulailah dengan Tanaman-tanaman Ini

loading