10 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dekorasi Ruangan Jadi Cantik dan Bersih!

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Buat orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, udara yang segar dan bersih tuh seringkali menjadi sesuatu hal yang mewah. Masalahnya, asupan oksigen yang bersih itu penting banget loh untuk perkembangan otak manusia. Bahkan, oksigen yang bersih dan dihirup dengan baik, dapat mempengaruhi kesehatan emosional dan spiritual kamu loh. Makanya, di ruangan tempat kamu beraktivitas, oksigen yang beredar tuh harus diusahakan kebersihannya loh. Biar ruangan kamu punya stok oksigen yang lebih bersih, kamu bisa coba pelihara tanaman-tanaman hias di bawah ini. Selain bisa membersihkan udara, tanaman yang termasuk jenis tanaman hias ini bisa mempercantik ruangan kamu loh. Dengan begini, rasanya kamu bakalan lebih deket sama alam sekitar kamu! Oh iya, mengingat tanaman hijau itu biasanya menghasilkan karbon dioksida di malam hari, kamu harus bisa memilah juga mana tumbuhan yang harus dikeluarkan dari ruangan saat hari sudah gelap, dan mana tumbuhan yang masih menghasilkan oksigen bahkan di malam hari sehingga kamu nggak perlu repot-repot untuk ngeluarin tanaman dari rumah!

1. Snake Plant atau Lidah Mertua

Sumber Gambar

Dengan tekstur daunnya yang keras meruncing sekaligus tegak, tanaman yang satu ini bisa disimpan di dalam ruangan untuk membantu mengurangi kandungan metana yang tercampur di udara. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, bahkan hingga kanker ganas dalam taraf tertentu. Tapi, tentunya tanamannya harus diekstrak dulu ya kandungan berkhasiatnya. Bahkan, tanaman ini ternyata dapat menghasilkan oksigen di malam hari loh. Jadi, kamu nggak perlu repot lagi deh mindahin tanaman ini ke luar ruangan ketika di malam hari.

2. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Sumber Gambar

Tanaman yang sudah tidak asing lagi penggunaannya dalam berbagai produk perawatan tubuh ini dipercaya dapat berkhasiat untuk menetralisir berbagai racun tertentu yang masuk ke tubuh kita jika dikonsumsi zat-zat berkhasiatnya. Tanaman ini juga dapat menyerap polutan yang terkandung di udara sekitar kita.

3. Spider Plant

Sumber Gambar

Nah, kalau tujuan kamu melihara tanaman dalam ruangan tuh emang buat ngebersihin udara, tanaman yang udah nggak asing dilihat ini ternyata memiliki manfaat untuk membersihkan udara dari karbon monoksida, nitrogen dioksida, termasuk juga polutan yang diproduksi dari industri karet, kulit, dan percetakan.  

4. Sirih Gading atau Devil’s Ivy

Sumber Gambar

Tanaman yang bakal lebih terlihat indah ketika digantung karena jalur pertumbuhannya yang melengkung ini. Makanya, tanaman ini bakal cocok banget untuk dijadikan sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik ruangan kamu, ditambah lagi dengan adanya kemampuan tanaman ini untuk menyerap racun di udara.

5. Aglaonema atau Sri Rejeki

Sumber Gambar

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama Sri Rejeki di negeri kita ini dapat memanjakan mata kita dengan corak daunnya yang khas. Disebabkan oleh kemampuannya untuk bertahan dalam ruangan yang ber-AC, tanaman ini seringkali terlihat dalam ruangan perkantoran atau hotel.

6. Palem-paleman

Sumber Gambar

Mengingat kebanyakan jenis dari palem-paleman memiliki bentuk yang tegak dengan ukuran yang besar, tanaman ini bakalan lebih cocok untuk diletakkan di ruang keluarga atau perkantoran. Tanaman yang satu ini ternyata dapat membersihkan furnitur ruangan dari kotoran yang menempel di udara loh.

7. Bunga Krisan

Sumber Gambar

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Bunga Seruni ini memiliki keampuhan untuk menciptakan nuansa udara yang lebih sejuk dan wangi di dalam ruangan. Meskipun begitu, untuk perawatan bunga yang dapat disimpan di dalam ruangan, perawatannya tidak semudah yang dapat diterapkan pada tanaman hijau pada umumnya sehingga tanaman ini membutuhkan perhatian yang lebih intensif dari pemiliknya.

8. Pakis Boston

Sumber Gambar

Kamu sering ngerasa kalau ruang yang kamu tempati itu udaranya terlalu kering? Tanaman ini cocok banget nih untuk memperlembap udara dalam ruangan meskipun kalau terlalu lembap pun kurang baik karena dapat memicu pertumbuhan jamur dan berbagai penyakit lainnya. Makanya, tanaman ini biasanya diletakkan di kamar mandi yang dari awalnya memang memiliki kecenderungan udara yang lebih lembap jika dibandingkan jenis ruangan lainnya.

9. Kaktus Bunga

Sumber Gambar

Tanaman yang satu ini emang terbilang unik karena kemampuannya yang terkenal sebagai tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air karena tanaman ini bahkan dapat tumbuh di daerah yang sangat minim curah hujannya seperti padang pasir. Meskipun pada umumnya tanaman ini dipelihara dan dikoleksi sebagai penghias, tanaman ini ternyata dapat membersihkan udara dalam ruangan. Selain itu, kecantikannya pun dipercaya dapat membuat mood kamu lebih stabil loh.  

10. Peace Lily atau Spathiphyllum

Sumber Gambar

Nikmat banget kayaknya kalau bangun tidur dan di samping jendela yang ada asupan cahaya matahari paginya, kamu dimanjakan oleh keindahan bunga yang satu ini. Selain dapat mempercantik pandangan, bunga ini juga dapat memberikan asupan oksigen yang bersih di pagi hari sehingga cocok untuk diletakkan sedemikian rupa dan seakan-akan tanaman ini menyambut bangunnya kita dari tidur.

Udah siap berburu tanaman-tanaman di atas? Tanaman-tanaman di atas saat ini udah gampang banget kok untuk diperoleh dari berbagai toko yang tersebar di dunia maya. Jadi, daripada kamu galau gara-gara putus dan jadi ngabisin waktu untuk nge-stalking mantan kamu, mendingan kamu perbaiki mood kamu dengan oksigen yang lebih baik untuk otak kamu. Jadinya, hari-hari kamu bakal lebih rileks deh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
11
SHARES
11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

Mencengangkan! 7 Penemuan Benda Ini Terkubur di Halaman Belakang Rumah

Mencengangkan! 7 Penemuan Benda Ini Terkubur di Halaman Belakang Rumah

7 Makanan Berbau Menyengat Ini Punya Kandungan Ajaib dan Bikin Sehat!

7 Makanan Berbau Menyengat Ini Punya Kandungan Ajaib dan Bikin Sehat!

Menikmati Keindahan Chiang Mai City, Kota Seribu Kuil Indah Nan Eksotik

Menikmati Keindahan Chiang Mai City, Kota Seribu Kuil Indah Nan Eksotik

Wow, 11 Cara Mencontek Ini Pasti Pernah Kamu Pake Waktu Sekolah!

Wow, 11 Cara Mencontek Ini Pasti Pernah Kamu Pake Waktu Sekolah!

7 Ide Konyol di Luar Logika Kamu Justru Bikin Orang Ini Kaya Raya!

7 Ide Konyol di Luar Logika Kamu Justru Bikin Orang Ini Kaya Raya!

loading