11 Jenis Phobia Ini Bikin Kamu Bengong!

Edited By Admin
Line Yukepo.com

Takut akan suatu hal sering dirasakan oleh seseorang. Dulu bisa jadi sewaktu kecil kita takut dengan omelan ibu, badut, atau hal-hal yang menyeramkan. Tapi kadang rasa takut itu jadi berlebihan dan sering disebut dengan istilah phobia. Kamu juga pasti pernah bilang "Ah, gue takut sama ketinggian!" Tahu gak apa istilahnya? Nah, rasa takut seseorang berbeda-beda, kali ini kita akan mengulas 11 phobia yang paling aneh. Hal tersebut bisa bikin seseorang sampai pingsan. Apa kamu termasuk ke 11 phobia aneh ini. Yuk, cek rame-rame?

1. Androphobia

Edited By Admin

Ini adalah jenis ketakutan terhadap pria berwajah ganteng. Biasanya orang yang tergolong dalam phobia ini cendrung merasa tidak nyaman dan resah jika berada di dekat pria. Yap, ganteng memang relatif, tapi kalo yang takut sama pria adalah wanita, gimana tuh?

2. Caligynephobia

Edited By Admin

Siapa yang gak suka atau takut sama wanita cantik bro? Wah sayang banget ya. Mungkin doi pernah merasa tersakiti oleh wanita cantik atau punya hal yang menakutkan dengan wanita cantik dimasa lalunya. Dari sekian banyak pria yang mendambakan pacar atau istri yang cantik, ternyata ada pria yang justru memiliki ketakutan terhadap wanita cantik ya. 

3. Acrophobia

Edited By Admin

Seseorang yang menderita phobia jenis ini akan berusaha menghindari tempat-tempat tinggi. Mereka biasanya akan merasa tegang dan bisa sampai panas dingin yang luar biasa jika ada di tempat tinggi. Tak hanya itu, rasa mual, pusing, serta ritme jantung yang tidak beraturan juga. Jadi jangan paksa mereka ya, bisa repot kalau sampai nanti pingsan ditempat ketinggian. 

4. Catoptrophobia

Edited By Admin

Kebayang gak sih kalau ada orang yang takut cermin? Catoptrophobia adaalah ketakutan akan cermin. Bisa jadi dia gak pernah liat sama dirinya sendiri dong ya? Mungkin saja, tapi rasa ketakutan ini bukan semata-mata hanya pada cerminnya. Biasanya penderita phobia ini berprasangka kalau nanti bercermin nasib buruk akan menimpanya atau ia takut masuk ke dalam cermin dan terkurung di dalamnya. Lebih kearah fantasi kalau difikir-fikir.

5. Heliophobia

Edited By Admin

Sinar matahari adalah tata surya terpenting ya untuk kehidupan manusia dan dunia. Sinar matahari mengandung manfaat yang sangat luar biasa, terutama sinar matahari di pagi hari antara pukul 7 sampai dengan pukul 9. Sering lihat ibu-ibu yang jemur bayi pagi-pagi? Karena sinar matahari menghasilkan vitamin D, penawar infeksi, pembunuh bakteri, virus dan jamur, serta meningkatkan kebugaran pernafasan. Sayang bangetkan kalau para heliophobia gak akan bisa merasakan manfaat tersebut, karena rasa ketakutannya terhadap sinar matahari. Jadi jangan ajak penderita heliophobia keluar disiang hari karena sudah pasti dia gak akan mau.

6. Pediophobia

Edited By Admin

Pediophobia adalah ketakutan yang tidak beralasan terhadap boneka. Ternyata bukan hanya takut terhadap boneka tapi jenis-jenis yang bersifat mirip manusia seperti patung, robot, dan manekin. Kemungkinan besar para penderita pediophobia merasa boneka atau sejenisnya adalah wujud manusia yang juga bernyawa. 

