7 Barang Rongsokan yang Antik ini Berhasil Disulap Menjadi Barang yang Menakjubkan

www.wired.com
Line YuKepo.com

Untuk membuat sebuah bangunan, karya seni atau teknologi, butuh yang namanya keterampilan dan kreativitas. Tidak hanya itu, membuat barang tersebut dibutuhkan bahan-bahan material yang bagus. Tentunya harganya pun akan sangat mahal.

Namun tidak semuanya harus membutuhkan material berkualitas dengan harga yang sangat mahal. Di tangan orang kreatif, barang-barang bekas pun bisa digunakan dalam membuat sebuah karya seni atau teknologi yang tak kalah canggih.

Mungkin hampir setiap orang membuang barang-barang sudah usang dan tidak bisa digunakan lagi. Barang rongsokan atau barang bekas biasanya hanya berujung menjadi sampah yang tak terpakai. Namun di tangan-tangan orang kreatif, barang-barang rongsokan bisa disulap menjadi barang yang berguna. Seperti 7 barang rongsokan di bawah ini yang disulap menjadi sebuah inovasi yang memukau.

 

1. Rumah mini

id.pinterest.com

Pada tahun 2012, Derek Diedricksen mencoba membuat rumah berukuran mini untuk tempat berteduh. Rumah mini buatannya ini dibangun dari bahan dan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai dan dibuang oleh orang.

Karena keisengannya ini, Derek Diedricksen mendapat pundi-pundi uang dari hasil jual rumah mininya seharga USD 200 per rumah. Walaupun dari kumpulan barang-barang bekas, interior rumah buatan Derek ini terlihat amat mewah.

2. Kincir angin pembangkit listrik

thisisafrica.me

Pada tahun 2009, seorang pemuda asal Malawi bernama Willian Kamkwamba, menciptakan sebuah kincir angin yang menghasilkan listrik. Ia membuat kincir angin pembangkit listrik hasil dari membaca buku di perpustakaan desa. Dengan informasi yang ia dapat dari buku, Willian mulai mengumpulkan barang bekas yang bisa digunakan untuk membuat kincir angin. Para warga setempat pun ikut membantu Willian menciptakan kincir angin. 

Dengan kincir buatannya ini, desa tempat tinggal Willian kini sudah teraliri listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, kincir buatannya juga berfungsi sebagai pompa air. Ia pun membuat beberapa kincir angin yang dipasang di sudut-sudut desa, agar semua rumah di desanya teraliri listrik.

 

3. Mobil Z59

www.tentik.com

Walaupun terlihat baru, namun komponen dari mobil super ini dari bahan-bahan bekas.  Membutuhkan waktu sekitar 15 bulan untuk membuat mobil Z59 ini. Setiap komponen di dalamnya dibuat dari suku cadang dan bahan-bahan bekas. Walaupun dari barang-barang bekas, mobil ini dapat melaju layaknya mobil pada umumnya.

4. Roller coaster mini

www.youtube.com

Bagaimana jadinya kalau sebuah roller coaster dibuat dari besi-besi bekas? Namun pada nyatanya memang ada yang membuat roller coaster berukuran mini dengan menggunakan besi dan bahan-bahan bekas. John Ivers adalah sosok di balik pembuatan roller coaster mini di atas, Ia menghabiskan sekitar USD 1.500 untuk membeli besi-besi bekas. Panjang roller coaster ini mencapat 135 meter.

5. Jaringan Wifi

www.ponoko.com

Di zaman gadget seperti sekarang, sangat sulit untuk bisa lepas dari yang namanya internet. Semua orang bisa mengakses internet dengan muda. Namun ternyata masih ada beberapa negara seperti Afganistan yang masih jarang mendapatkan akses internet.

Karena keadaan itulah, sebuah kelompok anak muda membuat jaringan nirkabel bernama FabFi. Jaringan ini dibangun dari bahan-bahan bekas seperti seng, plastik, dan besi.

6. Pulau buatan

inhabitat.com

Seorang seniman asal Inggris bernama Richart Sowa berhasil menciptakan pulau kecil dengan rumah di atasnya. Uniknya, pulau buatannya ini bisa berpindah-pindah tempat. Karena komponen dasar dari pulau ini terbuat dari 250.000 botol plastik. Jadi tak heran rumah ini bisa mengapung di atas air. Pulau kecil ini pun memiliki fasilitas seperti kamar tidur, mesin cuci, dan fasilitan lain layaknya rumah biasa.

7. Robot Transformers

informasiunik.com

Kamu pernah nonton film Transformers kan? Itu lho kumpulan robot raksasa yang bisa menjelma jadi berbagai macam kendaraan dan elektronik. Nah, di Cina ternyata ada yang membuat robot Transformers sungguhan. Ukurannya pun dibuat sama persis. Robot Transformers ini adalah karya para pekerja besi tua yang merasa bosan dan mencoba untuk membuat sesuatu dari bahan besi.

Tak hanya satu, para pekerja ini membuat beberapa robot Transformers yang berada di tempat kerja mereka. Satu harga robot Transformers ini dijual seharga Rp 205 Juta. Berminat?

Itulah 7 inovasi mengagumkan yang dibuat dari bahan dan barang bekas. Ternyata gak semua barang dan bahan rongsokan berakhir di tempat sampah. Dengan sentuhan ide kreatif, barang-barang bekas tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
369
SHARES
7 Macam Obrolan yang Jadi Tanda Hubungan Kalian Nggak Berkembang

7 Macam Obrolan yang Jadi Tanda Hubungan Kalian Nggak Berkembang

7 Hal Ngangenin yang Biasa Dilakukan Ibu Sebelum Kita Berangkat Sekolah

7 Hal Ngangenin yang Biasa Dilakukan Ibu Sebelum Kita Berangkat Sekolah

7 Hal yang Sering Kamu Rasakan Jika Tidak Dekat dengan Keluarga

7 Hal yang Sering Kamu Rasakan Jika Tidak Dekat dengan Keluarga

Yuk Bahagia, Wanita Galau yang Suka Menangis Udah Gak Jaman!

Yuk Bahagia, Wanita Galau yang Suka Menangis Udah Gak Jaman!

9 Celotehan Cowok Kalau Lagi Cemburu, Tapi Gengsi Buat Ngaku

9 Celotehan Cowok Kalau Lagi Cemburu, Tapi Gengsi Buat Ngaku

7 Alasan Kenapa Harus Aktif Bertanya Ketika Diminta Bertanya Saat Wawancara Kerja

7 Alasan Kenapa Harus Aktif Bertanya Ketika Diminta Bertanya Saat Wawancara Kerja

loading