7 Acara Komedi Jadul Berkualitas yang Sukses Bikin Banyak Orang Tertawa

vidyow.com
Line Yukepo.com

Jika mengingat acara-acara TV era 90-an sampai dengan 2000-an awal, banyak acara-acara komedi yang sukses menghibur para penonton. Jauh sebelum sinetron cinta-cintaan bertebaran seperti sekarang, acara sitkom dan acara-acara bertemakan komedi lainnya paling banyak digemari pada saat itu. Bahkan di semua stasiun televisi, memiliki acara komedi andalannya masing-masing.

Nah, di bawah ini YuKepo telah mengumpulkan beberapa acara komedi jadul berkualitas yang sukses menghibur kita semua. Kira-kira acara komedi aja sih? Yuk langsung aja kita lihat.

1. Gara-Gara (RCTI, 1993)

forums.merdeka.com

Mungkin untuk anak 80-an pasti pernah nonton salah satu sitkom yang ditayangkan di RCTI ini. Sientron komedi bercerita tentang kehidupan suami istri yang dibintangi oleh Lydia Kandou dan Jimmy Gideon. Di sitkom ini, Jimmy berperan sebagai suami yang genit dan nakal. Untuk mencegah kegenitan sang suami, Lydia memiliki trik dan cara ampuh untuk menghadapi suaminya yang centil.

Bisa dibilang, sinetron “Gara-Gara” merupakan pelopor lahirnya sitkom-sitkom di pertelevisian Indonesia. Sebut saja seperti Ada-Ada Saja, Lika-Liku Laki-Laki, Kanan Kiri Oke dan masih banyak lagi. 

2. Lika-Liku Laki-Laki (RCTI)

www.bintang.com

Setelah kemunculan sitkom “Gara-Gara” kemudian barulah lahir sitkom yang lebih dibuat lucu lagi dengan judul “Lika-Liku Laki-Laki”. Sitkom era 90-an ini dibintangi oleh para 4 pelawak kenamaan saat itu, seperti Ginanjar, Derry, Qomar, dan Eman. Kehidupan empat laki-laki inilah yang menimbulkan gelak tawa bagi para penonton. Bisa dikatakan, sitkom ini menjadi acara yang sangat populer di eranya. 

3. Ngelaba (TPI, 1995)

www.metube.id

Jauh sebelum ada OVJ, Pesbuker, dan YKS, acara lawak yang telah duluan melejit dan sukses menghibur para penonton adalah Ngelaba. Mungkin kalian masih ingat dengan lagunya “Ngelaba ayo kita ngelaba, ngelama bukan sembarang ngelaba, ngelaba ngerumpi lewat banyolan, gembira bersama-sama”. Acara komedi ini dibintangi 3 pelawak ternama yang tergabung di grup Patrio (Parto, Akri, Eko). 

Ketiganya memiliki ciri khas tersendiri dalam menghibur penonton. Banyolan yang dilontarkan pun jauh dari adegan fisik. Acara “Ngelaba” sukses membuat nama Patrio melambung ke masa kejayaan. Bahkan acara komedi Ngelaba masuk ke dalam rekor Muri sebagai acara komedi dengan episode terbanyak yang tayang selama 11 tahun.

4. Spontan (SCTV, 1996)

www.vidio.com

Acara yang memiliki slogan ‘Uhuy’ ini menjadi acara komedi yang paling populer di eran 90-an. Acara yang dibawakan oleh Komeng, Ulfa Dwiyanti, dan Mpok Atiek ini sukses membuat banyak orang tertawa dengan kejahilan-kejahilan serta dubbing berbagai macam binatang. Bahkan Spontan pernah dinobatkan sebagai program acara komedi terfavorit di ajang Panasonic Awards. Bisa dikatakan, Spontan merupakan acara komedi dengan paket lengkap yang sukses menghibur segala kalangan masyarakat. Nama Komeng pun melejit setelah menjadi pembawa acara Spontan, ditambah suaranya yang cempreng membuat para penonton tertawa mendengarnya.

