Reality Show Misteri yang Fenomenal dan Nge-hits Tahun 2000-an di Indonesia, Masih Ingat?

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Tahun 2000-an adalah masa kejayaan program misteri di TV. Tahun 90-an cerita-cerita misteri hanya bisa diceritakan dari mulut ke mulut dan dibuat sekuel film, maka generasi 2000-an perfilman Indonesia memulai pembuktian akan adanya misteri yang beredar. Nama-nama seperti Caroline Zachrie, Hari Panca, Toro Margen dan Leo Lumanto menjadi akrab di telinga masyarakat sebagai host yang membawakan program misteri. Namun, program misteri sempat dihentikan di sekitar pertengahan tahun 2000-an lantaran makin keluar dari jalurnya. Akhirnya di awal tahun 2010-an, program-program misteri kembali ditayangkan dengan teknologi lebih canggih dan bintang tamu cantik untuk mendongkrak penonton. Kamu penikmat program misteri? Yuk, ikutan nostalgia dengan program misteri di tahun 2000-an ini! Awas di belakang kamu.

1. KisMis, Kisah-kisah Misteri (RCTI)

Sumber Gambar

Salah satu stasiun televisi yang menayangkan Program Misteri pertama kali adalah RCTI. Acara yang dibawakan oleh seorang host cantik ini mendatangkan narasumber yang berbeda setiap episodenya dan menayangkan reka ulang dari informasi yang diceritakan oleh narasumber. Yang paling khas di acara ini yaitu ketika akan menayangkan reka ulang, semua narasumber akan mengatakan hal yang sama, "begini ceritanya." Sayangnya, KISMIS tayang terlalu malam sehingga anak SD yang ingin menonton terpaksa harus begadang dan besoknya diomelin mama karena bangun kesiangan.

2. Dunia Lain (Trans TV)

Sumber Gambar

Siapa yang ngga kenal dengan tayangan fenomenal "Uji Nyali"? Yup, Dunia Lain adalah program reality show misteri pertama di Indonesia. Bersama paranormal, host yang fenomenal dengan kepala gundulnya itu akan menjelajah ke tempat berhantu dan membawa peserta untuk menguji nyalinya. Dengan kecanggihan teknologi inframerah, ngga jarang ada sosok hantu yang tertangkap kamera tanpa rekayasa. Sosok Hari Panca yang dingin juga semakin menambah keseraman acara ini. Kabarnya, Hari Panca yang tidak memiliki rambut dan bulu di wajahnya itu benar-benar sosok seorang indigo.                                     

3. Percaya Nggak Percaya (ANTV)

Sumber Gambar

Pak Leo Lumanto merupakan sosok ahli spiritual yang juga menjadi narasumber program Percaya Nggak Percaya yang tayang di ANTV. Program ini lahir di tahun yang sama dengan Dunia Lain. Dipadu dengan host yang juga sama-sama bisa merasakan kehadiran makhluk lain. Bahkan hari dan jam penayangan program ini pun sama dengan Dunia Lain. Bedanya, program ini hanya menjelajah tempat angker tanpa melakukan uji nyali. Mungkin itu sebabnya mengapa program ini tidak sepopuler Dunia Lain.

4. Gentayangan Uka Uka (TPI)

Sumber Gambar

Program misteri yang tayang di TPI sekitar jam 7 ini sebenarnya berjudul Gentayangan. Konsepnya hampir sama dengan Dunia Lain, namun tampil secara Live. Yang menarik bukannya penampakan yang justru jarang terlihat tetapi lebih pada ekspresi ketakutan para peserta uji nyali. Yang khas dari acara ini adalah ekspresi host yang terasa dilebih-lebihkan agar terlihat menyeramkan. Bukannya seram, host yang biasa menjadi sosok antagonis ini malah kelihatan lucu dan gak horor sama sekali. Kata-kata khas dari Program Misteri ini adalah uka-uka. Itu sebabnya Gentayangan lebih dikenal dengan nama uka-uka... 

5. Ekspedisi Alam Gaib (TV7)

Sumber Gambar

Sebelum berganti nama menjadi Trans 7, TV 7 sudah berdiri dan memiliki beberapa program misteri yang ngga kalah canggih. Ekspedisi Alam Gaib berbeda dengan program misteri lainnya karena program ini berkonsep menjelajah kawasan pelosok yang terkenal dengan legendanya, seperti keberadaan Siwil atau manusia kerdil di TN Meru Betiri. Dengan perlengkapan kamera inframerah yang saat itu paling canggih pada jamannya, tim menjelajah untuk membuktikan kebenaran legenda tersebut. Namun sayangnya tim tidak pernah menemukan hal-hal aneh seperti mitos yang diceritakan masyarakat.

6. Pemburu Hantu (LaTivi)

Sumber Gambar

Nah, ini dia Ghostbusters khas Indonesia. Dipadu host cantik dan sekumpulan kyai, tim pemburu hantu datang ke rumah-rumah angker untuk menangkap hantu yang mengganggu penghuni rumah tersebut. Nggak jarang banyak terjadi adegan kesurupan atau asap yang keluar dari dalam botol. Sayangnya, sejak Lativi berubah jadi Tv One, tayangan semacam ini dihilangkan. Padahal lucu aja lihat hantu diburu sama manusia..

Tuh kan, siapa bilang generasi 2000-an nggak seasyik generasi 90-an. Generasi 2000-an masih melakukan permainan tradisional tapi juga udah tersentuh teknologi. Acara TV juga lebih keren. Nggak cuma mengumbar drama horor aja tapi juga pembuktian bahwa mitos itu benar ada atau tidak. Yang merasa sebagai generasi 2000-an, kangen nggak ketakutan nonton di rumah? Hihihi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
0
SHARES
Kamu Masih Ingat Dengan 5 Cerita Hantu Seram yang Sempat Populer Ini?

Kamu Masih Ingat Dengan 5 Cerita Hantu Seram yang Sempat Populer Ini?

5 Cerita Jembatan Paling Angker di Indonesia yang Bakal Bikin Bulu Kudukmu Lompat

5 Cerita Jembatan Paling Angker di Indonesia yang Bakal Bikin Bulu Kudukmu Lompat

7 Tempat Mitos Urban di Indonesia yang Dipercaya Bisa Bikin Hubungan Kamu Kandas

7 Tempat Mitos Urban di Indonesia yang Dipercaya Bisa Bikin Hubungan Kamu Kandas

Kaya Kamu, 6 Hantu Ini Pun Statusnya Masih Jomblo

Kaya Kamu, 6 Hantu Ini Pun Statusnya Masih Jomblo

7 Bagian di Kamar Tidurmu Ini Jadi Tempat Favorit Hantu Bersembunyi

7 Bagian di Kamar Tidurmu Ini Jadi Tempat Favorit Hantu Bersembunyi

5 Cerita Horor Rumah Sakit Paling Angker di Indonesia. Berani Baca?

5 Cerita Horor Rumah Sakit Paling Angker di Indonesia. Berani Baca?

loading