21 Gambar Pertumbuhan Janin dalam Kandungan ini Bikin Takjub Sekaligus Merinding!

oddstuffmagazine.com
Line Yukepo.com

Biasanya para calon orang tua cuma tau perkembangan anak mereka dalam kandungan hanya lewat beberapa gambar doang. Gambar-gambar tersebut pun warnanya kurang jelas, kayak foto rontgen. Yah, walaupun begitu juga rasanya udah seneng banget ngeliat si anak udah bisa nendang perut atau bergerak. Namanya juga babak kehidupan yang baru, yakni menjadi orang tua, pasti ada gairah atau semangat yang menggebu-gebu dalam menanti si anak lahir ke dunia. Tapi jangan khawatir, kalau kamu mau melihat perkembangan janin secara detail, seorang fotografer bernama Lennart Nilsson telah mengabadikan momen-momen tersebut dalam beberapa gambar. Nilsson menggunakan sebuah alat yang bernama cytoscope yang dapat memeriksa atau menerawang bagian dalam kandung kemih. Gak cuma itu aja, gambar yang sudah dia abadikan kemudian diberi warna sehingga kita bisa melihat si bayi secara jelas. Gak kayak foto rontgen lagi!

Nah, buat kamu para calon ibu atau calon bapak, kalau kamu penasaran dengan pertumbuhan si janin yang sedang kamu nantikan, berarti kamu harus liat 21 gambar di bawah ini. Dijamin deh kamu bakal merinding sekaligus takjub. Cekidot!

brightside.me

Kalau kamu pernah dengar mengenai jutaan sel sperma yang bersaing untuk masuk ke dalam sel telur, dan hanya sperma yang terbaiklah yang dapat masuk, inilah gambar petualangan sperma tersebut ketika dia menerobos dinding sel telur. Sperma yang udah menjadi juara dari jutaan sperma lainnya! Hebat nih sperma, punya siapa ya?

brightside.me

Kalau yang ini adalah penampakan sel telur yang akan diajak main sama sperma. Bentuknya kayak telor ceplok yah?

brightside.me

Inilah sang juara kita, saudara-saudara sekalian! Dialah sperma yang bertahan hingga ke sel telur. Posisinya yang tegak menjelaskan bahwa dia udah siap buat menghadapi rintangan berikutnya.

brightside.me

Inilah proses sperma sang juara ketika memasuki sel telur. Ketika sperma udah masuk, maka materi genetik yang ada di antara keduanya akan berkolaborasi alias bersatu. 

brightside.me

Gambar ini menunjukkan pergerakan sperma di dalam sel telur. Kamu liat kan warna hitam di kepala si sperma? Di situ materi genetik terkumpul. 

brightside.me

Setelah 2 minggu proses pembuahan terjadi, sel telurnya bakal terbelah dan ngebentuk embrio. Tuh yang kayak biji salak itu embrio.

brightside.me

Selang 22 hari, si embrio berkembang dan membelah bagian atasnya yang nantinya bakal jadi otak si janin. Oh, jadinya begini bentuk kita ketika masih embrio ya. Aneh juga.

brightside.me

Ini embrio di minggu ke lima. Jantung dan sistem peredaran darah udah mulai kebentuk. Kawan, kita semua berasal dari gumpalan ini, kawan. Gak nyangka.

brightside.me

Di minggu ke enam, saraf-saraf di bagian punggung janin udah mulai ketutup. Sitem pernapasan dan pencernaan mulai terbentuk, jantung mulai bekerja, tangkai-tangkai yang akan menjadi tangan dan kaki pun mulai keluar.

brightside.me

Aduh, coba tebak ini apa? Ini adalah wajah kita kawan ketika masih janin. Masih gak abis pikir kita ternyata wajah kita dulu se-absurd ini. Kuasa Tuhan.

brightside.me

Inilah proses pembentukan plasenta. Si plasenta ini kerjanya menukarkan materi-materi metabolisme dan produk gas antara peredaran darah ibu dan janin, serta produksi hormon.

brightside.me

Memasuki minggu ke 8, mata, tangan, dan kaki udah mulai ada tuh bentuknya. Mulai kelihatan bentuk manusianya.

brightside.me

Di minggu ke 10, mata si janin udah setengah terbuka. Dalam beberapa hari ke depan bakal kebuka seluruhnya.

brightside.me

Pada minggu ke 10 juga, si janin udah mulai mengenali lingkungan sekitar alias ruang rahim. Tangannya udah mulai bisa bergerak.

brightside.me

Memasuki minggu ke 15, kulit bayi masih tipis banget. Oleh sebab itu, pembuluh darahnya bisa diterawang dari luar. 

brightside.me

Nih penampakan pembuluh darah si janin di bagian kaki.

brightside.me

Pada minggu ke 18, janin pun udah mulai bisa ngeliat cahaya dan mendengar. Dengan kata lain, si janin dan si ibu udah mulai bisa berinteraksi lewat perut nih.

brightside.me

Tinggi si janin mencapai 20 cm ketika berusia 20 minggu. Bulu-bulu rambut pun udah mulai keluar. 

brightside.me

Kelopak mata udah seluruhnya terbuka dan si janin pun bisa melihat di minggu ke 6. Sistem pernapasannya juga berkembang nih.

brightside.me

Wajah si janin udah mulai keliatan jelas. Kira-kira udah punya belek atau tai mata gak ya si janin ini? 

brightside.me

Pada minggu ke 36, kulit bayi udah mulus, organ-organnya pun udah bekerja dengan baik, badannya udah gemuk. Kira-kira sebulan lagi dah, si bayi bakal merasakan udara bebas di dunia. Hati-hati ya dek, dunia itu lebih keras dibandingkan di rahim.

Kayak gak nyangka yah ternyata kita mengalami pertumbuhan yang sangat menakjubkan hingga bisa segede sekarang. Padahal bentuk kita ketika embrio masih kayak biji salak gitu. Gokil! Buat para calon ibu dan ayah, semoga gambar-gambar di atas bisa menambah semangat dan memeriahkan kehadiran si dedek bayi kalian nanti, ya! 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
10
SHARES
Perbandingan Foto Kota-kota Terkenal di Dunia Zaman Dulu dan Sekarang Bikin Kamu Takjub

Perbandingan Foto Kota-kota Terkenal di Dunia Zaman Dulu dan Sekarang Bikin Kamu Takjub

Begini Nih Tipe-tipe Orang Kalau Update Status, Kamu Termasuk yang Mana?

Begini Nih Tipe-tipe Orang Kalau Update Status, Kamu Termasuk yang Mana?

10 Foto Kesalahan yang Terjadi di Supermarket ini Bikin Ngakak Para Pembeli!

10 Foto Kesalahan yang Terjadi di Supermarket ini Bikin Ngakak Para Pembeli!

Penampilan Para Seleb Cantik yang Lahir di Tahun yang Sama Ini Sangat Berbeda

Penampilan Para Seleb Cantik yang Lahir di Tahun yang Sama Ini Sangat Berbeda

Makna Dibalik Chat yang Dikirim Cowok Ke Kamu, Jangan Keburu Geer Dulu Ya!

Makna Dibalik Chat yang Dikirim Cowok Ke Kamu, Jangan Keburu Geer Dulu Ya!

Kabar Gembira! YuKepo Sekarang Punya Channel di Mata Berita Indonesia, Yuk Follow!

Kabar Gembira! YuKepo Sekarang Punya Channel di Mata Berita Indonesia, Yuk Follow!

loading