7 Penemuan Teknologi Ini Bakalan Mengubah Hidup Manusia di Masa Depan!

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Saat ini, teknologi-teknologi yang diidam-idamkan dapat membantu hidup manusia lebih nyaman memang selalu dikembangkan oleh para ilmuwan sains yang berada di berbagai belahan dunia. Saking ekstremnya, penemuan-penemuan yang berkenaan dengan usaha manusia untuk melawan hal yang tak terelakkan seperti kematian pun selalu berjalan seiring dengan waktu. Nah, buat kamu yang keranjingan sama teknologi, tampaknya kamu harus tahu beberapa penemuan teknologi dalam sains yang bisa mengubah gaya hidup manusia di masa depan, seperti yang terangkum di bawah ini nih!

1. Organ fungsional manusia yang bisa dicetak

www.youtube.com

Percetakan yang menghasilkan materi dengan bentuk tiga dimensi, merupakan inovasi baru dalam teknologi percetakan. Saat ini saja, teknologi printing ini sudah bisa menghasilkan benda sehari-hari seperti sepatu dan lainnya. Teknologi ini pun sudah merambah ke dunia kedokteran, dan memungkinkan manusia untuk menggunakan implantasi non-organik seperti tulang sendi buatan, lengan buatan, kaki buatan, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk saat ini, pengembangan teknologi ini sedang mengarah kepada pencetakan organ dalam tubuh manusia loh. Jadi, suatu saat nanti, bisa saja manusia memakai jantung buatan, paru-paru buatan, dan sebagainya. Penemuan ini belum bisa diaplikasikan kepada dunia kedokteran pada umumnya karena dalam beberapa percobaan, ditemukan adanya penolakan dari sel-sel yang ada di dalam satuan organ tubuh kelinci percobaan terhadap organ buatan ini. Meskipun begitu, diramalkan pada tahun 2025 nanti, pengembangan produk ini akan mencapai pada tahap uji coba manusia.

2. Kendaraan yang bisa menyetir sendiri

www.youtube.com

Dengan berjalannya perkembangan teknologi Artificial Inteligence (intelegensi buatan), GPS, dan telekomunikasi, kendaraan sehari-hari yang memanjakan penggunanya untuk bepergian tanpa harus menyetir pun menjadi mungkin. Saat ini saja, teknologi semacam ini sudah dikembangkan oleh Google. Namun, untuk pemakaian yang bisa digunakan secara umum, mungkin baru bisa terjadi sekitar 10-20 tahun lagi.

3. Mata bionik

Sumber Gambar

Bionik adalah ilmu yang digunakan untuk mengganti struktur anatomik atau proses fisiologi pada tubuh mahkluk hidup, dengan komponen elektrik atau mekanik (sumber: id.wikipedia.org). Mungkin kamu udah pernah lihat penemuan yang memungkinkan manusia yang mengalami cacat, untuk menggunakan lengan buatan yang tampak seperti lengan robot. Nah, itu adalah salah satu produk dari pengembangan teknologi bionik ini. Untuk saat ini, selain adanya telinga bionik, para ilmuwan pun tengah mengembangkan teknologi mata bionik, yang memungkinkan manusia untuk melihat dengan resolusi yang lebih sempurna (untuk yang rabun mata), melihat dengan pancaran infra merah, dan bahkan bisa untuk mengambil gambar dan video. Jadi, bagi orang-orang yang menggunakan mata bionik ini, tidak perlu lagi memakai kacamata, dan bahkan tidak perlu lagi membawa kamera jika hendak merekam suatu gambar.

4. Partikel nano untuk menyembuhkan kanker

Sumber Gambar

Nanoteknologi adalah teknologi yang mampu untuk memanipulasi suatu materi pada skala atom dan skala molekul (sumber: id.wikipedia.org). Kamu udah pada nonton film Transcendence (2014)? Dalam film ini, ada teknologi yang memungkinkan tokoh utama untuk memperbaiki bangunan—yakni materi dalam skala yang besar—dengan menggunakan nanoteknologi yang memperbaiki setiap materi dalam skala kecil atau skala nano, yang bahkan bisa meregenerasi bagian tubuh manusia yang sudah rusak menjadi seperti sediakala. Saat ini, pengembangan nanoteknologi mungkin belum mencapai seperti yang terlihat dalam film tersebut tapi untuk saat ini pengembangan sedang melangkah kepada penyembuhan penyakit-penyakit ganas yang ada di dalam tubuh manusia, seperti kanker, keracunan, dan sebagainya.

