7 Kebiasaan Positif Orang Jepang yang Perlu Ditiru Orang Indonesia

mengenaljepang.wordpress.com
Line Yukepo.com

Jepang memang menjadi salah satu negara maju di Asia yang memiliki kebudayaan serta kebiasaan yang unik. Warga Jepang memang dikenal memiliki pikiran yang out of the box, selalu memiliki inovasi yang berbeda dari negara lain. Maka tak heran jika banyak teknologi serta penemuan unik yang berasal dari Negeri Matahari Terbit ini. Tentunya sebuah negara akan maju jika warganya sendiri menanamkan kebiasaan serta kebudayaan yang disiplin. Inilah salah satu yang menjadi alasan kenapa Jepang menjadi negara dengan tingkat kemajuan teknologi yang pesat. Nah, di bawah ini ada 7 kebiasaan positif orang Jepang yang perlu ditiru orang Indonesia agar bisa jauh lebih maju. Cekidot!

1. Disiplin waktu

vitdaily.com

Orang Jepang sangat perhitungan dengan waktu, mereka menganggap waktu adalah segalanya. Jadi tak ada istilah ngaret atau lelet di Jepang. Semuanya berjalan selalu tepat waktu. Kebiasaan ini sudah diterapkan saat masih di sekolah. Jadi mereka sudah sangat terbiasa datang ke sekolah atau ke kantor sebelum jam yang telah ditentukan. Begitupun dengan pulang kerja, orang Jepang tak terbiasa melakukan hal dengan tergesa-gesa, karena mereka tau sesuatu yang tergesa-gesa hasilnya tak akan memuaskan. 

2. Berprinsip hemat dalam hidup

gelut.com

Hemat sudah menjadi budaya orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Hemat di sini bukan berarti pelit, namun warga Jepang lebih memilih untuk menahan membelanjakan uangnya demi barang yang tidak mereka butuhkan. Mereka akan menabung untuk sesuatu yang mereka anggap penting. Kalaupun mereka gemar belanja, mereka akan belanja di atas jam setengah 8 malam. Karena banyak toko yang menerapkan diskon setengah jam sebelum toko ditutup. 

3. Negara yang maju teknologinya, namun amat mencintai budayanya

japanesestation.com

Negara dengan teknologi maju seperti Jepang, tentunya banyak berbagai macam teknologi baru yang bisa kita temukan di sana. Namun, kemajuan teknologi ini tak membuat para warganya tergila-gila dengan teknologi. Mereka tetap menjunjung tinggi kebudayaan secara turun temurun. Di Jepang, orang-orangnya tak selalu terpacu pada layar smartphone. Bahkan sekolah-sekolah di Jepang melarang para siswanya untuk membawa smartphone ke sekolah, tentunya hal ini agar proses belajar mengajar tidak terganggu.

4. Bagi warga Jepang, budaya membaca adalah sumber ilmu pengetahuan

jadiberita.com

Masih berhubungan dengan poin di atas, budaya membaca di Jepang sangatlah tinggi. Mereka lebih memilih membaca buku ketika di kereta dibandingkan dengan bermain smartphone. Mereka benar-benar menggunakan smartphone hanya untuk berkomunikasi, bukan untuk membuang-buang waktu. Salah satu alasan kenapa kereta merupakan transportasi paling banyak digunakan di Jepang adalah karena di dalam kereta tidak terlalu banyak getaran, sehingga mereka bisa membaca buku dengan fokus.    

5. Tidak tergiur dengan cara cepat dan instan, mereka menghargai yang namanya proses

www.elespectador.com

Jika di Indonesia banyak yang menyediakan cara “cepat” untuk masuk sekolah atau perguruan tinggi, hal ini tak berlaku di Jepang. Mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai target walaupun memerlukan proses yang cukup panjang. Bahkan mereka pun lebih menghargai prosesnya ketimbang hasilnya. Walaupun hasilnya tak sesuai perkiraan, setidaknya mereka telah berusaha tanpa harus melalui cara instan. Mungkin kebudayaan inilah yang perlu diterapkan di Indonesia, jadi tak ada perbedaan pilih kasih antara orang kaya maupun orang miskin, semuanya berlomba dalam proses yang sama. 

6. Loyalitas tanpa batas

www.hindustantimes.com

Jika berbicara soal loyalitas, kesetiaan orang Jepang tak usah diragukan lagi. Mereka rata-rata menghabiskan hidup dengan bekerja di satu atau dua tempat kerja saja. Karena hampir semua perusahaan di Jepang menerapkan gaji yang tidak jauh berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain.

7. Berpikir out of the box dalam membuat inovasi

the-dailyjapan.com

Yang terakhir tentunya sudah menjadi identitas warga Jepang yang selalu memiliki inovasi serta pemikiran yang berbeda denga negara-negara lain. Mereka tidak takut gagal dan melakukan kesalahan dalam membuat sebuah inovasi. Maka tak heran banyak beberapa inovasi-inovasi dari Jepang yang tak bisa kamu temui di negara manapun. Walaupun inovasi-inovasi tersebut terkadang nyeleneh, namun hal inilah yang justru membuat identitas Jepang sebagai negara out of the box.

Nah, itulah 7 kebudayaan serta kebiasaan positif orang Jepang yang patut ditiru orang Indonesia. Jepang telah membuktikan untuk menjadi sebuah negara maju, tak perlu  meninggalkan kebudayaan yang telah diajarkan secara turun temurun. Hal kecil seperti tepat waktu, disiplin, serta hemat, membuat sebuah negara menjadi lebih maju. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
175
SHARES
7 Kesalahan dalam Menggunakan Tabir Surya yang Justru Membuat Kulitmu Rusak

7 Kesalahan dalam Menggunakan Tabir Surya yang Justru Membuat Kulitmu Rusak

Inilah 15 Halaman Belakang Rumah dengan Kolam yang Bisa Menjadi Inspirasi

Inilah 15 Halaman Belakang Rumah dengan Kolam yang Bisa Menjadi Inspirasi

5 Kakek Perkasa yang Nikahi Gadis Remaja Ini Bikin Jomblo Ngenes

5 Kakek Perkasa yang Nikahi Gadis Remaja Ini Bikin Jomblo Ngenes

Inilah Perbedaan Es Krim, Gelato, Soft Serve dan 7 Jenis Dessert Lainnya

Inilah Perbedaan Es Krim, Gelato, Soft Serve dan 7 Jenis Dessert Lainnya

Wow, 10 Hadiah Termahal di Dunia Ini Bikin Mupeng

Wow, 10 Hadiah Termahal di Dunia Ini Bikin Mupeng

Bikin Ngakak, Inilah 10 Pose Dramatis Kucing Terlucu yang Tertangkap Kamera

Bikin Ngakak, Inilah 10 Pose Dramatis Kucing Terlucu yang Tertangkap Kamera

loading