7 Peraturan Pemerintah di Korea Utara Ini Bikin Kamu Bersyukur Tinggal di Indonesia

americandigest.org
Line Yukepo.com

Korea Utara dari dulu emang terkenal dengan peraturan-peraturannya yang aneh. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini seringkali mendapatkan sorotan dari media internasional karena kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan rakyat. Emang sih, kalau dipikir-pikir lagi ada benernya juga beberapa kebijakan yang dibuat. Yah, namanya juga beda negara ya beda logika. Ada kebebasan yang diberikan pemerintah pada warganya untuk melakukan berbagai hal dan di lain pihak ada pula peraturan yang berfungsi untuk menjadi pedoman warga negara berperilaku. Ada positif dan negatifnya sih untuk kedua sistem tersebut. Intinya, kita gak boleh menilai dari satu sudut pandang aja, dosa. Untuk beberapa hal misalnya, kalau kita perbandingkan dengan Indonesia ada aturan yang kita punya itu lebih baik dibanding Korea Utara, tapi di lain sisi, ada pula aturan yang lebih baik dari Korea Utara dibandingkan dengan Indonesia. Nih biar kamu gak bingung, YuKepo udah bikin perbandingannya. Cekidot!

1. Di Indonesia, silakan demo sepuas-puasnya, di Korea Utara? Mulut pendemo dibungkam dengan senapan

Sumber Gambar

Bagi pemerintah Korea Utara, mengkritik kebijakan pemerintah hukumnya adalah haram. Kalau sampai ada yang berani, konsekuensinya adalah mati. Ngeri kan peraturannya? Di Indonesia mah demo sampai bikin jalanan macet juga santai aja, ntar juga bubar sendiri. 

2. Di Indonesia, kita bisa nonton dangdut di pinggir jalan, di Korea Utara?

Sumber Gambar

Dangdut, organ tunggal, pengamen, konser artis, itu adalah hal yang lumrah di Indonesia. Sementara di Korea Utara, aktivitas yang kayak gitu dilarang keras oleh pemerintah. Konsekuensi untuk orang yang melakukan aktivitas ini adalah hukuman mati.

3. Di Indonesia, kita bisa mabok sinetron, di Korea Utara? Pemerintah adalah artis

Sumber Gambar

Siaran TV di Korea Utara itu semuanya acara pemerintah yang isinya propaganda. Beda banget ya sama Indonesia? Di Indonesia mah, isi hiburan harus menjual kebodohan. Siaran pemerintah mah gak laku.

4. Di Indonesia, warnet ada di tiap pengkolan, di Korea Utara? Dunia maya itu gak ada

Sumber Gambar

Dari mulai anak SD sampai aki-aki bisa ngerasain kemajuan teknologi internet di Indonesia. Warung internet mendominasi setiap ruko yang berjejer. Wah sebaliknya, internet di Korea Utara itu cuma bisa diakses sama orang-orang tertentu. Rakyat jelata mah baca koran aja.

5. Di Indonesia, satu keluarga lima motor, di Korea Utara? Motor cuma buat pejabat

Sumber Gambar

Kalau di Indonesia, asal punya uang seratus ribu, kita udah bisa bawa pulang sepeda motor buat dipake keliling kecamatan. Lain halnya dengan Korea Utara, kendaraan pribadi adalah kendaraan para pejabat atau pegawai pemerintah.

6. Di Indonesia, kita bisa punya rambut runcing dan panjang, di Korea Utara? Gaya rambut yang benar adalah gaya rambut presiden

Sumber Gambar

Kalau Andhika Kangen Band tinggal di Korea Utara, udah pasti dia diburu pemerintah. Beruntungnya dia lahir dan terkenal di Negara Indonesia.

7. Di Indonesia, presiden itu jadi bahan becandaan, di Korea Utara? Presiden adalah Tuhan

Sumber Gambar

Jokowi adalah presiden yang rendah hati. Beliau tidak marah dan tidak peduli jika wajah beliau sering digunakan untuk membuat meme. Lain halnya dengan Kim Jong Un, Presiden Korea Utara, yang mendapat perlakuan khusus dari warganya. Warga Korea Utara menganggap bahwa Kim adalah Tuhan yang diturunkan ke bumi untuk mengatur kehidupan mereka. 

Kalau dipikir secara jernih, peraturan yang dilakukan oleh pihak Korea Utara ada beberapa yang bener sih. Misalnya aja kayak motor itu dibatasi biar kemacetan itu gak terjadi. Kalau di Indonesia mah, anak SD aja sekarang udah bisa bawa motor ya. Hebat emang negara kita penerus bangsanya. Jadi, lebih baik tinggal di Indonesia atau Korea Utara nih?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
55
SHARES
Kalimat Cowok yang Jadi Sinyal Dia Minta Putus

Kalimat Cowok yang Jadi Sinyal Dia Minta Putus

Berkat Visual Effect, Penampakan 15 Film Ini Jadi Keren Abis

Berkat Visual Effect, Penampakan 15 Film Ini Jadi Keren Abis

Kemunculan Pendeta Gereja Setan yang Mengaku Sebagai Titisan Lucifer, Kiamat Kian Dekat?

Kemunculan Pendeta Gereja Setan yang Mengaku Sebagai Titisan Lucifer, Kiamat Kian Dekat?

9  Presiden Amerika yang Memiliki Keterbatasan Ini Buktikan Bahwa Mereka Mampu Jadi Pemimpin

9 Presiden Amerika yang Memiliki Keterbatasan Ini Buktikan Bahwa Mereka Mampu Jadi Pemimpin

Ini Lho Warna-warni Busana Pernikahan Dari Seluruh Dunia yang Keren Abis!

Ini Lho Warna-warni Busana Pernikahan Dari Seluruh Dunia yang Keren Abis!

Terharu! Pasangan Down Syndrome Ini Buktikan Kekurangan Bukan Halangan Untuk Hidup Bersama

Terharu! Pasangan Down Syndrome Ini Buktikan Kekurangan Bukan Halangan Untuk Hidup Bersama

loading