7 Desa di Indonesia yang Mesti Kamu Kunjungi Bareng Pasanganmu!

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Indonesia dikenal dengan keragaman suku, adat dan kebudayaannya. Kalo bicara soal keindahan Indonesia itu gak ada abisnya deh. Bukan cuma suku dan kebudayaannya, tetapi tempat wisata dan keragaman kuliner yang ada didalamnya menjadi buah bibir bagi turis yang datang ke Indonesia. Kamu gak perlu mahal-mahal pergi ke luar negeri untuk melihat keindahan sebuah desa atau tempat wisata. Karena didalam negeri kita sendiri ada tuh tempat yang gak kalah keren dan indah! Kamu jangan lupa nih ajak orang terkasih kesini ya! Hihi.

1. Desa Wae Rebo, NTT

anekatempatwisata.com

Kamu tau gak sih, keindahan desa ini gak hanya diakui oleh orang Indonesia aja lho. Desa Wae Rebo bahkan udah diakui keindahannya di dunia. Desa ini terletak di Kecamatan Satarmasem, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa melihat hamparan rumput hijau dan sinar matahari yang indah. Jangan main ke mall mulu, sekali-kali menikmati suasana baru biar gak bosen yah hihi.

2. Desa Loli, Sumba Barat

c1.staticflickr.com

Desa ini merupakan tempat tinggalnya suku Loli, Sumba Barat. Pedesaan yang dikelilingi perbukitan ini terletak gak jauh dari Waikabubak. Kamu tau? Di desa inilah masyarakat Sumba menyimpan dan melestarikan budaya leluhur mereka, yaitu terdapat sebuah kuburan megalitik atau makam dari batu yang disebut Waruga, yang tepat berada di tengah perumahan. Terlepas dari sejarahnya, di sini kamu bisa menyaksikan masyarakat suku Loli bertenun dan beraktivitas. Oh iya, kain khas Sumba Barat dan Timur berbeda corak loh. Nggak ada salahnya kamu membelinya dari masyarakat setempat yah! Oleh-oleh untuk calon mertua gitu.

3. Desa Munduk, Bali Utara

desaatasawan.nudi-art.com

Desa Manduk ini pada tahun 2010 mendapatkan penghargaan berupa juara II Desa Wisata Nasional. Gimana gak dapet penghargaan, desa ini tuh sangat hijau, sejuk dan memberikan pemandangan yang indah yang dapat memanjakan mata. Yang gak kalah besar menjadi alasannya yaitu desa ini mengutamakan ketenangan. Cocok untuk kamu yang ingin berlibur dari panas dan kepadatan kota-kota besar yang kamu tinggali.

4. Desa Baduy, Banten

3.bp.blogspot.com

Kamu pengen dapetin pengalaman unik sekaligus beda? Yuk coba dateng ke Desa Baduy, tepatnya di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Suku baduy ini di bedakan menjadi dua, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Terdapat sungai yang masih sangat jernih disini, dan itu alasan kenapa saat berada disana kamu gak boleh gunain shampo, sabun atau bahan kimia lainya. Suku Baduy sangat menghargai alam, itu kenapa pemukiman Suku Baduy ini juga masih terjaga keasriannya. Kamu boleh kok nginep dan bersosialisasi dengan warga sekitar dengan leluasa, kecuali satu hal, gak boleh ada gadget di desa Baduy Dalam ini ya! Hahaha. Bisa nggak kamu hidup tanpa gadget? Hihi.

5. Desa Panglipuran, Bali

3.bp.blogspot.com

Panglipuran, desa ini sudah ada sejak 700 tahun lalu lho, dan mayoritas penduduknya berasal dari Buyung Gede. Kerennya, desa ini selalu mendapatkan nilai terbaik sebagai desa wisata nasional. Kamu yang suka pergi ke Bali, boleh deh coba dateng ke desa ini. Para bule aja sering dateng kesini karena penasaran sama keindahannya. Mereka pun menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata yang wajib bila mereka datang ke Bali. 

6. Desa Kete Kesu, Toraja

static.panoramio.com

Desa yang terletak di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini gak kalah indah dengan desa-desa yang ada di luar negeri. Gak hanya menyajikan keindahan alam, tapi juga keindahan budaya dan sejarah. Masyarakat disini sangat menjunjung tinggi adat istiadat, jadi gak heran masyarakat disana sangat tradisional. Kamu kalau jalan-jalan kesini bisa menikmati keindahan gunung-gunung, hijaunya sawah, dan rumah adat yang indah. 

7. Desa Suku Dani, Papua

s3.amazonaws.com

Suku Dani yang yang bermukim di wilayah Pegunungan Tengah Papua, Indonesia. Di desa ini kamu akan dimanjakan dengan adat istiadat yang indah dan unik. Sejak ratusan tahun lalu, para petani di desa ini telah mahir menggunakan alat atau perkakas. Disini juga masyarakatnya masih menggunakan koteka, yaitu penutup alat kelamin pria yang terbuat dari kunden yang berasal dari rumput atau serat. Kamu harus kesini yah!

Unik-unik dan indah banget kan desa-desa yang ada di Indonesia ini? Gak kalah sama luar negeri deh! Pokoknya, lestarikan kebudayaan Indonesia ya. Siapin pasangan juga buat diajak jalan-jalan ke tempat ini, hihihi.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
0
SHARES
loading