Kamu Sudah Mendaki 7 Gunung Ini? Ada Mitos Tersembunyi Lho!

jejaku.com

Mendaki gunung saat ini banyak diminati khususnya anak muda. Bukan cuma kasih pengalaman tapi mendekatkan kita dengan alam. Mau lebih akrab lagi sama pasangan? Coba kamu ajak pacar kamu mendaki ke 7 gunung ini deh, pasti seru. Hmm, tapi jangan salah lho ada mitos tersembunyi saat mendaki gunung ini lho! Hii, mau tahu kan? Kepoin yuk!

1. Gunung Salak

detik.com

Kisah mistik di Gunung Salak cukup banyak. Bukan hanya sekedar pendaki yang hilang. Beberapa pendaki pernah dikagetkan dengan binatang seperti babi sebesar tronton. Ada juga penampakan nenek yang biasanya berlogat Jawa. Selama kamu lewatin jalur kemungkinan juga kamu bakal denger suara gamelan. Anehnya ada juga yang pernah ngerasain mimpi massal diajak kencan. Eits, jangan bayangin mimpi kencan itu asyik. Kalau yang ngajak si Kuntilanak? Masih berani bro?

2. Gunung Gede

wordpress.com

Buat para pendaki pasti udah gak asing sama Gunung Gede. Selain terkenal keindahan dari Surya Kencana yang penuh bunga edelweiss, ternyata disana banyak yang dengar suara kaki kuda yang lari-lari dari kenyataan. Hihi. Eh maksudnya suara kuda lari tapi kudanya gak muncul. Kalian perlu tahu ini buat jaga-jaga sob! Biar gak parno nanti pas hiking. Kalian juga jaga sikap disana kalau gak kalian bakal ketemu penjaganya yang siap ngamuk yaitu dua ekor macan.

3. Gunung Ciremai

ohgunung.com

Gunung Ciremai sebagai atap Jawa Barat dengan tinggi 3.084 mdpl di Jawa Barat. Sosok berjubah putih yang terbang biasa akan kita temui diwaktu malam. Kalian harus berhati-hati kadang pendaki bisa 'disesatkan' saat turun, katanya ini terjadi kalau kalian buang sampah sembarangan. Hal lain yang nge-hype itu Nyi Linggi disekitar Batu Lingga yang konon infonya menempati batu tersebut untuk bertapa bareng dua ekor macan kumbang dan meninggal di dekat Batu Lingga.

4. Gunung Sumbing

blogspot.com

Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl. Kalau kamu sudah sampai di Watu Kotak, jaga baik-baik tangan kamu kayak kamu jaga pasangan kamu. Kisahnya kalau tangan kita usil cabut pepohonan bakal ada hal yang gaenak. Untuk para pendaki yang melalui jalur baru via garung harap waspada, biasanya akan terdengar suara orang menggorok pepohonan. Kamu juga akan mencium bau bunga kantil saat mendekati tugu memorian. Bunga kantil sebagai simbol akan muncul Mbah berjubah putih. Kalau kalian ngantuk jangan mendaki di waktu malam, karena pernah ada yang merasa ditarik oleh sosok makhluk besar semacam Hulk.

5. Gunung Mahameru

utiket.com

Setelah mendaki puncak tertinggi Jawa Barat, ketagihan deh hiking ke puncak tertinggi Jawa Tengah. Bisa berdiri di puncak Mahameru setiggi 3676 mdpl memang impian semua pendaki. Tapi kalau sudah sampai di puncak bakalan akan ada asap beracun dari Jonggring Saloka. Beberapa mitos tentang makhluk halus di beberapa tempat ini juga mengerikan. Jalur ayeg-ayeg diduga sebagai tempat manusia kerdil. Kalau ada yang mau makhluk halus yang dibungkus seperti lontong mungkin kalian bisa temuin di jembatan merah. Nah, kisahnya jika ada korban meninggal para mayat sementara akan disimpan di shelter Ranu Kumbolo atau Kalimati sebelum dievakuasi. Jadi, jangan heran kalau kadang kamu nemu hal aneh, bukan nemu jodoh disini.

6. Gunung Merapi

blogspot.com

Gunung yang terkenal dengan juru kuncinya yang sudah meninggal yaitu Mbah Marizan. Konon kisahnya Gurung Merapi punya istana sebagai pusat makhluk halus di kawah Gunung Merapi. Banyak-banyak berdoa ya kalian supaya gak nemu hal-hal yang aneh. Gunung Wutoh yang dijaga Nyai Gadung Melati untuk melindungi tanaman dan hewan disekitar. Suara gamelan bukan hanya terdengan di keraton tapi kemungkinan kalian bisa dengar di sekitar makan Syech Djumadil Qubro.

7. Gunung Rinjani

blogspot.com

Keindahan Rinjani memang memukau dengan panorama yang eksotis. Gimana enggak, puncaknya aja ditunggu seorang Dewi Anjani mitosnya adalah seorang ratu jin yang baik hati. Kalau kalian sudah sampai sini, harus coba turun ke Sagara Anak. Mitosnya kalau kalian lihat danau Segara Anak luas, umur kamu juga luas.

Hal-hal diatas cuma mitos semoga tidak mengurungkan niat kamu buat hiking tapi bisa lebih membantu kamu untuk siapin mental ya.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
8
SHARES
loading