7 Nama Merek Terkenal Dunia Ini Punya Cerita Unik di Baliknya

www.eatthis.com
Line Yukepo.com

Dalam kehidupan sehari-hari kita menjadi konsumen atas berbagai produk dari berbagai merek. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, dari bangun tidur hingga kembali tidur, kehidupan kita dipenuhi dengan berbagai merek, baik dari merek lokal maupun merek dunia. Namun pernahkah kamu berpikir apa sebenarnya arti dari merek-merek dunia ini? Meski sering kita sebut-sebut dalam kehidupan sehari-hari, namun kita jarang mengetahui dari mana nama-nama merek ini berasal. Penasaran dengan asal-usul nama merek-merek dunia? Simak daftar di bawah, ya!

1. Pepsi

www.kiis1011.com.au

Nama pepsi ternyata berasal dari kondisi medis dyspepsia. Caleb Davis Bradham, sang pencipta minuman bersoda ini memang memiliki cita-cita untuk menjadi dokter. Namun kesusahan finansial keluarganya memaksa Caleb untuk keluar dari sekolah medis dan bekerja sebagai farmasi. Saat Caleb menciptakan minuman populer ini, ia awalnya menamainya “Brad’s Drink” namun beberapa tahun kemudian ia mengganti namanya menjadi “Pepsi-Cola” yang diambilnya dari sebutan medis untuk kondisi gangguan pencernaan, dyspepsia.

2. Haagen-Dazs

sf.funcheap.com

Jika kamu kira merek es krim Haagen-Dazs memiliki nama tersebut karena perusahaan ini berasal dari Denmark, kamu salah besar. Haagen-Dazs adalah perusahaan yang didirikan oleh Reuben Mattus, seorang Yahudi imigran dari Polandia. Nama Haagen-Dazs dipilihnya sebagai bentuk rasa terimakasih Mattus terhadap Denmark selaku negara yang menyelamatkan orang-orang Yahudi saat terjadi Perang Dunia ke-II. Karena itu, Mattus membuat nama Denmark yang tidak nyata, Haagen-Dazs, dan mendaftarkannya sebagai nama perusahaannya.

3. McDonald

www.mcdonalds.com

Gerai makanan cepat saji paling terkenal di dunia ini mendapatkan namanya dari McDonald bersaudara yang mendirikan sebuah restoran dengan menu utama hamburger di California. Namun dua bersaudara ini bukanlah pendiri McDonald, mereka adalah cikal bakal McDonald. Pendiri McDonald, Raymond Kroc, menjadi agen franchise restoran milik McDonald bersaudara dan mengembangkannya dengan sedemikian rupa hingga kini McDonald mendunia.

4. Google

www.blog.smartioapp.com

Google mendapatkan namanya dari sebuah typo yang dilakukan oleh salah satu rekan Larry Page yang membantunya dalam membangun ide awal Google. Awalnya, Perusahaan data ini hendak dinamai Googolplex, satuan angka terbesar yang ada di dunia. Namun saat seorang rekan Larry salah mengetik nama startup tersebut menjadi google, Larry menganggapnya sebagai ide yang lebih baik dan justru menggunakan nama hasil typo tersebut.

5. Adidas

www.theonion.com

Orang-orang sering mengira adidas adalah singkatan dari “All Day I Dream About Soccer”. Namun anggapan ini salah besar. Penciptaan nama merek Adidas sesungguhnya sangat sederhana. Nama ini diambil dari nama pendiri Adidas, Adolf Dassler, yang disingkat menjadi Adidas.

6. Rolex

www.ablogtowatch.com

Jika nama-nama merek di atas memiliki kisah penciptaan yang menarik dan masuk akal, lain halnya dengan Rolex. Merek jam tangan asal Swiss ini mendapatkan namanya dari bisikan jin, menurut sang pendiri Rolex, Hans Wilsdorf. Ia mengaku bahwa saat ia mengendarai angkutan umum di London, ia tiba-tiba mendapatkan bisikan misterius ‘Rolex’. Nama ini lalu ia anggap sebagai pertanda dan ia gunakan sebagai nama perusahaan yang mendunia ini, meski Rolex tidak memiliki arti nama apapun.

7. Starbucks

abc7chicago.com

Penciptaan nama Starbucks dimulai dengan membuat daftar nama-nama yang berawalan dengan bunyi ‘st’ karena menurut tim pendirinya, nama dengan awalan ‘st’ adalah nama yang kuat dan mudah diingat. Melalui proses tersebut, seseorang menemukan nama sebuah kota pertambangan tua bernama Starbo. Gordon Bowker selaku cofounder Starbucks, langsung teringat pada seorang tokoh bernama starbuck dalam novel sastra legendaris Moby-Dick. Maka perusahaan kopi dunia ini menamai perusahaannya berdasarkan nama tokoh dalam novel Moby-Dick.

Kisah-kisah penciptaan nama dari merek-merek terkenal dunia ini sungguh unik. Nama-nama yang begitu lekat dalam keseharian kita ini ternyata memiliki arti yang berbeda. Nah, bagi kamu yang sedang memikirkan nama untuk bisnis online shop-mu, mungkin kamu bisa meniru salah satu metode aneh penciptaan nama dari merek-merek terkenal diatas. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
526
SHARES
Tips Pintar Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan

Tips Pintar Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan

Night Sky Petunia, Bunga dengan Motif Galaksi yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

Night Sky Petunia, Bunga dengan Motif Galaksi yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

Dunia Makin Aneh, Kini Ada Tren-Tren Mempercantik Alat Kelamin Wanita

Dunia Makin Aneh, Kini Ada Tren-Tren Mempercantik Alat Kelamin Wanita

7 Waria dari Tujuh Negara Ini Memiliki Kecantikan yang Khas

7 Waria dari Tujuh Negara Ini Memiliki Kecantikan yang Khas

Siapa Sangka, Ternyata Makhluk Hidup Ini Pernah Ditemukan dalam Tubuh Manusia

Siapa Sangka, Ternyata Makhluk Hidup Ini Pernah Ditemukan dalam Tubuh Manusia

Tren Warna Rambut Terbaru: Menyala Dalam Gelap! Bakal Bikin Kamu Terpana

Tren Warna Rambut Terbaru: Menyala Dalam Gelap! Bakal Bikin Kamu Terpana

loading