5. Akhir dari era penggunaan minyak bumi

www.youtube.com

Saat ini, sumber daya bahan bakar yang diolah dari fosil memang sudah hampir habis. Mungkin dalam beberapa puluh tahun ke depan, kita sudah tidak bisa lagi menggunakan bahan bakar ini. Meskipun begitu, saat ini teknologi biofuel atau agrofuel (bahan bakar yang diolah dari minyak nabati) tengah dikembangkan dan bahkan sudah bisa dibilang cukup pesat perkembangannya sejak awal tahun 2000. Meskipun begitu, pada kenyataannya, teknologi biofuel ini juga memberikan dampak negatif pada lingkungan ekologis dan sosial. Untuk tahu informasinya lebih lanjut, kamu bisa baca info tentang biofuel ini di https://indoprogress.com/2017/03/bisnis-biofuel-perkebunan-sawit-dan-perampasan-tanah/.

6. Desainer “Bayi”!

www.youtube.com

Penemuan teknologi ini seakan-akan membuktikan bahwa hidup ini bisa dipandang sebagai simulasi seperti halnya dalam permainan The Sims. Dengan teknologi ini, orang tua dari calon bayi dapat menentukan kepribadian dan tingkat kepintaran dari bayi mereka. Selain itu, dengan teknologi ini, penyakit atau kelainan yang diwariskan secara genetik pun dapat dihapuskan. Penemuan teknologi ini kemungkinan baru dapat digunakan dalam jangka waktu 40 tahun ke depan. Itu pun jika tidak ada hambatan atau malpraktek dalam pengaplikasiannya.

7. Era Cyborg

Sumber Gambar

Penemuan teknologi peningkat fungsi pada tubuh manusia seperti organ 3D, organ bionik, dan nanoteknologi, memungkinkan dunia yang kita diami ini menuju era cyborg—perpaduan manusia dan mesin. Belum lagi dengan teknologi AI (Artificial Inteligence) yang bisa saja menciptakan cyborg yang dapat berpikir layaknya manusia seperti dalam film Ex-Machina (2015). Meskipun begitu, tampaknya masih terlalu mustahil untuk menciptakan manusia yang benar-benar “manusia”. Era cyborg ini diramalkan paling cepat akan datang pada jangka waktu 50 tahun ke depan.

Gimana nih menurut kamu? Penemuan teknologi di atas lebih banyak dampak positifnya, atau malah lebih banyak dampak negatifnya? Yang jelas, setiap penemuan teknologi diharapkan bisa membantu kehidupan manusia. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
8
SHARES
Mantan Pacar Akan Luluh Kalau Dengar Kalimat-kalimat Ini Dari Kamu

Mantan Pacar Akan Luluh Kalau Dengar Kalimat-kalimat Ini Dari Kamu

Setuju Gak Kalau Sekolah Buatan Kolonialisme Belanda Ini Jadi Pendahulu Pendidikan di Indonesia?

Setuju Gak Kalau Sekolah Buatan Kolonialisme Belanda Ini Jadi Pendahulu Pendidikan di Indonesia?

Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

7 Penyakit Menyeramkan Ini Bisa Bikin Berasa Hidup di Film Horor!

7 Penyakit Menyeramkan Ini Bisa Bikin Berasa Hidup di Film Horor!

Bingung Tentukan Passion atau Gaji Saat Cari Kerja? Ini Jawabannya!

Bingung Tentukan Passion atau Gaji Saat Cari Kerja? Ini Jawabannya!

Foto-foto Hewan Lucu dan Imut Ketika Baru Menetas dari Telurnya ini Bikin Takjub

Foto-foto Hewan Lucu dan Imut Ketika Baru Menetas dari Telurnya ini Bikin Takjub

loading