7 Hal yang Sering Kamu Lakuin ini Ternyata Bikin Smartphone Cepet Rusak!

tech.idntimes.com

  Punya smartphone keren emang udah jadi salah satu hal yang wajib bagi sebagian orang. Buat yang tech savvy, punya smartphone terbaru bukan hanya mementingkan look dan image si empunya aja, tetapi juga menikmati fungsi yang ada di dalamnya. Nggak bisa menutup mata juga, banyaknya berita tentang smartphone meledak sempat membuat dunia teknologi pusing bukan kepalang. Kenapa sampai begitu? Kalau awalnya banyak yang nyinyir sama Samsung karena Note 7-nya meledak di mana-mana, nggak lama kemudian semua mata justru tertuju ke iPhone 7 yang mendadak saingan ledak-ledakan sama Samsung. Banyak pengamat teknologi bilang, salah satu faktor yang menyebabkan ponsel meledak adalah panas yang berlebihan. Kalau begitu repot juga, banyak keluhan malah menyalahkan si perusahaan gadget karena mereka mengaku kalau gadget mereka memanas dengan sendirinya. Nah, sekarang pertanyaanya kebiasaan si pengguna ngaruh nggak sih sama cepet panasnya ponsel? Sebenernya ada sih yang memang bermasalah dari produknya sendiri, seperti kasus Samsung yang memang sudah jelas berasal dari kerusakan baterai. Hal ini juga sudah diafirmasi oleh pihak Samsung sendiri. Lain dengan Apple yang masih no comment tentang meledaknya iPhone di beberapa negara, khususnya di seri-seri terbarunya seperti 6S dan 7. Sebenernya pengaruh habit atau kebiasaan pengguna ini memang memiliki faktor besar terhadap kerusakan gadget, di luar faktor kerusakan yang memang sudah menjadi bawaan dari produknya. Biar pun terbilang suka dianggap sepele, 7 hal ini ternyata ngaruh banget buat awet nggaknya sebuah smartphone, yuk kepoin dulu!

1. Membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan tidak ditutup dalam jangka waktu lama

memeful.com

  Nah ini nih, habis pakai aplikasi langsung lari ke home, langsung buka aplikasi lainnya dan voila! Pas dicek ternyata aplikasi dari sebulan lalu masih numpuk di deretan aplikasi aktif. Hayo, siapa yang biasa kayak gini?

2. Menggunakan smartphone saat proses charging

humaurtum.in

  Desakan mobilitas tinggi atau lebih tepatnya lagi nggak sabaran, emang udah jadi alasan utama kenapa kita tetep mainan smartphone padahal kita tau proses charging sedang berlangsung. Hayo? Masih nggak ngaku?

3. Tetap menyalakan fitur WiFi dan bluetooth ketika tidak sedang digunakan

support.apple.com

  Biar semuanya simpel dan praktis, nyalain aja sekalian semuanya, biar pas butuh atau pas ada WiFi, langsung otomatis connect! Ini kan yang ada di pikiranmu?

4. Menggunakan smartphone di ruangan yang pengap

www.youtube.com

  Ah bodo amat, handphone kan bukan orang. Mana peduli dia kepanasan?

5. Menggenggam smartphone terlalu erat

pixabay.com

  Nggak hanya si dia, handphone pun kalau digenggam terlalu kencang bisa rusak dan memilih untuk pergi.

6. Bahan case yang cepat panas

www.pinterest.com

  Sama kayak manusia, salah baju pun bisa membuat smartphone-mu kepanasan.

7. Overuse

wap.chinadaily.com.cn

  Nggak ada yang bisa menyangkal faktor terakhir ini. Penggunaan berlebihan emang jadi faktor yang cukup berpengaruh teradap rusaknya smartphone.

Jadi dari 7 kebiasaan di atas, mana nih yang biasanya kamu paling banyak lakukan? Ternyata hal sesepele salah ruangan dan case aja bisa berdampak buruk dan mempersingkat umur smartphone kita. Udah kayak si dia aja nih, selalu mau diperhatiin. *Eh?     

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
44
SHARES
loading