7. Ablutophobia

Edited By Admin

Ablutophobia adalah salah satu jenis phobia yang takut untuk mandi atau bisa dibilang takut ketika dirinya mandi. Gimana rasanya gak mandi satu minggu saja? Mandi merupakan cara ampuh untuk menghilangkan bau badan sekaligus menghilangkan kuman penyakit yang menempel pada badan guys. Tapi apa jadinya kalau pada penderita Ablutophobia atau phobia mandi, tentunya tidak bisa membayangkan. Ablutophobia biasanya dialami oleh anak-anak dan juga wanita.

 

8. Enochlophobia

Edited By Admin

Ketakutan yang berlebihan pada keramaian dalam dunia medis dikenal dengan istilah agoraphobia. Cukup sepele sih sebenarnya. Untuk phobia kali ini mereka hanya tidak ingin bertemu dengan karamaian atau kerumunan orang. Mereka akan panik dan pusing bila mendengar. Biarkan mereka sendiri sampai mereka mau membaur. 

9. Atychiphobia

Edited By Admin

Kegagalan adalah ketakutan paling besar dari manusia. Sebutan phobia adalah Atychiphobia. Biasanya penderita phobia ini tidak berani untuk mengambil resiko karena rasa takut akan kegagalan atau kekalahan. Biasanya yang memiliki phobia ini secara gak sadar mereka akan meremehkan usaha mereka sehingga mereka sudah merasa akan gagal jadi tidak perlu terus mencoba. Kalau kamu  orang yang takut mencoba hal-hal yang baru atau selalu ingin berada di zona nyaman, secara tidak sadar Anda telah menderita Atychiphobia.

10. Agyrophobia

Edited By Admin

Kamu termasuk phobia ini? Rasa ketakutan untuk menyebrang. Sebenarnya bukan masalah besar, hanya saja rasa keberanian kamu belum cukup. Biasanya mereka takut karena membayangkan saat berjalan akan tertabrak atau hal-hal buruk pasti akan dia alami. Wajar saja, saat menyebrang tanpa kita sadar pasti ada saja mobil atau kendaraan lainnya yang melintas begitu cepat dan membuat kamu terkejut.

11. Autophobia

Edited By Admin

Rasa takut yang berlebihan karena kesendirian. Inilah yang dimaksud dari sub-judul ini. Mereka merasa akan sangat dikucilkan saat mereka sendiri. Huhu, semacam takut jadi single ya gak? Mereka akan mencoba membaur dengan lingkungan agar mereka tidak merasa dikucilkan.

Rasa takut yang berlebihan ini sebenarnya bisa banget kalian lawan. Dengan cara dilatih terus menerus tapi ingat jangan memaksa secara berlebihan. Karena hal yang paling mengerikan itu, takut kehilangan kamu. Iya kamu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
110
SHARES
Wajah-wajah Puteri Indonesia Dari Masa ke Masa, Cantik Semua!

Wajah-wajah Puteri Indonesia Dari Masa ke Masa, Cantik Semua!

Om Telolet Om Viral! 9 Challenge Ini Juga Pernah Viral Lho di Tahun 2016!

Om Telolet Om Viral! 9 Challenge Ini Juga Pernah Viral Lho di Tahun 2016!

9 Aplikasi Smartphone Buatan Anak Indonesia yang Paling Keren dan Wajib Kamu Pakai

9 Aplikasi Smartphone Buatan Anak Indonesia yang Paling Keren dan Wajib Kamu Pakai

Emansipasi Udah Berjalan, 7 Kepala Daerah Cantik Ini Buktinya!

Emansipasi Udah Berjalan, 7 Kepala Daerah Cantik Ini Buktinya!

Ngeri! Bencana Alam ini Terjadi Di Indonesia dan Menelan Ribuan Korban Jiwa!

Ngeri! Bencana Alam ini Terjadi Di Indonesia dan Menelan Ribuan Korban Jiwa!

Intip Foto-foto Tentara Perancis Selama Perang Dunia I yang Sudah Direstorasi Warnanya!

Intip Foto-foto Tentara Perancis Selama Perang Dunia I yang Sudah Direstorasi Warnanya!

loading