15 Foto Perpustakaan Keliling ini Membuktikan Kalau Orang Zaman Dulu Lebih Menghargai Buku!

www.boredpanda.com
Line YuKepo.com

Kadang suka miris deh di dunia yang serba canggih kayak sekarang tapi kok makin banyak ya orang yang malas baca buku. Doyannya cuma baca timeline di Twitter atau Path doang. Boro-boro baca buku sekolah, ngelihatnya aja kadang udah males. 

Emang gak bisa disalahin sepenuhnya ke generasi sekarang sih. Mungkin kita udah bukan lagi zamannya baca buku yang berupa fisik karena sudah banyak buku yang disajikan secara digital. Bukan menjadi masalah sih. Tapi bagi sebagian orang masih ada aja kok yang tetap setia membaca buku fisik, kayak udah jadi kebiasaan aja sih sepertinya.

Kalau kita balik lagi ke puluhan tahun ke belakang mungkin situasinya bakal berubah 180 derajat. Apa yang bisa dengan mudah kita temukan sekarang belum tentu mudah juga ditemukan pada masa lalu. Jangankan untuk teknologi yang mutakhir, bahkan untuk sebuah buku bacaan aja mungkin masih bisa dikatakan langka. Ada sih, cuma gak banyak. Bisa jadi orang-orang yang punya koleksi buku adalah orang yang cukup mapan soal keuangan. 

Ternyata kebutuhan literasi gak hanya dibutuhkan oleh generasi milenial kayak kita-kita ini lho. Literasi ternyata sudah menjadi gaya hidup di beberapa puluh tahun belakangan. Pandangannya saat itu adalah buku bukan hanya untuk dimiliki, tapi juga dipahami. Dengan kondisi keuangan zaman dulu yang tidak terlalu baik, akhirnya datanglah solusi perpustakaan keliling demi memuaskan hasrat pengetahuan yang dimiliki pada saat itu. Maklum aja, dulu televisi dan radio belum begitu populer. Makanya ada istlah "buku adalah jendela dunia". Cara mereka untuk mengenal dunia ya hanya dengan membaca. Keren ya.

Nah, kali ini YuKepo mau kasih liat bukti ke kamu kalau orang zaman dulu itu memiliki ketertarikan yang luar biasa dengan dunia literasi. Sampe bela-belain ngantri minjem buku di perpustakaan keliling gitu. Kalau kita sekarang? Ya tinggal cari aja di internet. 

1. Ini perpustakaan berjalan pertama di Amerika yaitu beredar mulai tahun 1905, masih ditarik pakai kuda

www.boredpanda.com

2. Ini adeknya perpustakaan keliling di atas, beredar sekitar tahun 1912

www.boredpanda.com

3. Walaupun sambil bertelanjang dada, tapi gak menyurutkan semangat bocah-bocah ini buat belajar

www.boredpanda.com

4. Perpustakaan di distrik Southgate ini beredar pada tahun 1920an

www.boredpanda.com

5. Tiga perpustakaan keliling ini berjejer di depan Terminal Union, Amerika Serikat

www.boredpanda.com

6. Orang Indonesia juga gak mau ketinggalan informasi, makanya pada rame-rame ngerubungin perpustakaan kelilingnya

www.boredpanda.com

7. Tuh kan beneran pada ngerubungin perpustakaan kelilingnya kayak semut ngerubungin gula

www.boredpanda.com

8. Cewek-cewek kece asal Negeri Kincir Angin ini juga gak mau ketinggalan nih

www.boredpanda.com

9. Perpustakaan keliling ini juga sering banget mampir ke sekolahan Aztec, biar murid-muridnya makin pinter

www.boredpanda.com

10. "Books free for everybody, right after the door - if you vote 'yes'"

www.boredpanda.com

11. Daerah Cincinnati di Ohio juga gak ketinggalan dikunjungi perpustakaan keliling ini

www.boredpanda.com

12. Literasi gak mengenal warna kulit kok, salah satu yang menyatukan dunia nih berarti

www.boredpanda.com

13. Semua anak-anak Kalifornia Utara kayaknya excited banget kalau ada perpustakaan keliling yang dateng

www.boredpanda.com

14. Sekalinya minjem langsung banyak gitu ya, jangan lupa dikembaliin ya bu

www.boredpanda.com

15. Emak-emak arisan daerah Sharonville juga gak mau kelewatan baca buku, kali aja ada resep biar suami makin lengket, awww

www.boredpanda.com

Jadi udah percaya kan kalau orang beberapa puluh tahun lalu itu emang excited banget kalau soal buku. Rasanya buku bagi mereka udah kayak hiburan yang gak bisa ditandingin sama hiburan lain. Orang-orang zaman dulu aja segitu semangatnya baca buku sampe dibela-belain minjem ke perpustakaan keliling. Lah kita yang hidup di dunia serba mudah, masa kalah sih? Malu dong.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
33
SHARES
Selebritis-selebritis Tanah Air Ini Punya Phobia yang Bakalan Bikin Orang Tua Kamu Kaget!

Selebritis-selebritis Tanah Air Ini Punya Phobia yang Bakalan Bikin Orang Tua Kamu Kaget!

Liburan Hemat ke Luar Negeri Bakal Terwujud Kalau Pergi di Bulan yang Tepat!

Liburan Hemat ke Luar Negeri Bakal Terwujud Kalau Pergi di Bulan yang Tepat!

Alasan Nggak Perlu Pamer Kemesraan, Kalau Hubungan Belum Ada Kejelasan!

Alasan Nggak Perlu Pamer Kemesraan, Kalau Hubungan Belum Ada Kejelasan!

7 Foto Proses Pembuatan Bangunan Bersejarah di Dunia Ini Bikin Mata Takjub

7 Foto Proses Pembuatan Bangunan Bersejarah di Dunia Ini Bikin Mata Takjub

7 Fobia Aneh Ini Bisa Bikin Penderitanya Sulit Menemukan Cinta Sejati!

7 Fobia Aneh Ini Bisa Bikin Penderitanya Sulit Menemukan Cinta Sejati!

7 Quotes Michelle Obama yang Menginspirasi Ini Menggugah Semangat Kamu

7 Quotes Michelle Obama yang Menginspirasi Ini Menggugah Semangat Kamu

loading