5. Asep Show (TPI, 1995)

twitter.com

“Asep Show.. di TPI” masih ingat dengan slogan itu? Kalau masih ingat berarti umur kamu sudah tidak lagi muda. Asep Show merupakan acara komedi yang bertajuk wayang golek didalangi oleh dalang legendaris Asep Sunandar, dan wayang golek bernama Cepot menjadi maskot di acara komedi ini. Asep Show ditayangkan tepat di bulan Ramadan sebelum menjelang buka puasa. Jadi rindu acara-acara bulan puasa zaman dulu.

6. Bajaj Bajuri (Trans TV, 2004)

www.youtube.com

Pasti kamu udah gak asing dengan sitkom yang satu ini. Bajaj Bajuri menjadi sitkom yang bercerita tentang kehidupan Bajuri sang supir bajaj dalam mengais rejeki untuk menghidupi istri dan mertuanya. Para pemain pendukung seperti Oneng, Ucup, Mpok Hindun dan Said sukses mengundang gelak tawa para penonton. Belum lagi setiap lawakan pemain yang diiringi rekaman tertawa penonton. Membuat para penonton Bajaj Bajuri ikut tertawa. Tidak berlebihan rasanya jika sitkom ini menjadi salah satu sitkom legendaris yang pernah menghiasi pertelevisian Indonesia. 

7. OB (RCTI, 2006)

www.okezone.tv

Sitkom OB yang merupakan singkatan dari ‘Office Boy’ menjadi tontonan favorit setiap harinya karena memberikan nuansa komedi yang ringan. Bercerita tentang kehidupan para karyawan di kantor stasiun TV, para Office Boy menjadi bintang di sitkom ini. Memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan lucu, membuat para penonton dengan mudah mengingat para pemainnya. Seperti Mail, Odah, Susi, Sayuti, Gusti, Saschya, dan Pak Taka yang paling ditakuti para karyawan selain Saschya. 

Konflik serta cerita komedi yang ringan membuat para penonton dari segala kalangan bisa ikut tertawa. Di beberapa episodenya, OB juga mendatangkan artis bintang tamu sebagai pemain pembantu. Sitkom OB tentunya menjadi salah satu acara komedi berkualitas yang pernah menghibur kita semua.

Itulah 7 acara komedi jadul berkualitas yang sukses menghibur kita semua. Jika dibandingkan dengan acara-acara TV sekarang, rasanya masih sangat sedikit stasiun TV yang menhadirkan acara komedi berkualitas seperti di atas. Terkadang di antara panasnya isu politik serta jenuh dengan pekerjaan dan segala rutinitas, membuat kita rindu akan acara-acara komedi zaman dulu. Semoga ke depannya makin banyak bermunculan acara komedi yang tidak hanya menghibur, namun juga memberikan dampak positif serta membekas di hati kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
84
SHARES
Nazaruddin ‘Nyanyi’ di Pengadilan, Nama-nama Berikut ini Ikut Terseret Kasus e-KTP

Nazaruddin ‘Nyanyi’ di Pengadilan, Nama-nama Berikut ini Ikut Terseret Kasus e-KTP

Mau Nikah Outdoor yang Antimainstream? Kamu Bisa Contek Tema Ini Gengs

Mau Nikah Outdoor yang Antimainstream? Kamu Bisa Contek Tema Ini Gengs

Beda Budaya Beda Table Manner, Inilah Etika Makan dari Berbagai Negara

Beda Budaya Beda Table Manner, Inilah Etika Makan dari Berbagai Negara

Menjadi Perdebatan, Dapatkah Kisah Cinta Terlarang Seperti ini Diteruskan?

Menjadi Perdebatan, Dapatkah Kisah Cinta Terlarang Seperti ini Diteruskan?

Atasi Insomnia Parah dengan 7 Tips Mendekor Kamar Tidurmu Guys

Atasi Insomnia Parah dengan 7 Tips Mendekor Kamar Tidurmu Guys

Oh, Jadi Ini 7 Tren Beramal Secara Modern Bagi Anak Muda

Oh, Jadi Ini 7 Tren Beramal Secara Modern Bagi Anak Muda

loading