7 Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi Ini Membuat Warganya Sengsara

googglet.com
Line YuKepo.com

Korupsi atau nepotisme memang menjadi salah satu penyebab runtuhnya sebuah negara. Di Indonesia sendiri, kasus korupsi banyak ditemui dan menjadi persoalan yang merugikan negara. Bagaimana tidak, uang negara dengan jumlah yang tidak sedikit terus menerus digerogoti oleh para oknum-oknum yang tak pernah merasa puas dengan harta yang telah dimilikinya. Tak hanya oknum, beberapa warga dengan harta yang melimpah pun terkadang menyuap para petinggi negara untuk mempermudah usaha serta mendapatkan pelayanan publik yang istimewa. Setiap tahunnya, Transparency International memberikan daftar negara dengan kasus korupsi paling tinggi dan paling rendah. Nah, kira-kira negara apa saja yang tingkat korupsinya paling tinggi? Yuk langsung aja kita kepoin.    

1. Afghanistan

www.salon.com

Afganistan merupakan negara yang terletak di antara Asia Tengah dan Asia Selatan. Afghanistan memang dikenal sebagai salah satu negara terkorup di dunia. Dari total jumlah penduduknya yang mencapai 32,5 juta orang, lebih dari 35% penduduknya masih berada di bawah garis kemiskinan. Sebagian besar warganya pun berprofesi sebagai petani. Walaupun kaya akan sumber alam seperti minyak dan gas, tidak menjadikan Afghanistan mengalami kemajuan pesat seperti Qatar dan UAE.

Hal ini dikarenakan oleh tingkat korupsi yang begitu tinggi. Bahkan Hamid Karzai yang merupakan mantan Presiden Afghanistan pernah diduga menerima uang dari CIA dengan jumlah yang mencapai jutaan dollar untuk menyuap para petinggi politik di Afghanistan. 

2. Libya

www.hrw.org

Libya merupakan salah satu negara yang tidak memiliki sistem pemerintahan. Di negara ini, hanya ada pemerintahan transisi yang terjadi lantaran sering adanya aksi pemberontakan yang dilakukan para warga Libya. Tingkat korupsinya pun terbilang sangat tinggi, yaitu mencapai 62%. Hal inilah yang menyebabkan kebijakan hukum di Libya tak berjalan dengan semestinya. 

3. Yaman

www.nytimes.com

Yaman menjadi negara termiskin di antara negara-negara di Timur Tengah. Salah satu penyebabnya adalah maraknya tindak korupsi di Yaman. Di Yaman, jumlah kematian karena kelaparan terbilang cukup tinggi. Para orang tua yang memiliki lebih dari dua anak, harus memilih mana yang akan mendapatkan makanan dan mana yang akan dibiarkan kelaparan begitu saja. Bahkan di kalangan militer sekalipun, tak terlepas dari yang namanya nepotisme. Jadi tak heran, jika Yaman menjadi negara miskin di tengah-tengah negara makmur.

4. Venezuela

todayvenezuela.com

Negara yang terkenal dengan wanita-wanita cantiknya ini merupakan negara yang mengandalkan minyak sebagai pendapatan terbesar. Para warga Venezuela sudah banyak yang menduga korupsi sudah merajalela dan terorganisir di negara ini. Bahkan sebuah LSM di Venezuela menyatakan, sekitar 100 miliar USD hasil dari ekspor minyak telah disalahgunakan oleh para petinggi negara. Belum lagi maraknya perdagangan narkoba serta nepotisme sudah menjadi hal yang umum di Venezuela.

5. Sudan Selatan

www.thecoli.com

Sudan Selatan merupakan negara bagian Sudan yang memilih untuk mendeklarasikan kemerdekaan secara resmi pada tahun 2011. Sama halnya seperti Libya, South Sudan atau Sudan Selatan tidak memiliki sistem pemerintahan. Sehingga tak heran jika penggelapan, korupsi di kalangan polisi terjadi bahkan melibatkan badan keuangan negara. Karena sistem pemerintahannya yang begitu lemah dan tak berlandaskan hukum, para politisi dan pejabat negara sangat mudah untuk disuap oleh para perusahaan minyak dunia. Hampir 85% warga Sudan Selatan kerja tanpa digaji tetap.

6. Korea Utara

borgenproject.org

Negara yang sangat terisolir dari dunia luar ini memang menjadi salah satu negara terkorup di dunia. Bagaimana tidak, semua pemerintahan berada di bawah kendali satu orang. Pemerintah Korut juga terlibat dalam kasus pemerasan, penjualan obat-obatan, barang palsu, serta perdagangan manusia dan senjata. Hal ini digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir dan kebutuhan militer.

7. Somalia

www.latimes.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang perompak Somalia. Somalia memang menjadi negara paling korup di dunia. Di negara ini, para warganya bisa berjualan senjata layaknya jualan baju. Bisa dikatakan setiap warganya memiliki satu senjata dengan alasan sebagai pertahanan dari teroris. Saking tingginya jumlah korupsi, hanya sekitar 29% warga Somalia yang bersekolah. Tanpa pendidikan yang memadai, tak heran jika Somalia dinobatkan sebagai negara paling berbahaya di dunia.

Nah itulah 7 negara terkorup di dunia. Walaupun Indonesia tak termasuk ke dalam daftar negara terkorup, bukan berarti kita merasa lega. Masih banyaknya korupsi dan nepotisme yang terjadi di kalangan politisi serta pemerintahan yang telah merugikan negara. Dari 176 negara, Indonesia berada di urutan ke-88, sedangkan Somalia yang merupakan negara terkorup berada di posisi ke-176. Walaupun begitu, Indonesia masih kalah jauh dari Singapura yang berada di urutan ke-7 untuk predikat negara paling bersih dari tindak korupsi. Semoga Indonesia ke depannya bisa menjadi salah satu negara paling bersih dari tindak korupsi. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
57
SHARES
Inilah Tanda Hubungan LDR yang Serius Harus Direlakan, Kamu Siap?

Inilah Tanda Hubungan LDR yang Serius Harus Direlakan, Kamu Siap?

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

Dia Membingungkan? Yuk Kenali Kepribadian Si Dia Berdasarkan Warna Lipstiknya

Dia Membingungkan? Yuk Kenali Kepribadian Si Dia Berdasarkan Warna Lipstiknya

Tak Hanya Pria dan Wanita, Inilah 5 Budaya dengan Klasifikasi Gender yang Berbeda

Tak Hanya Pria dan Wanita, Inilah 5 Budaya dengan Klasifikasi Gender yang Berbeda

loading