7 Eksperimen Mengerikan Ini Pernah Dilakukan Oleh Ilmuwan

www.thedailypedia.com
Line Yukepo.com

Bisa dikatakan bahwa seorang ilmuwan adalah orang gila. Mereka berpikir tidak seperti kebanyakan orang. Banyak ide-ide yang kadang gak masuk di akal yang mereka lakukan untuk menemukan suatu alat, atau sebuah teori yang katanya bisa membantu kehidupan manusia. Tapi kamu harus garis bawahi ya, sikap gila ilmuwan itu berbeda dengan sikap gila yang dimiliki oleh orang gila. Ilmuwan dikatakan gila karena dia melebihi batas kewajaran atau normal, sementara orang gila atau orang sakit jiwa mah kurang normal atau ada di bawah garis normal. Kegilaan ilmuwan itu memang diperlukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan umat manusia. Kalau ilmuwan gak bergerak untuk meneliti suatu hal, bisa dipastiin ilmu kedokteran misalnya bakal gak berkembang. Kali ini YuKepo sudah merangkum beberapa eksperimen yang pernah dibuat oleh ilmuwan-ilmuwan di luar sana. Eksperimen yang dilakukan itu cenderung ekstrem dan mungkin bisa melanggar hak asasi manusia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Eksperimen penjara di Stanford

buzzkeys.com

Seorang psikolog yang bernama Philip Zimbardo mengadakan sebuah eksperimen untuk melihat kecenderungan seseorang ketika menjadi tahanan dan menjadi penjaga tahanan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui psikologis seseorang ketika berada di bawah tekanan, khususnya di dalam penjara. Namun sayangnya, eksperimen ini berujung mengerikan. Banyak dari anggota kelompok tahanan menjadi gila atau depresi karena tidak tahan dengan kondisi yang ada waktu eksperimen dijalankan.

2. Memberikan narkoba pada monyet

buzzkeys.com

Pada tahun 1969, eksperimen monyet yang diberikan narkoba tidak berjalan mulus. Monyet-monyet dilatih untuk menyuntikkan dirinya dengan narkoba, seperti morfin, kokain, dan sabu. Monyet-monyet tersebut menjadi hewan yang candu dan suka nge-fly. Aduh kasihan nih monyet jadi bahan percobaan.

3. Eksperimen monyet dan anak kecil

www.thedailypedia.com

Seorang psikolog bernama Winthrop Nile Kellog ingin mengetahui kesamaan dan perbedaan dalam perkembangan dari simpanse dan anaknya ketika dibesarkan secara bersamaan dan diperlakukan tidak berbeda. Simpanse tersebut dapat belajar dengan cepat dan mengalahkan perkembangan otak dari anak Kellog. Eksperimen ini dihentikan ketika anak Kellog mulai meniru suara simpanse dan tidak mau belajar cara berbicara bahasa manusia. Waduh pak, anaknya kasihan jadi tarzan nanti.

4. Eksperimen David Reimer

buzzkeys.com

Seorang pemuda bernama David Reimer dijadikan objek penelitian ketika usianya baru 8 bulan. Penisnya dibakar dengan menggunakan jarum eloktrokauter. Psikolog menyebutkan bahwa perubahan jenis kelamin akan membantu David dalam pertumbuhannya. David tumbuh dewasa sebagai seorang perempuan yang bernama Brenda. Setelah mengetahui hal ini, ia bunuh diri.  

5. Eksperimen cangkok kepala monyet

www.thedailypedia.com

Dr. Robert White sukses melakukan transplantasi kepala monyet pada tahun 1970. Setelah operasi dilakukan, monyet tersebut masih bisa melihat, mendengar, mencium, dan merasakan, dan bahkan bisa makan. Selang 9 hari, monyet itu mati karena masalah imunitas. Ngeri banget kepalanya ditempel-tempel masih bisa hidup!

6. Eksperimen Acid atau LSD pada gajah

www.thedailypedia.com

Pada tahun 1962, dua psikiater yang berasal dari Universitas Oklahoma menyuntikkan LSD (dengan dosis yang sangat tinggi, bisa memabukkan 3 ribu orang) pada seekor gajah yang berumur 14 tahun bernama Tusko. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegilaan yang dimiliki gajah setelah menerima zat LSD tersebut. Namun sayangnya, Gajah Tusko mati beberapa menit setelah LSD masuk ke dalam tubuhnya.  

7. Eksperimen anjing berkepala dua

www.thedailypedia.com

Pada tahun 1954, ilmuwan asal Russia mengoperasi sebuah kepala anjing kecil dan menanamkannya di badan anjing besar. Meskipun kedua anjing tersebut dapat melihat dan bergerak, namun keduanya tidak akrab. Anjing kecil akan menggigit kuping anjing besar karena si anjing besar suka menggoyang-goyangkan kepalanya. Setelah 4 hari berselang, kedua anjing ini mati.

Ketujuh eksperimen ini dilakukan pada masa lalu. Gak ada berita mengenai eksperimen ekstrem yang diadakan pada masa sekarang. Mungkin kalau berita mengenai hal tersebut tersebar, maka bakal banyak protes yang muncul. Jadi lebih baik ditahan beritanya dan dipublikasikan ketika udah berlalu aja. Ya, semoga eksperimen-eksperimen macem gini bukan hanya untuk mewujudkan kegilaan si ilmuwan aja ya, tapi juga bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
6
SHARES
7 Artis Cantik yang Memiliki Tato Indah di Tubuhnya Ini Bikin Deg-deg Ser!

7 Artis Cantik yang Memiliki Tato Indah di Tubuhnya Ini Bikin Deg-deg Ser!

Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali Pada Gambar Ini Adalah Cerminan Karaktermu!

Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali Pada Gambar Ini Adalah Cerminan Karaktermu!

Setelah Melihat Ilusi Gambar Ini Dijamin Otak Kamu Bakal Eror!

Setelah Melihat Ilusi Gambar Ini Dijamin Otak Kamu Bakal Eror!

Terlibat Main Film Bareng 10 Artis Hollywood Ini Akhirnya Saling Jatuh Cinta!

Terlibat Main Film Bareng 10 Artis Hollywood Ini Akhirnya Saling Jatuh Cinta!

Berbahaya! Jangan Makan 7 Buah Ini Saat Minum Obat!

Berbahaya! Jangan Makan 7 Buah Ini Saat Minum Obat!

7 Makanan yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek Ini Bikin Ketagihan!

7 Makanan yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek Ini Bikin Ketagihan!

loading