10 Hal yang Bikin Passionmu Luntur. Jangan Harap Bisa Sukses Kalau Gini Terus!

www.charliecliftphotography.com
Line YuKepo.com

Tahu orang yang paling seksi di dunia itu siapa? Jawabannya, orang-orang yang passionate. Orang-orang yang tahu apa yang ia sukai, apa yang tidak ia sukai, dan bagaimana mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar apa yang diinginkan dalam hidup. Kalau bertemu orang-orang seperti ini pasti rasanya beda deh. Mereka benar-benar menularkan energi positif ke lingkungan sekitarnya. Apakah kamu orang yang passionate?

Meskipun begitu, ada saat-saat di mana seseorang yang passionate pun merasa tersesat, hidup nggak jelas juntrungannya. Pernah mengalami hal seperti ini? Jangan-jangan passionmu mulai meredup. Kenali hal-hal yang bisa bikin passionmu luntur, seperti misalnya:

1. Kurang motivasi

lifehacker.com

Biasanya setiap pagi semangat bangun tidur mau melakukan x, y, z. Eh ini tiba-tiba malas. Gimana ya cara mengatasinya? Ingat-ingat lagi targetmu untuk jangka pendek dan jangka panjang, lalu pikirkan apa yang bisa kamu lakukan sekarang dengan apa yang kamu punya. Pikirkan juga orang-orang sekitar yang selalu menyemangatimu. Kemudian, lakukanlah sesuatu yang bakal membuat ‘kamu di masa depan’ bersyukur telah melakukannya saat ini.

2. Mudah terdistraksi

nymag.com

Perhatian kamu gampang berubah bahkan dalam hal kecil sekalipun? Memang sih kalau masih muda rasanya kepingin nyobain semuanya, tapi pasti ada deh satu atau dua hal yang kalaupun nggak dibayar, kamu bakal tetap mau melakukannya. Itu namanya passion. Fokuslah sama satu atau dua hal itu saja dan tekuni. Banyak hal menarik di luar sana, tapi kalau kamunya nggak fokus, percuma.

3. Cepat puas

www.theatlantic.com

Bukan, bukan cepat puas di tempat tidur. Tapi cepat puas dalam mengerjakan sesuatu, misalnya kamu penulis atau desainer grafis. Kamu langsung meninggalkan pekerjaan setelah draft pertama selesai. Nggak diteliti dulu, langsung kirim ke klien. Bahaya tuh. Apapun yang kamu kerjakan, berusahalah jadi yang terbaik. Cepat puas identik dengan mudah menyerah. Nanti hasil kerjaanmu segitu-segitu aja. Kalah sama yang lain. Lama-lama kesal dan nggak passionate lagi.

4. Takut gagal
www.reactiongifs.com

“I have not failed. I’ve just found 10.000 ways that won’t work.” Kalimat Thomas Alfa Edison ini harus benar-benar kamu resapi deh. Dia gagal beribu kali sebelum akhirnya berhasil menciptakan lampu. Masa kamu gagal sekali langsung nyerah? Daripada banting setir dan meninggalkan passion, coba belajar dan introspeksi diri dari setiap kegagalan lalu perbaiki. Kalau takut gagal, kamu nggak akan pernah tau kapan akan berhasil karena nggak pernah mencoba sesuatu yang baru.

5. Zona nyaman
giphy.com

Nyaman sih, tapi apa iya kamu mau mencari kenyamanan bahkan ketika masih muda? Kamu masih punya banyak waktu untuk mencoba hal baru, gagal, gagal lagi sebelum akhirnya berhasil. Dan itu Cuma bisa kamu dapatkan di luar zona nyaman. Ingat, kapal itu nggak dibuat untuk hanya berlabuh. Berlayarlah selagi angin masih kencang!

6. Memaksa dan menyalahkan diri sendiri

www.reactiongifs.com

Ada kalanya kita udah berusaha semaksimal mungkin, tapi ada aja yang berjalan nggak sesuai harapan. Daripada terus memaksa dan menyalahkan diri sendiri, kamu bisa istirahat sebentar. Lupakan sejenak kegagalanmu lalu ketika perasaan sudah mulai tenang, baru kembali ke urusan yang belum terselesaikan.

7. Kurang percaya diri

wifflegif.com

Pernah merhatiin nggak sih orang-orang sukses selalu masuk berjalan ke podium atau kursi narasumber dengan langkah penuh percaya diri? Jangan dikira mereka bisa sampai di situ dengan cara yang enak-enak aja. Mereka juga pasti pernah mengalami ups and downs dalam hidup, tapi bedanya, itu bukannya bikin mereka jadi rendah diri. Mereka berhasil menjaga kepercayaan dirinya untuk terus maju. Karena, kalau kamu aja nggak bisa percaya sama diri sendiri, apalagi orang lain?

8. Kurang mengenal diri sendiri

rebloggy.com

Ini penting banget. Kalau kamu nggak ngerti gimana cara menghandle pikiran dan emosi saat sedang terpuruk, kamu bisa lepas kendali. Kamu harus bisa ‘menyembuhkan’ diri sendiri pada saat-saat terburuk. Caranya pasti beda setiap orang. Ada yang bisa sembuh dengan jalan-jalan, baca buku, interaksi lebih banyak sama orang lain, dan sebagainya. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan dirimu.

9. Stress
giphy.com

Semua orang pasti pernah ngalamin yang namanya stress. Tapi masa iya kamu mau dikalahin sama stress doang? Mending diutarakan, dibicarakan, dikomunikasikan sama teman atau orang yang paling kamu percaya. Bukan Cuma kamu kok yang lagi stress di dunia ini. Cara kamu menyikapinya yang akan menentukan kamu bakal balik jadi orang yang passionate lagi, atau jadi yang kehilangan arah. Jangan sampai jadi yang kedua ya!

10. Kebiasaan buruk
www.w24.co.za

Nggak semua kebiasaan itu baik kan? Kalau kamu terbiasa menunda-nunda untuk melakukan sesuatu misalnya, kamu bisa repot di akhir ketika deadline. Datang terlambat ke suatu pertemuan juga bisa bikin nilai dirimu turun di mata orang lain. Lebih parah lagi kalau kamu bersikap apatis. Duh, kayak dunia bisa jadi lebih baik aja kalau semua orang nggak peduli sama sekitar.

 

wifflegif.com

Kamu tahu orang yang paling seksi di dunia ini? Mereka adalah orang-orang yang setelah membaca tulisan ini, kembali menemukan cara untuk mengembalikan passion-nya dan kembali mengejar apa yang dicita-citakan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
32
SHARES
5 Urutan Zodiak yang Gampang Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama, Kamu Termasuk Gak?

5 Urutan Zodiak yang Gampang Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama, Kamu Termasuk Gak?

Belajar Bahagia Sederhana ala Farid Stevy, Sosok di Balik Logo KAI dan Filkop

Belajar Bahagia Sederhana ala Farid Stevy, Sosok di Balik Logo KAI dan Filkop

Karena Selalu Mengiyakan Permintaan Orang Lain Justru Nggak Baik Buat Kamu Sendiri!

Karena Selalu Mengiyakan Permintaan Orang Lain Justru Nggak Baik Buat Kamu Sendiri!

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

Cowok Bakal Senang Dapat Kado Ini. Para Cewek Harus Baca Nih!

Cowok Bakal Senang Dapat Kado Ini. Para Cewek Harus Baca Nih!

loading